Penyakit hernia atau biasa dikenal turun berok, disebabkan oleh organ bagian dalam yang menembus ke luar atau ke depan ke bagian lemah berupa otot atau jaringan ikat fusia yang seharusnya menahan organ tersebut.

Baca Juga: Segudang Manfaat Jambu Biji yang Banyak Membantu untuk Kesehatan

Ada berita yang beredar dalam masyarakat bahwa ada cara mengobati hernia dengan olahraga. Sebelum mengetahui beberapa olahraga dan berbagai macam cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit hernia, sebaiknya Anda perhatikan dulu baik-baik mengenai seluk beluk hernia mulai dari jenis, gejala, penyebab, hingga cara mencegahnya.

Jenis-jenis dan Gejala Penyakit Hernia

Beberapa jenis penyakit hernia yang dikelompokkan berdasarkan tempatnya adalah sebagai berikut :

  • Hernia inguinal (selangkangan bagian dalam)
  • Hernia insisi (akibat sayatan)
  • Hernia femoralis (selangkangan luar)
  • Hernia umbilikalis (pusar)
  • Hernia hiatus atau hiatal (perut bagian atas)

1. Gejala Penyakit Hernia

Gejala Penyakit Hernia

Terdapat bermacam-macam gejala hernia yang patut Anda waspadai, namun gejala ini tergantung pada tubuh masing-masing orang. Biasanya hernia yang terjadi di daerah selangkangan dan perut terdapat benjolan, namun ketika berada pada posisi rebahan benjolan tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Penyakit hernia ini identik dengan sebuah benjolan atau tonjolan yang ada pada tubuh. Apabila tonjolan ini membengkak atau membesar dapat memberi rasa sakit hingga mengganggu aktivitas seseorang.

Meskipun begitu, benjolan atau tonjolan yang disebabkan oleh hernia ini dapat muncul Kembali ketika Anda sedang berlebihan tertawa dan sering bersin. Berikut terdapat gejala-gejala lain dari hernia :

  1. Terdapat rasa yang tidak nyaman di perut terutama dalam posisi membungkuk.
  2. Terdapat benjolan di daerah perut atau selangkangan seseorang. 
  3. Ukuran benjolan yang muncul tersebut membesar seiring waktu berlalu. 
  4. Terjadinya konstipasi dalam sistem pencernaan seseorang. 
  5. Benjolan yang tampak di perut atau selangkangan terasa nyeri ketika berjalan, mengangkat hal berat, atau bahkan saat berlari.

2. Penyebab Penyakit Hernia

Penyebab Penyakit Hernia

 

Hernia dapat juga disebabkan oleh kombinasi tekanan kekuatan ataupun lemahnya dari otot atau fasia. Pada intinya segala aktivitas yang dapat mengganggu tekanan otot perut secara berlebihan tersebut dapat menjadi penyebab penyakit hernia. Contoh-contoh aktvitas tersebut, di antaranya:

  1. Mengangkat benda berat
  2. Mendorong atau menekan dengan sekuat tenaga
  3. Diare akut atau konstipasi
  4. Batuk dan besin dengan keras.

Melemahnya suatu otot pada seseorang dapat disebabkan oleh bawaan lahir maupun seiring berjalannya waktu atau dapat dibilang usia tua. Beberapa penyebab otot atau jaringan ikat melemah adalah seseorang yang obesitas atau kelebihan berat badan, kekurangan gizi atau mendapat gizi buruk, dan kebiasaan merokok.

3. Tips Mencegah Penyakit Hernia 

Tips Mencegah Penyakit Hernia 

Sejauh ini juga tidak banyak cara yang dapat dilakukan demi mencegah dinding pada rongga perut agar tidak melemah. Bahkan pengobatan rumahan juga memang tidak dapat mengembalikan organ atau jaringan tubuh yang mencuat ke posisi awalnya. Namun, Anda dapat mengurangi tekanan dinding rongga perut untuk mencegah hernia menonjol dari dinding yang lemah dan pengobatan rumahan dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman dan mencegah penyakit bertambah menjadi parah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Menjaga berat badan agar tidak berlebih
  2. Mengonsumsi makanan tinggi serat untuk menghindari sembelit dan mengejan saat buang air besar
  3. Perbanyak konsumsi air putih
  4. Mengurangi kegiatan mengangkat benda berat dengan cara membagi porsi makan yang tadinya tiga kali makan berat menjadi 5 – 6 kali dengan porsi yang lebih kecil.
  5. Tidak berbaring atau membungkuk setelah makan.
  6. Membatasi konsumsi makanan pemicu asam lambung jika hernia membuat asam lambung Anda naik.
  7. Jika Anda memiliki alergi, kontrol alergi Anda sehingga tidak bersin atau batuk berlebih.

4. Cara mengobati Penyakit Hernia dengan Olahraga

Cara mengobati Penyakit Hernia dengan Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang banyak dimanfaatkan orang untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.  Namun, tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh penyandang penyakit hernia dikarenakan nantinya malah makin memperburuk masalah tersebut.

Akan tetapi, ada kabar baik bahwa beberapa olahraga diyakini dapat menyembuhkan penyakit hernia sehingga membuat Anda dapat melakukan aktivitas lagi secara normal atau seperti sedia kala. Berikut adalah cara mengobati hernia dengan olahraga:

a. Latihan otot diafragma untuk hernia hiatal

Latihan untuk menguatkan otot-otot merupakan salah satu olahraga yang dapat mengobati hiatal atau hernia hiatus. Salah satu kegiatan olahraga yang dapat mengobati hernia adalah Teknik pernapasan diafragma. Teknik pernapasan lewat organ dalam ini dapat membantu meningkatkan efisiensi aliran oksigen yang masuk.

Seiring berjalannya waktu bila dilakukan dengan rutin latihan ini dapat memperkuat otot diafragma sehingga organ disekitarnya ikut berlindung darinya. Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan untuk melatih otot diafragma :

  • Latihan ini dapat dilakukan dengan duduk maupun berbaring. Pilih posisi tepat yang dapat membuat Anda nyaman saat melakukannya. Kemudian letakkan salah satu tangan di atas dada dan salah satunya lagi di atas perut
  • Mulai untuk bernapas sedalam mungkin hingga telapak tangan Anda yang berada di atasnya merasakan tekanan dari otot perut
  • Tahan ini dalam waktu yang sebentar, kemudian keluarkan napas perlahan hingga otot perut mulai melonggar lagi yang dapat dirasakan dari telapak tangan.
  • Anda dapat melakukan olahraga ini dengan mengulangnya secara rutin dalam beberapa kali setiap harinya

b. Latihan Yoga untuk hernia hiatal

Latihan Yoga untuk hernia hiatal - Penyakit Hernia

Latihan yoga lumayan memiliki banyak manfaat bagi Anda yang memiliki penyakit hernia. Teknik pernapasan mendalamnya dapat membantu menguatkan diafragma. Beberapa pose atau gaya yang ada pada olahraga yoga juga dapat menguatkan otot perut tanpa perlu Anda meregangkan nya.

Informasikan kondisi hernia Anda kepada instruktur yoga agar mendapat latihan-latihan yang sesuai untuk mengobati penyakit hernia Anda. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengobatan hernia melalui yoga.

c. Latihan untuk hernia inguinal

Terdapat banyak orang yang menderita penyakit hernia kemudian sembuh hanya melalui olahraga yang rutin banyak yang membagikan pengalamannya di internet.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara berbaring di lantai dengan punggung, yang kepala menghadap ke langit, dengan menyilangkan atau menengadahkan tangan di belakang kepala. Kemudian lakukan latihan berikut ini:

  • Tekuk kaki anda ke atas sehingga membentuk sudut 90 derajat antara paha dengan perut atau seperti sikap lilin. Kemudian ulang gerakan ini sebanyak 10 kali.
  • Tekuk kaki Anda dan letakkan bantal di antara kedua lutut. Kemudian tekan bantal ke dalam hingga kedua lutut bertemu hingga bagian bokong sedikit terangkat. Lalu rilekskan kembali lutut.
  • Angkat atau bawa lutut kearah dada, kemudian diluruskan ke samping kiri, setelah itu kembali posisi awal dan luruskan kaki ke samping kanan secara bergantian dan berulang.
  • Bawa atau angkat kaki ke arah dada, kemudian lempar atau hentakkan ke depan atau ke atas namun dalam posisi menyilang. Gerakan ini layaknya berenang dengan gaya katak namun terbalik, dikarenakan Anda berposisi terlentang tidak tengkurap.
  • Ulang Latihan ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan rasakan hasilnya. Lalu pastikan dalam melakukan Latihan ini Anda melaksanakannya dengan perasaan gembira atau tidak terdapat beban mahupun menjadi tekanan dalam diri Anda.
  • Satu hal yang perlu Anda ingat, olahraga bukanlah metode utama dalam mengobati hernia. Jadi sebaiknya sebelum mengobati hernia dengan olahraga, konsultasikan tentang penyakit Anda dengan dokter untuk dapat diberikan solusi atau pelatihan terbaik sebagai pengobatannya.
  • Tidak  hanya itu, Anda juga harus mengurangi penyebab yang dapat memperburuk kondisi hernia seperti tetap menjaga berat badan yang seimbang dan menghindari rokok. Dan jika jalan terakhir dengan melakukan operasi, maka setelah operasi Anda harus menjaga luka bekas operasi agar tetap bersih dan kering sampai sembuh.