Biaya dokter THT sendiri biasanya tergantung dari jenis penyakit yang dikonsultasikan seperti apa, karena perbedaan penyakit, resep dan obat yang diberikan akan berbeda satu dengan yang lain. Lalu kapan waktu yang tepat untuk kita harus memeriksa ke dokter spesialis THT ? pada gangguan THT yang terjadi di telinga, hidung, dan tenggorokan umumnya akan ditangani oleh dokter THT ketika mendapatkan rujukan dari dokter umum, karena kondisi pasien cukup serius dan membutuhkan penanganan lebih lanjut, contohnya operasi. 

Baca Juga: Daftar Obat Herbal Diabetes Yang Bisa Dibuat Sendiri

Penyakit area THT merupakan penyakit yang terjadi di area indra vital telinga, hidung dan tenggorokan maka disebut dengan THT. Gangguan ini bisa berupa pendengaran, pernafasan, penciuman, berbicara, dan proses menelan makanan atau minuman. Organ-organ vital ini terganggu bisa jadi karena masalah kesehatan seperti infeksi, alergi dan yang paling fatal adalah tumor. Saat mengalami gejala gejala tersebut maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT, dokter spesialis THT adalah dokter khusus yang belajar untuk menangani masalah kesehatan semacam ini. Seorang dokter spesialis THT setidaknya membutuhkan waktu lima tahun pendidikan untuk mendapatkan gelar sebagai spesialis. 

Olehnya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dokter umum akan merekomendasikan dokter spesialis THT sesuai dengan keluhan pada pasien. Seorang pasien sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter THT, jika mengalami keluhan seperti telinga berdengung, penciuman terganggu, pendengaran terganggu, sulit menelan makanan, terus mendengkur saat tidur, gejala gejala parah di area telinga, hidung dan tenggorokan lainnya. 

Jika merasakan gejala gejala seperti ini langsung saja ke dokter dan akan diarahkan ke dokter spesialis THT dan anda akan mengetahui biaya dokter THT nya. Dilansir dari alodokter.com yang ditinjau oleh Dr. Alert Benedicto sebagai dokter spesialis THT terdapat beberapa tindakan medis yang harus diambil saat memeriksa pasien, diantaranya :

  1. Audiometri, ini dilakukan dengan tujuan menilai kemampuan pendengaran pasien, dari hasil ini akan membantu gejala tuli.
  2. Tonsilektomi, ini dilakukan untuk mengeluarkan amandel dalam tenggorokan, biasanya operasi ini terjadi pada anak-anak.
  3. Septoplasty, ini dilakukan untuk memperbaiki posisi septum hidung dan membuka sumbatan yang menutup saluran pernafasan.
  4. Trakeostomi, ini dilakukan untuk memperlancar saluran pernafasan yang tersumbat dengan cara pemasangan alat bantu napas pada trakea.
  5. Timpanomastoidektomi, ini dilakukan untuk merekonstruksi dan menghilangkan inklusi epitel yang berada di bagian telinga.
  6. Operasi tumor di leher, ini dilakukan untuk operasi menghilangkan benjolan atau tumor yang ada disekitar leher dan kepala.
  7. Esophagoscopy, ini dilakukan dengan memasukan selang fleksibel yang terdapat kamera di ujungnya kemudian dimasukan kedalam mulut untuk melihat gangguan pada tenggorokan, seperti kondisi sulit menelan makanan dan minuman.
  8. Operasi sinus dan endoskopi, ini dilakukan dengan memasukan selang teropong kecil ke dalam saluran hidung digunakan untuk mengobati sinus.

Penyebab gangguan pada area THT kerap akan terkoneksi dengan organ THT lainnya dan mempengaruhinya karena saling berhubungan satu sama lain. Beberapa gangguan THT serta bagaimana tugas dokter THT menanganinya dan biaya dokter THT nya sebagai berikut.

Gangguan pada Telinga dan Biaya Dokter THT-nya

Gangguan pada Telinga dan Biaya Dokter THT-nya

Gangguan pada telinga pada umumnya ada tiga yaitu gangguan keseimbangan, infeksi telinga, dan gangguan pendengaran (tuli). 

  1. Gangguan keseimbangan pada telinga pada dasarnya disebabkan oleh labyrinthitis atau juga benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), labyrinthitis diakibatkan infeksi pada telinga bagian dalam, sehingga pasien akan mengalami pusing ketika berjalan seakan tidak seimbang. biasanya dokter THT akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes pendengaran. Setelah diketahui hasilnya akan diberikan biaya dokter THT nya dan resepnya.
  2. Infeksi telinga terjadi karena kuman masuk ke telinga dan menginfeksi telinga. Gejalanya seperti nyeri, gangguan pendengaran, dan keluar cairan. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada telinga, hidung dan tenggorokan. Kemudian dokter akan memberikan antibiotik atau melakukan pengeluaran cairan dalam telinga.
  3. Gangguan pendengaran atau tuli, ini terjadi karena kelainan konduktif dan sensorineural. Kehilangan pendengaran bisa jadi karena faktor usia, bising, dan tumbuhnya tumor di area telinga yang mengganggu fungsi telinga. Dokter THT akan membersihkan kotoran telinga dan menyarankan untuk memakai alat bantu dengar. Untuk penyedotan kotoran telinga sendiri biaya dokter THTnya berkisar Rp 50.000 – Rp 400.000

1. Gangguan pada Hidung dan Biaya Dokter THT-nya

Gangguan pada Hidung dan Biaya Dokter THT-nya

Beberapa keluhan yang ada pada hidung antara lain sinusitis atau ada peradangan pada rongga sinus sehingga membengkak. Dokter THT akan memberikan obat dekongestan jika sinusitis ringan dan antibiotik. Kemudian gangguan hidung alergi, ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh berlebihan merespon terhadap sesuatu yang asing. Ini diatasi dengan pemberian obat anti alergi, imunoterapi dan menghindari zat penyebab alergi. 

Kemudian terakhir gangguan penciuman, kehilangan penciuman banyak terjadi biasanya disebabkan cedera kepala, polip, flu, dan kerusakan saraf. Penanganan nya sendiri tergantung dari penyebabnya. Biaya dokter THT untuk gangguan pada hidung Sekitar Rp 100.000 untuk melakukan Rontgen THTnya. Anda perlu mempersiapkan dana lebih 20%-30% untuk berjaga-jaga. Rontgen dimaksudkan untuk melihat kondisi sinus dan tulang hidung.

2. Gangguan pada Tenggorokan dan Biaya Dokter THT-nya

Gangguan pada Tenggorokan dan Biaya Dokter THT-nya

Contoh keluhan pada tenggorokan umumnya seperti laryngitis atau pembengkakan pada dinding kotak suara. Menjadikan suara serak dan sakit, dokter THT biasanya akan menyuruh untuk terapi suara dan antibiotic. Dan menghindari paparan asap rokok dan kurangi berbicara. Dan masih banyak lagi gangguan pada tenggorokan seperti kanker nasofaring, difteri, dan radang amandel. Sama halnya dengan gangguan pada hidung, biasanya juga akan dilakukan Rontgen THT pada tenggorokan. 

Biaya dokter THT untuk gangguan pada tenggorokan Sekitar Rp 100.000 untuk melakukan Rontgen THTnya. Anda perlu mempersiapkan dana lebih 20%-30% untuk berjaga-jaga. Rontgen dimaksudkan untuk melihat pembengkakan di sekitar tenggorokan dan beberapa kerusakan lainnya. Banyak orang beranggapan bahwa biaya dokter THT pasti akan begitu besar. Hal ini wajar-wajar saja karena dokter spesialis THT akan memberikan tindakan khusus untuk menangani penyakit pasiennya. 

Tindakan khusus yang diberikan banyak seperti yang sudah dijelaskan diatas sebagai contoh penyedotan kotoran telinga, lender, dan masih banyak lagi. Biasanya tarif biaya dokter THT berkisar Rp. 90.000 – Rp 400.000/ konsultasinya. Ini juga tergantung dari rumah sakit atau klinik mana yang anda kunjungi. Sebagai contoh biaya dokter THT pada beberapa klinik dan rumah sakit di Jakarta berikut ini :

  1. RS Cendana Kebon Jeruk, Rp. 100.000
  2. Klinik JMB Kelapa Gading, Kelapa Gading, Rp. 170.000
  3. Poliklinik Spesialis Atma Jaya, Penjaringan, Rp. 200.000
  4. Siloam Hospital Kebon Jeruk, Rp. 200.000
  5. RS Muhammadiyah Taman Puring, kebayoran baru, Rp. 350.000
  6. Klinik Medika Bayuadji, Kebayoran baru, Rp 450.000

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Pantangan Diabetes

Besarnya perbedaan biaya dokter THT ini tergantung dari tempat dan alat yang digunakan semakin canggih dan nyaman pelayanannya maka akan semakin tinggi tarifnya.