Semua orang pastinya menginginkan berat badan yang ideal.  Baik itu orang yang merasa kelebihan berat badan, maupun orang dewasa yang merasa berat badannya kurang atau kurus. Berbagai cara pun dilakukan agar massa tubuhnya bisa meningkat dan menjadi lebih ideal, salah satu caranya dengan mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan.

Baca Juga: Beragam Manfaat Pisang Yang Baik Bagi Tubuh

Di samping itu, vitamin penambah nafsu makan ini juga banyak dicari oleh para orang tua untuk mengatasi anaknya yang susah makan. Namun benarkah ada jenis vitamin maupun mineral tertentu yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan? Mari cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Adakah Vitamin Yang Dapat Menambah Nafsu Makan?

Vitamin Penambah Nafsu Makan

Vitamin sendiri merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan tubuh. Berbagai fungsi tubuh membutuhkan bantuan vitamin agar dapat berjalan dengan baik. Mencukupi kebutuhan vitamin juga akan berimplikasi pada peningkatan penyerapan nutrisi dan membantu sistem pertahanan tubuh agar berjalan baik sehingga tubuh pun menjadi tidak mudah sakit.

Pada dasarnya tidak ada jenis vitamin penambah nafsu makan tertentu yang memiliki efek langsung. Namun, secara tidak langsung kekurangan jenis vitamin tertentu seperti vitamin B9 (asam folat) dan vitamin K diketahui dapat mempengaruhi nafsu makan. Selain itu, konsumsi vitamin D yang berlebihan ternyata juga dapat menyebabkan efek samping serupa.

Karenanya sebagai nutrisi penting, kecukupan vitamin dalam tubuh tentunya harus selalu terpenuhi. Baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa. Namun pada orang dewasa sendiri, kebutuhan akan vitamin tentu lebih besar bila dibandingkan dengan anak-anak. Termasuk jenis vitamin yang digunakan untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

Vitamin Dan Mineral Yang Baik Untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin dan Mineral - Vitamin Penambah Nafsu Makan

Berikut ini akan dibahas beberapa jenis mineral dan vitamin penambah nafsu makan. Terdapat 3 jenis vitamin yang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan orang dewasa. Diantaranya adalah asam folat, vitamin B1, dan zinc. Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Asam Folat (vitamin B9)

Vitamin yang termasuk dalam salah satu jenis vitamin B ini berperan cukup penting pada pembentukan DNA, RNA, dan sel-sel baru di tubuh. Serupa seperti jenis vitamin B lainnya, asam folat juga dapat memiliki kemampuan untuk memecah karbohidrat dan lemak menjadi energi. Yaitu dengan mengaktifkan enzim tertentu sehingga proses metabolisme pun meningkat.

Tentunya sistem metabolisme yang berjalan dengan baik dapat berdampak positif untuk peningkatan nafsu makan. Selain itu, kekurangan asam folat diketahui dapat menyebabkan menurunnya nafsu makan. Dengan kata lain asam folat dapat disebut sebagai vitamin penambah nafsu makan.

2.Thiamin (vitamin B1)

Dalam proses metabolisme karbohidrat menjadi energi Thiamin atau vitamin B1 memainkan peranan yang penting. Saat tubuh mengalami kekurangan thiamin, tubuh akan kesulitan menghasilkan energi sehingga muncul rasa lelah dan kurang nafsu makan. Maka dari itu, meningkatkan nafsu makan dapat dilakukan dengan mencukupi kebutuhan harian vitamin ini.

3.Zinc 

Zinc adalah salah satu nutrisi dasar yang memiliki fungsi penting di tubuh. Kekurangan zat ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti terhambatnya pertumbuhan, diare akut pada anak-anak, luka yang sulit sembuh dan menurunya nafsu makan serta gangguan pada fungsi pengecap lidah. Karena itu, mencukupi kebutuhan zinc harian baik dalam bentuk makanan atau suplemen dapat membantu meningkatkan nafsu makan yang sedang turun.

Berbagai Bahan Alami Untuk Menambah Nafsu Makan

Setelah mengetahui mineral dan vitamin penambah nafsu makan yang telah dijelaskan di atas, selanjutnya sangat penting untuk mengetahui bahan alami yang juga mampu membantu meningkatkan nafsu makan seseorang. Penasaran apa saja bahannya? Silahkan menyimak pembahasannya berikut ini.

1. Minyak Ikan

Minyak ikan diketahui memiliki simpanan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh. Selain dapat meningkatkan nafsu makan Omega 3 juga dapat mengurangi rasa penuh di perut saat makan. Karena itu banyak yang menambahkan minyak ikan pada suplemen vitamin penambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun dewasa.

2. Echinacea

Echinacea sendiri merupakan bahan herbal yang dikenal ampuh meningkatkan imunitas tubuh sehingga membantu menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Penelitian juga menemukan bahwa bahan herbal ini mengandung senyawa alkil amina yang bisa meningkatkan nafsu makan.

3. Ekstrak Temulawak

Sejak lama, temulawak telah populer dalam pengobatan herbal tradisional sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan serta menjaga kesehatan pencernaan. Bahan herbal yang satu ini biasanya dikombinasikan dengan vitamin dan mineral lain untuk menambah nafsu makan. Selain itu, ekstrak temulawak juga dapat mengatasi perut kembung. 

4. Kencur

Salah satu bahan alami yang dapat menggantikan vitamin penambah nafsu makan yaitu kencur. Ramuan olahan kencur juga sangat cocok untuk diminum anak-anak yang masalah susah makan. Umumnya salah satu jenis rimpang ini diolah menjadi jamu beras kencur yang terkenal berkhasiat untuk menambah nafsu makan.

Jamu ini diracik dari kencur dan bahan lainnya seperti beras, gula merah, dan asam jawa. Selain mampu meningkatkan nafsu makan, mengkonsumsi beras kencur secara teratur juga diketahui mampu menjaga stamina tubuh. Kencur juga bermanfaat untuk mempertebal dinding perut, sehingga cocok untuk penderita maag.

5. Kunyit

Bahan alami penambah nafsu makan berikutnya adalah kunyit. Kunyit dapat dijadikan sebagai bumbu dalam menu makanan seperti sayur, atau nasi kuning. Kunyit diketahui menyimpan kandungan senyawa kurkumin yang juga dapat ditemukan pada temulawak. Senyawa kurkumin inilah yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan. 

6. Jahe

Selain temulawak, bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan selanjutnya adalah jahe. Jahe merupakan stimulan nafsu makan yang paling populer. Air jahe dikenal mampu memperbaiki nafsu makan yang buruk. Bukan hanya itu saja, jahe juga memberi manfaat tambahan untuk memperkuat sistem kekebalan dan pencernaan. 

Walaupun jahe mampu meningkatkan nafsu makan, rempah ini juga mampu mengontrol berat badan. Jahe memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah dan kolesterol, sekaligus dapat meningkatkan laju metabolisme sehingga pembakaran lemak dalam tubuh pun menjadi lebih efektif. Jahe dapat dijadikan sebagai bumbu penambah cita rasa makanan.

Berbagai Brand Suplemen Dan Vitamin Penambah Nafsu Makan

Berikut ini akan diulas beberapa merk suplemen dan vitamin penambah nafsu makan yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Namun sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin dan suplemen tambahan ini, sebaiknya selalu perhatikan kemasan vitamin atau suplemen tersebut dengan cermat. Bila perlu, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

1. Curvit CL

 

Curvit - Vitamin Penambah Nafsu Makan

Mencari suplemen vitamin penambah nafsu makan yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak? Maka Curvit CL jawabannya. Adapun komposisi suplemen yang satu ini terdiri dari beberapa jenis vitamin B, kalsium, serta minyak ikan.

2. Vitacur Syrup

Vitacur syrup - Vitamin Penambah Nafsu Makan

Vitacur adalah brand suplemen makanan yang mengandung vitamin B kompleks, kalsium, dan ekstrak temulawak. Seperti yang disebutkan sebelumnya semua bahan ini sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan. Suplemen ini juga dijual sebagai obat bebas di apotik.

3. Tianshi Zinc Pil

Tianshi Zinc Pil - Vitamin Penambah Nafsu Makan

Tianshi Zinc Pil merupakan suplemen yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Suplemen yang satu ini telah lama dikenal sebagai produk yang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan. Produk ini memiliki kandungan utama zinc yang dikenal sangat baik untuk menjaga sistem imun, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

4. Herbal Gemuk Sehat

Herbal Gemuk Sehat - Vitamin Penambah Nafsu Makan

Sebagai alternatif untuk vitamin penambah nafsu makan, Herbal Gemuk Sehat dapat diandalkan. Suplemen ini diolah dari berbagai bahan alami seperti kayu manis, temulawak, temu ireng, brotowali, lempuyang dan jahe. Selain dapat menambah nafsu makan, herbal ini juga dapat menjaga kesegaran tubuh dan meningkatkan penyerapan makanan.

5. Appeton Weight Gain

Appeton Weight Gain - Vitamin Penambah Nafsu Makan

Berbeda dengan suplemen lain, Appeton Weight Gain tampil dalam bentuk susu bubuk yang juga memiliki fungsi untuk menambah berat badan. Produk khusus untuk orang dewasa ini dapat merangsang nafsu makan dan juga sangat cocok bagi orang yang tidak menyukai vitamin yang berbentuk pil atau obat.

Baca Juga: Alat Terapi Stroke dan Keefektifannya Untuk Menyembuhkan Penyakit

Dalam upaya meningkatkan berat badan, selain mengonsumsi vitamin penambah nafsu makan, terdapat beberapa cara lainnya. Mulai dari mengubah pola makan dengan baik dan teratur hingga memilih menu yang menarik. Selain itu berolahraga secara teratur dan makan dalam porsi sedikit namun dalam frekuensi yang sering juga dapat merangsang nafsu makan.