Beberapa tahun terakhir buah naga telah begitu populer di Indonesia, bahkan banyak petani yang membudidayakannya. Buah naga itu sendiri berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Meski bukan buah asli Indonesia tetapi banyak masyarakat yang menyukainya. Alasannya karena buah ini memiliki rasa enak dan pastinya juga manis. Tidak hanya itu, buah naga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan.  Lalu apa saja kandungan dan manfaat buah naga?

Baca Juga: Tips Diet Saat Puasa Yang Sudah Terbukti 

Berbagai Kandungan Manfaat Buah Naga

Kandungan Buah Naga - Manfaat Buah Naga

Sebelum mengetahui apa saja manfaat buah naga, yuk langsung saja simak beberapa kandungan buah naga di bawah ini.

1. Kalsium

Salah satu kandungan nutrisi yang ditemukan di buah naga adalah kalsium. Kandungan kalsium yang ada di dalam manfaat buah naga cukup melimpah sehingga baik untuk kesehatan. Perlu diketahui jika kalsium memiliki peran penting terhadap fungsi-fungsi tubuh manusia, seperti menjaga fungsi otot, jantung, impuls saraf dan juga pembentukan tulang maupun gigi.

2. Antioksidan 

Ternyata buah naga menjadi salah satu buah yang kaya akan antioksidan. Dimana antioksidan ini memiliki banyak manfaat, yaitu bisa menangkal efek buruk radikal bebas, mencegah berbagai penyakit dan kanker, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, menjaga kesehatan kulit dari penuaan, menguatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi.

3. Magnesium 

Magnesium menjadi salah satu manfaat buah naga yang nutrisinya dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang. Tidak hanya itu saja, ternyata magnesium memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Sebut saja bisa menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung koroner, mengatur suhu tubuh, mengurangi migrain, insomnia dan juga untuk detoksifikasi.

4. Beta Karoten 

Senyawa beta karoten  juga ditemukan di manfaat buah naga. Di dalam senyawa ini memiliki kandungan pigmen yang memberikan warna kuning atau orange pada buah. Pada senyawa ini juga terdapat antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas dan untuk kesehatan mata maupun kulit.

5. Vitamin A, B, C dan E

Mulai dari vitamin A hingga vitamin E juga ditemukan pada buah ini. Dimana masing-masing vitamin tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Misalnya vitamin A bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan tulang, mata maupun kulit.

Vitamin B bermanfaat untuk membantu proses metabolisme, meningkatkan energi, mencegah penuaan dini, meningkatkan fungsi otak dan juga menurunkan kadar kolesterol. Sedangkan vitamin C dan E bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit, menjaga kesehatan jantung, memperkuat daya imun, mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas.

6. Fosfor

Kandungan buah naga yang terakhir adalah fosfor. Fosfor ini juga memiliki banyak manfaat, seperti membantu proses pembentukan tulang serta gigi yang kuat dan sehat, meningkatkan kinerja organ dalam proses pencernaan makanan, serta mengatur proses pembuangan sisa metabolisme maupun zat-zat yang tidak berguna dalam tubuh. 

14 Manfaat Buah Naga yang Harus Diketahui 

Jika dilihat dari banyaknya kandungan nutrisi yang ditemukan di buah naga, tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat buah naga tersebut:

1. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini 

Penuaan Dini - Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan yang pertama yaitu untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Untuk mendapatkan manfaat satu ini Anda bisa menggunakan buah naga secara untuk masker wajah. Menggunakan buah naga sebagai masker bisa menjaga kulit supaya tetap sehat, kencang dan pastinya awet muda.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan Jantung - Manfaat Buah Naga

Buah naga yang dikonsumsi ternyata bisa membantu Anda menjaga kesehatan jantung. Dimana mengkonsumsi buah naga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah naga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik untuk tubuh.

3. Mengurangi Jerawat

Mengurangi Jerawat - Manfaat Buah Naga

Buah naga tidak hanya bisa mencegah terjadinya penuaan dini, tetapi juga bisa mengurangi jerawat. Bagaimana bisa? Sangat bisa karena di dalam buah naga ditemukan kandungan vitamin C. Seperti yang diketahui jika vitamin C bisa mengurangi proses peradangan pada wajah yang diakibatkan oleh jerawat. Anda bisa menggunakan buah naga untuk dijadikan masker wajah. Untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya gunakan masker ini dua kali.

4. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari 

Mengatasi Kulit yang Tebakar Matahari - Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga selanjutnya untuk kesehatan kulit yaitu bisa membantu mengatasi masalah kulit yang terbakar matahari. Biasanya jika kulit terbakar matahari akan ditandai dengan adanya luka pada kulit akibat berjemur. Buah  naga bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini karena didalamnya ditemukan kandungan vitamin B3. Kandungan ini bisa berguna untuk melembabkan kulit yang terbakar. Gunakan buah naga yang dicampur dengan timun dan madu sebagai masker.

5. Melawan Diabetes

Melawan Diabetes - Manfaat Buah Naga

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit diabetes sebaiknya konsumsi buah satu ini. Mengkonsumsi buah naga bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Manfaat satu ini dikarenakan buah naga bisa membantu regenerasi sel pankreas yang rusak akibat diabetes. Akan tetapi, manfaat ini masih perlu membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan Pencernaan - Manfaat Buah Naga

Kandungan lain yang ada pada buah naga adalh prebiotik. Prebiotik itu sendiri merupakan sumber makanan untuk bakteri baik yang ada pada usus. Bakteri baik tersebut adalah Bifidobacteria dan Lactobacillus. Kedua bakteri tersebut berguna untuk membunuh virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan munculnya penyakit. Maka dari itu, mengkonsumsi probiotik dari buah naga bisa menjaga kesehatan bakteri baik maupun jahat pada usus.

7. Mengatasi Kerusakan Rambut 

Mengatasi Kerusakan Rambut - Manfaat Buah Naga

Jika Anda ingin memiliki rambut yang sehat meski diwarnai sebaiknya konsumsi buah naga. Hal ini dikarenakan buah naga bisa membantu merawat rambut. Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan cara buah naga dijadikan jus, lalu oleskan jus tersebut pada kulit kepala sebelum keramas. Cara ini dipercaya bisa melindungi kesehatan folikel rambut. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada buah naga bisa memberikan nutrisi kepada kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut menjadi sehat.

8. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh 

Sistem Imun Tubuh - Manfaat Buah Naga

Salah satu kandungan vitamin yang ada di buah naga adalah vitamin A. Vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan sistem kekebalan atau imun tubuh serta mencegah infeksi.

9. Membantu Proses Detoksifikasi

Membantu Proses Detoksifikasi - Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu bisa membantu proses detoksifikasi. Manfaat ini bisa dirasakan karena keberadaan antioksidan pada buah naga. Kandungan antioksidan ini bisa mengurangi radikal bebas pada tubuh sehingga proses pengeluaran racun dari dalam tubuh menjadi lebih lancar. Tentu ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

10. Menangkal Kanker 

Menangkal Kanker - Manfaat Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang identik dengan warna merah. Biasanya buah yang berwarna merah memiliki kandungan lycopene yang ditemukan pada bagian dagingnya. Kandungan ini sudah sejak lama terbukti bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat. Tidak hanya itu saja, kandungan antioksidan phytoalbumin pada buah ini mampu mencegah pembentukan radikal bebas karsinogenik dan membuang racun logam yang bisa mengakibatkan kanker.

11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi - Manfaat Buah Naga

Kandungan lycopene ternyata juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mencegah terjadinya penyakit jantung. Manfaat satu ini berasal dari biji hitam pada buah naga. Dimana biji tersebut kaya akan nutrisi yang berguna untuk mencegah gangguan pada sistem kardiovaskular.

12. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah - Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan berikutnya yaitu bisa melancarkan peredaran darah. Manfaat satu ini berkat keberadaan fosfor dan juga zat besi. Kedua kandungan tersebut tidak hanya bisa melancarkan peredaran darah tetapi juga berguna untuk memperbaiki jaringan yang rusak pada tubuh manusia.

13. Mencegah Anemia Selama Kehamilan

Mencegah Anemia Selama Kehamilan - Manfaat Buah Naga

Proses pembentukan sel darah merah tidak bisa dilepaskan dari keberadaan zat besi. Dimana zat besi ini akan diubah menjadi sel darah merah sehingga sangat bermanfaat untuk wanita yang menderita anemia selama kehamilan. Salah satu buah yang kaya akan kandungan zat besi adalah buah naga.

14. Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengurangi Berat Badan - Manfaat Buah Naga

Jika Anda sedang menjalankan program diet, direkomendasikan untuk mengonsumsi buah naga. Hal ini dikarenakan buah naga kaya akan serat dan rendah kalori sehingga bisa membantu mengurangi berat badan. Kandungan serat pada buah ini juga bisa membantu pencernaan menjadi lebih lancar. Anda bisa memasukkan buah naga pada menu sarapan dan juga dijadikan camilan.

Baca Juga: Jenis Penyakit Saat Puasa, Bolehkah Batal Puasa Karena Sakit?

Nah itulah informasi tentang manfaat buah naga beserta dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Jika Anda ingin merasakan manfaat-manfaat tersebut sebaiknya konsumsi buah naga secara rutin. Dijamin tubuh Anda akan semakin sehat.