Minyak kelapa adalah salah satu bahan makanan yang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan manfaat minyak kelapa yang paling dikenal adalah sebagai obat alternatif yang khasiatnya sangat ampuh. Minyak kelapa ini didapatkan dengan cara mengekstraksi minyak dari kelapa mentah atau dari biji kelapa kering. 

Baca Juga: Mengenal Gangguan Irama Jantung Beserta Gejala, Penyebab, dan Pengobatannya

Minyak kelapa yang dibiarkan dalam suhu ruangan akan berbentuk seperti balsem karena menggumpal. Namun itu tidak merubah khasiat minyak kelapa yang bisa menjadi obat tradisional yang ampuh. Manfaat dari minyak kelapa ini sangat banyak baik untuk kesehatan tubuh juga untuk kecantikan. Meski lebih banyak digunakan sebagai bahan dapur ternyata khasiat untuk kecantikan tidak bisa diremehkan. Ingin tahu bukan apa saja manfaat minyak kelapa ini apa saja?

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Minyak kelapa memiliki kandungan yang sangat baik untuk merawat kecantikan atau kulit tubuh dan wajah. Bahkan rambut pun bisa mendapatkan khasiatnya juga sehingga kesehatan rambut bisa terus terjaga dan terhindar dari berbagai masalah rambut. Lalu apa saja manfaat minyak kelapa untuk kecantikan?

1. Menjaga Kelembapan Wajah

Kelembaban Wajah - Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa yang paling utama untuk kecantikan kulit adalah sebagai pelembab kulit. Wajah yang kering bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pelembab. Bisa digunakan sebagai masker wajah satu minggu dua kali agar wajah kelembabannya terjaga dan terhindar dari keriput. 

Saat mengaplikasikan minyak kelapa pada wajah baiknya sedikit demi sedikit dan diiringi dengan pijatan ringan pada wajah yang diberi minyak kelapa tersebut. Pijatan tersebut agar minyak bisa meresap sempurna pada kulit wajah dan wajah bisa lebih rileks sehingga hasilnya bagus.

2. Melembapkan Kulit Tubuh

Kelembaban Kulit Tubuh - Manfaat Minyak Kelapa

Tak hanya untuk kulit wajah saja, manfaat minyak kelapa juga untuk melembabkan kulit pada bagian tubuh yang kering. Untuk mendapatkan manfaat tersebut dengan cara menyiapkan minyak kelapa satu sendok makan di sebuah wadah lalu balurkan secara merata pada seluruh kulit tubuh. Jika sudah dibalurkan secara rata baiknya tunggu hingga beberapa menit agar minyaknya meresap pada kulit tubuh sehingga kulit terjaga kelembabannya.

3. Mengatasi Bibir Kering

Bibir Kering - Manfaat Minyak Kelapa

Jika mengalami bibir pecah-pecah minyak kelapa bisa mengatasi masalah tersebut dengan cepat. Bibir yang mudah pecah dikarenakan kondisinya yang kering, bisa jadi kurang air minum atau memang bibir sedang membutuhkan kelembaban ekstra. 

Untuk mengatasi ini salah satunya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa langsung pada bibir. Jika dilakukan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari terutama di luar ruangan atau ruangan ber ac bibir pecah-pecah bisa teratasi karena kelembabannya terjaga.

4. Menjaga Kesehatan Kuku

Kesehatan Kuku - Manfaat Minyak Kelapa

Tidak hanya kulit dan bibir yang bisa mendapatkan manfaat baik dari minyak kelapa. Kesehatan kuku juga bisa dijaga dengan baik menggunakan minyak kelapa. Kuku yang kering juga akan mudah patah sama halnya dengan bibir yang kering jadi mudah pecah-pecah. Kuku kering jika diteruskan akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kuku yang patah bisa terkena infeksi. Dengan mengoleskan minyak kelapa pada kuku secara rutin maka kuku akan kuat dan lembab.

5. Rambut Sehat Berkilau

Rambut sehat - Manfaat Minyak Kelapa

Rambut adalah salah satu bagian tubuh yang juga perlu dijaga kesehatannya. Rambut yang kering biasanya akan mudah patah dan rontok. Bahkan jika dibiarkan kulit kepala akan terkena dampaknya. Rambut kering harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah baru pada rambut dan kepala. 

Selain itu rambut yang kering tentu akan terlihat kusut dan kusam, jadi gunakan minyak kelapa sebagai masker seminggu dua kali agar kelembaban rambut terus terjaga. Kulit kepala tidak akan gatal dan rambut akan lebih kuat. Dari kejauhan rambut akan terlihat sehat dan berkilau. Saat memakai masker minyak kelapa pada rambut sebaiknya balurkan secara merata dan lakukan pijatan lembut pada kulit kepala. Diamkan 15 menit lalu bilas sampai bersih dengan keramas.

Rambut yang kelembabannya terjaga secara otomatis akan mudah diatur dan terlihat berkilau. Rambut yang sehat tidak akan rontok dan patah. Cobalah untuk rutin menggunakan masker minyak kelapa ini satu minggu dua kali.

6. Membersihkan Kotoran di Wajah

Membersihkan Wajah - Manfaat Minyak Kelapa

Manfaat minyak kelapa yang lain untuk kecantikan adalah mengangkat kotoran yang menempel di wajah. Wajah yang kotor akan mudah sekali terkena masalah seperti jerawat dan kulit kusam. Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pembersih wajah yang bisa mengangkat komedo yang menyumbat pori-pori kulit,

Sel kulit mati yang menumpuk pun bisa diangkat dengan sempurna menggunakan minyak kelapa ini. Caranya adalah dengan mencampur minyak kelapa dengan kopi lalu gunakan untuk scrub wajah, dilakukan satu minggu dua kali untuk hasil yang maksimal.

7. Mengatasi Bau Mulut

Mengatasi Bau Mulut - Manfaat Minyak Kelapa

Bau mulut tentu mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Manfaat minyak kelapa selanjutnya adalah untuk mengatasi bau mulut yang mengganggu dengan cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur. 

Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan minyak kelapa dengan air satu gelas lalu buat berkumur. JIka ada gusi yang sedang radang dengan kumur menggunakan minyak kelapa maka peradangan akan segera sembuh. Lakukan kumur minimal 5 menit lalu bilas mulut dengan air bersih.

8. Krim Pencukur

Pengganti Alat Pencukur - Manfaat Minyak Kelapa

Selanjutnya ada manfaat lain yang bisa didapatkan dari minyak kelapa adalah sebagai krim pencukur. Jika tidak ada krim pencukur di rumah, minyak kelapa bisa dijadikan sebagai pengganti krim pencukur tersebut. Selain bisa mencukur dengan bersih kulit wajah pun bisa lebih lembab.

9. Mencerahkan Wajah

Mencerahkan Wajah - Manfaat Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa sebagai masker juga bisa membuat wajah terlihat lebih cerah dan glowing. Caranya adalah dengan mengoleskan satu tetes minyak kelapa di bagian tulang pipi, atas bibir, dan tulang halus sehingga wajah bisa terlihat sehat dan bersinar.

Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kesehatan

Selanjutnya ada manfaat dari minyak kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh, Tidak hanya kecantikan saja yang bisa terjaga dengan baik dengan memanfaatkan minyak kelapa, namun kesehatan tubuh juga bisa senantiasa terjaga. Mari lihat ulasan tentang manfaat dari minyak kelapa untuk kesehatan berikut ini:

1. Mencegah Osteoporosis

Mencegah Osteoporosis - Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa membantu tubuh untuk bisa menyerap vitamin lebih sempurna terutama magnesium dan kalsium. Kalsium yang bisa terserap sempurna sangat bagus untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau tulang keropos. Tulang akan lebih kuat dan lebih padat sehingga bisa terhindar dari pengeroposan tulang.

2. Mengatasi Peradangan

Manfaat minyak kelapa yang lain adalah untuk mengatasi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Hal ini karena minyak kelapa memiliki sifat anti inflamasi yang baik yang fungsinya memang untuk mengatasi infeksi dan peradangan yang terjadi dalam tubuh.

3. Mencegah Gusi Radang 

Mencegah Gusi Radang - Manfaat Minyak Kelapa

Menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur juga bisa membantu sekali dalam pencegahan gusi radang atau karies gigi. Gusi yang radang akan mudah sekali berdarah dan ini akan mengganggu sekali saat orang sedang makan atau mengunyah sesuatu. Dengan rutin berkumur dengan minyak kelapa infeksi gusi bisa dicegah dan gigi pun lebih kuat dan sehat.

4. Mempercepat Penyembuhan Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang cukup berbahaya untuk keselamatan seseorang. Biasanya untuk memberantas kanker upaya yang dilakukan cukup banyak dan lama. Manfaat minyak kelapa dalam hal ini bisa membantu seseorang untuk bisa cepat sembuh dari sakit kanker yang dideritanya. Manfaat Minyak kelapa bisa membantu penghambatan pertumbuhan sel kanker tanpa mengganggu pertumbuhan sel-sel yang normal.

5. Menurunkan Gula Darah

Menurunkan Gula Darah - Manfaat Minyak Kelapa

Tidak hanya untuk penyembuhan kanker, minyak kelapa juga bisa membantu penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula yang melambung tinggi. Minyak kelapa sudah diuji dan ternyata bisa meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

6. Membakar Lemak Pada Perut

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai bisa membantu untuk meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh daripada yang ditumpuk dalam tubuh. Sederhananya minyak kelapa ini membantu tubuh untuk lebih mudah merubah lemak menjadi energy jadi bisa membuat perut yang membuncit karena lemak menumpuk bisa ramping. Minyak kelapa ini baik untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan drastis jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

Baca Juga: Rekomendasi Jus Penurun Kolesterol yang Enak dan Mudah Dibuat

Nah, bagaimana ulasan tentang manfaat minyak kelapa di atas? Ternyata banyak sekali ya manfaat dari  minyak kelapa ini untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang cobalah untuk rutin mengkonsumsinya setiap hari.