Masalah jerawat memang sangat sulit diatasi. Terkadang, berbagai macam cara telah dilakukan dan hasilnya masih mustahil. Tentunya, jerawat yang sudah parah harus dilakukan pengobatan dengan obat yang tepat. Obat-obatan yang ada tersebut ada yang merupakan obat luar untuk kulit dan ada juga yang merupakan obat-obatan untuk dikonsumsi. Penggunaan obat penghilang bekas jerawat tersebut harus tepat dan tidak boleh melebihi dosis yang dianjurkan.

Baca Juga: Hindari Kolesterol dengan Menghindari Makanan Penyebab Kolesterol

Macam-macam Rekomendasi Obat Penghilang Bekas Jerawat

Jika ingin memilih obat penghilang bekas jerawat, maka seseorang haruslah berhati-hati. Kenali terlebih dahulu jenis bekas jerawat yang ada di wajah. Jika perlu berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter kulit atau apoteker yang menjual obat tersebut. Kenali juga kandungan yang ada dalam obat agar tidak menimbulkan alergi bagi tubuh. Intinya, pilihlah obat untuk jerawat yang aman dan sesuai dengan keadaan kulit wajah.

Inilah beberapa pilihan obat penghilang bekas jerawat yang bisa Anda coba:

1. Acnes Gel

Acnes Gel - Penghilang Bekas Jerawat

Rekomendasi obat penghilang bekas jerawat yang pertama yakni gel imut keluaran brand acnes. Sejak lama, acnes memang menyediakan kosmetik dan perawatan wajah khusus untuk kulit yang mempunyai permasalahan dengan jerawat. Cara penggunaan gel ini yakni dengan mengoleskannya pada spot yang memiliki noda hitam bekas jerawat. Gel nya aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang negatif bagi kulit pengguna.

Acnes Gel obat penghilang bekas jerawat yang ada di apotik dengan kandungan-kandungan ascorbyl glucoside. Kandungan ini mampu menjadikan kulit terasa lebih halus dan lembut serta berfungsi menjaga kulit dari efek radikal bebas. Jadi, ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, pengguna tidak perlu takut lagi jika kulit terkena bahaya paparan sinar UV.

2. Krim Wajah Melanox

Krim Wajah Melanox - Penghilang Bekas Jerawat

Sejak dahulu Melanox sudah dipercaya ampuh dalam penghilang bekas jerawat. Kualitasnya sudah tidak perlu diragukan kembali dan pastinya sangat aman bagi kesehatan. Krim yang satu ini sangat mungil dan mempunyai netto sekitar 15 gr. Krimnya tidak berbau dan mudah meresap ke dalam kulit pengguna. Harganya juga lumayan terjangkau dan bisa ditemukan dengan mudah di toko yang menjualnya. 

Melanox juga dapat memutihkan wajah sekaligus menghilangkan noda-noda hitam bekas luka jerawat. Namun, Melanox sendiri termasuk kategori obat keras, sehingga pemakaiannya harus dalam pengawasan dokter. Jadi, jangan terlalu banyak menggunakan krim ini dalam satu kali oles, tetapi patuhilah selalu aturan yang ada.

3. Krim Rohto Anti-Pimple Mark

Krim Rohto Anti-Pimple Mark - Penghilang Bekas Jerawat

Perusahaan Rohto dari Jepang sudah terkenal akan produk-produk perawatan tubuhnya yang selalu mempunyai khasiat tinggi. Baru-baru ini Rohto juga memproduksi Krim Anti Pimple Mark yang mempunyai khasiat untuk penghilang bekas jerawat. Selain bekas jerawat hilang, kulit pengguna pun akan tampak lebih halus dan cerah.

Krim ini juga bisa meringankan rasa gatal pada kulit wajah, karena terdapat allantoin di dalamnya. Selain itu, ada arbutin alami dari tanaman bearberry pada Rohto Mentholatum yang berguna mencerahkan noda hitam. Sementara, isopropyl methylphenol-nya mampu menyerap jauh ke dalam pori-pori untuk mencegah kerusakan pada kulit kamu.

4. Mineral Botanica Acne Spot Treatment

Tak mau kalah dengan brand yang lainnya, mineral botanica juga mempunyai produk penghilang bekas jerawat yakni Acne Spot Treatment. Krim ini harus dioleskan pada wilayah wajah yang terdapat bekas jerawat. Krim ini relatif aman dan cocok digunakan baik bagi remaja maupun orang yang sudah dewasa. Harga krimnya relatif terjangkau dan dapat dibeli di apotik maupun toko-toko kosmetik terdekat dengan wilayah tempat tinggal.

Salep penghilang bekas jerawat untuk pria dan wanita ini memiliki khasiat eksfoliasi yang ada pada kandungan salicylic acid. Sehingga mudah memudarkan bekas jerawat serta flek hitam sekalipun. Selain itu, manfaat dari kandungan ini dipercaya ampuh mengatasi bakteri jerawat sebagai BHA. Dengan begitu, jerawat pun akan takut kembali lagi menyerang kulit wajah. 

5. Verile

Verile - Penghilang Bekas Jerawat

Siapa yang tidak kenal dengan obat jerawat verile. Obat yang satu ini lumayan terkenal di Indonesia karena sering muncul dalam berbagai iklan televisi. Obatnya berbentuk krim atau salep yang bisa dioleskan pada wilayah yang berjerawat atau bekas jerawat. Verile diperjualbelikan secara bebas karena relatif aman dan bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. 

Verile Acne Blemish yang dapat melembutkan kulit kasar dan menghilangkan luka jerawat. Krim ini diklaim mampu merawat kulit bekas jerawat, dan aman digunakan pada pengguna dengan kulit sensitif. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya, seperti ekstrak centella asiatica, ekstrak licorice, ekstrak aloe vera, natural vitamin E dan vitamin B3.

6. OXY Anti Pimple Mark

OXY Anti Pimple Mark - Penghilang Bekas Jerawat

Selain Verile, obat penghilang bekas jerawat yang sangat ampuh dan direkomendasikan berikutnya yakni OXY Anti Pimple Mark. Produk ini mempunyai kandungan kandungan ascorbyl glucoside untuk mencerahkan bekas jerawat.

Untuk kandungan yang lainnya yakni arbutin yang berasal dari tanaman bearberry membantu untuk melawan noda hitam dan meratakan warna kulit. Mampu membuat tekstur kulit jadi lebih lembut, ada pula kandungan isopropyl methylphenol untuk mencegah timbulnya jerawat.

7. Himalaya Acne Pimple

Himalaya Acne Pimple - Penghilang Bekas Jerawat

Seperti halnya Acnes, Himalaya juga dikenal sebagai brand khusus perawatan kulit wajah yang berjerawat. Untuk menghilangkan jerawat, pengguna dapat menggunakan Himalaya Acne Pimple. Obat penghilang bekas jerawat ini berbentuk krim yang mana cara penggunaannya adalah dengan dioleskan pada wilayah wajah yang berjerawat dan masih mempunyai bekas jerawat membandel.

Salep dengan ramuan herbal untuk luka bekas jerawat yang satu ini bisa melancarkan peredaran darah. Himalaya Herbals Acne Pimple memiliki ekstrak silk cotton tree dan membuat kulit terasa lebih dingin, sehingga mengurangi iritasi dan kemerahan. Gunakan rangkaian produk dari Himalaya Herbals secara rutin untuk mengurangi jerawat membandel.

8. JF Sulfur Acne Care Gel

JF Sulfur Acne Care Gel - Penghilang Bekas Jerawat

Selain terkenal akan produk sabun yang bisa mengatasi permasalahan pada kulit layaknya gatal dan jerawat. Kini JF Sulfur juga memiliki produk baru untuk mengatasi masalah jerawat yang mana hal tersebut berbentuk gel. Obat ini ampuh menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya jika digunakan secara rutin.

Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya pada wilayah wajah yang berjerawat. Harganya lumayan terjangkau dan bisa didapatkan di mana saja.

9. Neutrogena On The Spot Acne

Neutrogena On The Spot Acne - Penghilang Bekas Jerawat

Produk ini memiliki kandungan 2,5% benzoyl peroxide sehingga terbukti secara klinis tidak akan membuat kulit menjadi kering, iritasi, atau kemerahan. Maka dari itu, produk ini mampu menyembuhkan jerawat, luka, dan bekas jerawat dengan cepat. Walaupun kandungan utamanya dikenal bisa membuat kulit dan mengelupas, produk ini diklaim tidak akan membuat kulit menjadi iritasi atau kering.

Formulanya yang ringan, mudah terserap di kulit, dan bersifat non-comedogenic sehingga tidak akan menyumbat pori-pori atau bikin pori-pori wajah membesar. Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setelah menggunakan produk ini.

10. Zoya Acne Spot Treatment

Zoya Acne Spot Treatment - Penghilang Bekas Jerawat

Produk lokal ini cocok ditujukan untuk pengguna yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat atau acne prone. Selain itu, krim satu ini juga memiliki fungsi selain ampuh mengempeskan jerawat. Yaitu, menyamarkan noda bekas jerawat, menjaga agar kulit tidak iritasi, dan yang tidak kalah pentingnya adalah mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Mempunyai kandungan kombinasi Salicylic Acid dan Tea Tree Oil sebagai formula keratolitik dan anti-bacterial. Maka dari itu, produk ini diklaim dapat mencegah jerawat baru muncul kembali di permukaan kulit. Namun sayangnya, produk ini tidak dianjurkan untuk ibu hamil ataupun menyusui.

11. Snail Bee

Snail Bee - Penghilang Bekas Jerawat

Rekomendasi obat jerawat dan bekasnya yang terakhir yakni Snail Bee High Content Acne. Obat ini berbentuk cream yang bisa mencerahkan bekas jerawat dan menghambat bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah. Obat ini termasuk dalam obat kategori premium sehingga harganya lumayan mahal. Snail Bee hanya bisa ditemukan di drugstore dan apotik tertentu saja.

Baca Juga: Ternyata Manfaat Air Kelapa Hijau Banyak Sekali Untuk Tubuh Kita

Demikianlah pembahasan yang dapat disampaikan mengenai obat penghilang bekas jerawat dalam artikel edisi kali ini. Semoga hal tersebut bisa memperkaya informasi para pembaca khususnya yang mempunyai masalah pada bekas jerawat mereka. Selalu rawatlah kulit wajah karena hal tersebut merupakan aset yang sangat penting untuk dijaga. Wajah yang berjerawat atau terdapat bekas jerawat akan sangat mengganggu penampilan.