Sakit memang tidak enak dan tidak nyaman bagi siapa saja baik masih muda maupun sudah tua. Salah satu penyakit yang tampaknya ringan namun cukup menghambat aktivitas sehari-hari adalah flu. Flu ini merupakan salah satu jenis penyakit ringan yang diakibatkan oleh virus. Biasanya penderita akan merasa gatal pada tenggorokan, pilek, batuk, sakit kepala, bersin-bersin, hingga badan demam. Obat flu alami biasanya digunakan untuk melakukan pertolongan pertama.

Baca Juga: Wajib Baca! Makanan Pantangan Kolesterol Harus Dihindari

Meski terbuat dari bahan alami obat flu alami cukup ampuh dalam mengobati dan mengusir flu sehingga tubuh bisa sehat kembali. Jika flu segera ditangani sejak awal dengan obat dari bahan alami maka tidak perlu mengkonsumsi obat kimia flu bisa sembuh. 

Apa Itu Flu?

Penyakit Flu - Obat Flu Alami

Flu adalah salah satu jenis penyakit yang tidak berbahaya. Penderita flu akan mengalami beberapa kondisi yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyakit ini disebabkan karena adanya infeksi virus yang biasanya menyerang hidung, tenggorokan, juga paru-paru. Pada musim pancaroba penyakit ini akan banyak menyerang orang dari yang muda sampai yang tua. 

Flu ini mudah sekali menular dari satu orang ke orang lain. Untuk orang yang baru 3 hari pertama terkena flu sebaiknya jangan mendekat ke orang lain karena pada hari pertama virus bisa sangat cepat menularnya ke orang di dekat penderita.

Flu ini biasanya disamakan dengan pilek namun sebetulnya keduanya kondisi yang berbeda. Pada penderita flu orang yang terserang akan merasakan demam, sakit kepala, batuk-batuk, baga terasa pegal, nafsu makan menurun, serta tenggorokan sakit. Setelah beberapa hari kondisi tersebut akan semakin parah namun setelah klimaks maka penderita akan segera membaik dan sembuh.

Pada kasus pilek berbeda gejala yang akan dialami penderita. Orang pilek gejalanya lebih ringan dari flu dan masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Sementara flu yang gejalanya lebih parah bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari sebab biasanya disertai demam dan badan pegal-pegal.

Penyebab dari sakit flu itu sendiri adalah serangan virus influenza pada tubuh seseorang. Orang yang berada di dekat penderita flu mudah tertular karena virus influenza beterbangan di udara, tanpa sengaja akan terhisap masuk melalui hidung jadi orang lain pun mudah tertular. Apalagi jika ada penderita flu yang bersin maka virus pun dengan cepat tersebar di udara.

Obat Flu Alami yang Terbilang Sangat Ampuh

Agar flu tidak berlanjut dan tubuh bisa segera pulih ada beberapa obat yang memanfaatkan bahan alami yang bisa dicoba sendiri di rumah. Menangani flu sedini mungkin bisa membantu tubuh untuk terhindar dari gejala flu yang lebih parah. Orang di sekitar penderita pun juga bisa kecil resikonya tertular virus flu jika flu diatasi dan ditangani dengan cepat. 

Bahan alami yang bisa digunakan obat flu alami ada beragam dan mudah sekali didapatkan. Cara menggunakan bahan-bahan alami tersebut pun sangat mudah sehingga bisa membuat sendiri di rumah saat mulai merasakan gejala flu. Apa saja ya obat flu alami yang bisa dibuat sendiri di rumah?

1. Jahe

Jahe - Obat Flu Alami

Obat flu alami yang pertama adalah jahe yang merupakan salah satu jenis rempah dan juga tanaman obat yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Jahe ini sudah terbukti bisa meredakan sakit batuk hingga radang tenggorokan yang lebih sering menyerang bersama dengan flu.

Cara membuat obat flu alami dari jahe pun sangat mudah. Masukkan irisan jahe dalam air hangat lalu minum air jahe tersebut selagi masih hangat. Bisa juga campurkan jahe pada secangkir teh hangat lalu minum secara teratur sampai gejala flu reda dan hilang.

2. Sup Ayam

Sup Ayam - Obat Flu Alami

Selanjutnya ada sup ayam yang merupakan salah satu obat flu tradisional yang ampuh mengusir flu. Sup ayam ini sudah diyakini orang di seluruh dunia dan memang terbukti khasiatnya untuk membantu meredakan peradangan yang diakibatkan dari pilek saat flu menjangkiti tubuh.

Sup ayam bisa membantu hidung bisa lebih lega karena lendir dalam hidung yang pilek saat flu bisa jadi encer. Tenggorokan dan paru-paru pun bisa lebih lega saat digunakan bernafas hanya dengan makan sup ayam yang menyehatkan.

3. Bawang Putih

Bawang Putih - Obat Flu Alami

Bahan alami lain yang bagus untuk mengobati flu adalah bawang putih. Obat flu alami yang satu ini mudah sekali didapatkan karena memang ini merupakan kebutuhan dapur yang selalu ada dan selalu menjadi bahan utama dalam memasak. Setiap kali memasak bawang putih ini pasti tidak boleh tertinggal dan harus selalu ada dalam setiap masakan.

Bawang putih bisa mencegah flu dan pilek semakin parah karena ada sifat antivirus pada bawang putih tersebut. Minyak allicin yang ada pada bawang putih itu juga ampuh sekali melawan pilek dan flu. Untuk bisa mengobati flu dengan bawang putih cara yang paling efektif adalah dengan mengunyah bawang putih mentah. Namun bagi yang tidak bisa memakan dalam kondisi mentah bisa dicampur dengan nasi putih hangat atau dimasak bersama sup ayam yang juga obat flu alami.

4. Madu

Madu - Obat Flu Alami

Madu adalah bahan alami yang baik sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk mengobati flu tapi juga untuk mencegah berbagai penyakit lain. Dalam madu ada kandungan yang menjadikan madu ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Cara mengobati flu menggunakan madu ini adalah dengan mencampur madu dengan teh hangat atau perasan air lemon lalu meminumnya selagi masih hangat.

Terus konsumsi minuman campuran madu dengan lemon atau teh secara rutin agar flu bisa segera reda dan sembuh. Jika sudah sembuh minuman dari madu dan lemon tetap bisa dikonsumsi setiap hari untuk menaikkan imun tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit.

5. Vitamin C

Vitamin C - Obat Flu Alami

Makanan sumber vitamin C yang tinggi bisa menjadi salah satu obat flu alami yang ampuh untuk dikonsumsi. Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang bisa meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang sehingga bisa mengusir virus flu lebih cepat pergi dari dalam tubuh.

Vitamin C ini bisa didapatkan dari beberapa jenis buah seperti jeruk nipis, lemon, serta grapefruit. Cara mudah untuk mendapatkan vitamin C adalah dengan meminum perasan lemon setiap hari. Cara mudahnya potong lemon tipis-tipis lalu masukkan dalam gelas dan tuang air mendidih aga sari dari lemon bisa keluar lalu minum saat sudah hangat.

6. Makanan Probiotik

Yoghurt - Obat Flu Alami

Salah satu makanan probiotik adalah yoghurt. Makanan ini bisa cepat juga menyembuhkan flu. Obat flu alami ini bisa dimakan dengan sayuran atau buah-buahan. Namun alangkah baiknya jika memakannya secara langsung tanpa mencampur dengan makanan lain.

7. Teh Hijau

Teh Hijau - Obat Flu Alami

Greentea adalah salah satu tanaman obat yang juga masuk dalam deretan obat flu alami yang ampuh. Teh hijau memang biasa digunakan orang untuk obat berbagai penyakit dan salah satunya adalah flu. Cara menggunakannya mudah, cukup seduh teh hijau dengan air hangat lalu minum selama masih ada gejala flu. Flu pun akan segera sembuh dan penderita bisa beraktivitas seperti biasa lagi.

8. Air Garam

Minum Air Garam - Obat Flu Alami

Obat flu alami ini adalah cara untuk membantu mengurangi adanya resiko infeksi pada saluran pernapasan atas. Radang tenggorokan pun juga bisa diatasi dengan cepat hanya dengan air garam. Hidung mampet atau tersumbat bisa lega juga hanya dengan menggunakan air garam ini. Bagaimana caranya? Cukup gunakan air garam untuk berkumur maka radang tenggorokan dan hidung mampet bisa segera mereda dan perlahan akan sembuh.

9. Daun Mint

Daun Mint - Obat Flu Alami

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada makanan atau minuman. Daun mint ini rasa mentholnya kuat sehingga bisa memberikan rasa hangat pada dada dan bisa membantu untuk mengencerkan lendir dalam hidung. Campurkan daun mint pada teh hangat agar bisa meredakan gejala flu yang menyiksa.

Baca Juga: Ketahui Beragam Manfaat Bioglass Untuk Kesehatan Tubuh

Nah, itu dia beberapa obat flu alami yang bisa dicoba sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah sekali didapatkan. Segera obati flu agar tidak menular ke orang lain dan menjadi lingkaran setan yang tak kunjung usai. Banyak istirahat dan berjemur matahari pagi juga bisa mempercepat flu sembuh.