Saat mendengar kata berpuasa, pikiran kita pasti akan tertuju pada semarak  bulan Ramadhan. Tetapi faktanya, manfaat puasa tidak hanya dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadhan saja. 

Baca Juga: Mengetahui Manfaat Puasa Bagi Otak Yang Harus Kamu Tahu

Sejak dulu, orang-orang telah berpuasa dengan berbagai tujuan tertentu, baik untuk kesehatan maupun hal lainnya. Karena seperti yang sudah kita ketahui, sangat banyak manfaat yang dapat anda rasakan saat berpuasa. 

Berikut beberapa manfaat puasa bagi kecantikan seperti yang akan dibahas pada ulasan artikel di bawah ini:

1. Membantu Mencerahkan kulit

Mencerahkan Kulit - Manfaat Puasa

Manfaat puasa bagi kecantikan pertama yang dapat anda rasakan adalah kulit akan semakin cerah jika puasa dilakukan secara rutin. Hal ini dapat anda buktikan dengan banyak mengkonsumsi air putih di saat berbuka. Selain itu, anda juga dapat mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, terutama vitamin C. 

Menurut idntimes.com, buah-buahan yang kaya akan Vitamin C seperti jeruk, jambu biji, pepaya dan kiwi dapat menjadi pilihan yang tepat untuk anda berbuka puasa. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin C sangatlah ampuh jik digunakan dalam proses pencerahan kulit. 

Maka tak heran jika sejak dulu, Vitamin C banyak digunakan sebagai salah satu komponen pencerah kulit dalam proses perawatan kecantikan. Untuk mempercepat proses pencerahan kulit, anda juga dapat melakukan perawatan kulit dari luar dengan cara mengaplikasikan facial mist dan perawatan kulit lainya.

2. Mencegah Munculnya Jerawat pada Kulit

Jerawat Pada Kulit - Manfaat Puasa

Saat melakukan puasa, tubuh kita mendapatkan kesempatan untuk ‘beristirahat’ dari pekerjaan yang mereka harus lakukan setiap harinya. Pekerjaan yang dimaksud adalah mengolah semua makanan yang masuk ke tubuh sehingga nutrisi bermanfaat sajalah yang dapat diserap oleh tubuh. 

Namun terkadang zat dan racun berbahaya pun ikut terserap ke dalam tubuh di proses penyerapan nutrisi tersebut. Nah, pada saat menjalankan ibadah puasalah tubuh mendapatkan waktu untuk mendetoksifikasi racun dan zat berbahaya tersebut. Hal inilah yang menyebabkan anda merasakan tubuh menjadi lebih ringan dan bugar saat menjalankan puasa. 

Proses detoksifikasi ini tentunya memiliki manfaat lain bagi tubuh, terutama bagi kesehatan kulit anda. Karena racun dan zat merugikan lainya telah berkurang ataupun hilang dari tubuh, maka otomatis kesempatan kulit untuk tumbuh jerawat akan berkurang pula. Untuk membantu memaksimalkan manfaat puasa bagi kecantikan satu ini, anda dapat mengaplikasikan produk yang mengandung bahan eksfoliasi dan spot treatment pada kulit anda secara rutin.

3. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini - Manfaat Puasa

Masih berkaitan dengan proses detoksifikasi yang terjadi pada tubuh kita saat melakukan puasa, manfaat puasa bagi kecantikan selanjutnya adalah mencegah terjadinya penuaan dini. Saat racun dalam tubuh berhasil dibersihkan, maka proses regenerasi sel kulit pun akan terjadi dan zat antioksidan dalam tubuh otomatis akan meningkat. 

Sel kulit mati yang membuat kulit terlihat kusam dan muncul kerutan, akan digantikan oleh sel kulit baru yang fresh dan kencang. Kombinasi antara zat antioksidan dan sel kulit baru akan mencegah anda untuk mengalami penuaan dini. 

Konsumsi air pada saat berpuasa juga sangat berpengaruh dalam hal ini. Jika anda meminum banyak air saat berbuka maupun sahur maka ini akan membantu anda memenuhi kebutuhan tubuh terhadap air yang hilang saat berpuasa. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat terlihat, anda dapat menggunakan produk anti-aging yang sesuai dengan kondisi kulit anda.

4. Mengatasi Masalah Kulit Seperti Eksim

Eksim - Manfaat Puasa

Manfaat puasa bagi kecantikan selanjutnya adalah mengatasi masalah kulit seperti eksim. Puasa tidak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan kulit wajah saja, namun kesehatan kulit secara keseluruhan. Bagi anda yang memiliki beberapa masalah kulit seperti eksim, anda dapat mengatasinya dengan melakukan puasa. 

Seperti yang sudah dilakukan sebelumnya, saat kita melakukan manfaat puasa, tubuh kita melakukan proses yang bernama proses detoksifikasi. Pada proses ini, tubuh akan membersihkan dirinya dari racun atau toxin yang tidak sengaja terserap saat proses pencernaan terjadi. 

Jika proses detoksifikasi berhasil, maka tubuh akan memiliki kekebalan yang lebih dari sebelumnya, sehingga rasa gatal dari eksim atau alergi lainya akan berkurang. Dan ada satu hal lagi yang perlu diingat, saat berpuasa, sel kulit pada tubuh akan melakukan regenerasi yang menghasilkan sel kulit baru. 

Sel kulit baru inilah yang akan menghilangkan efek kemerahan dan ruam yang ditimbulkan oleh eksim. Jika eksim telah dirasa berkurang, ada baiknya jika anda mempercepat proses penyembuhan dengan mengoleskan bagian kulit anda yang meradang dengan obat oles yang anda dapatkan dari dokter.

5. Mengurangi Terjadinya Peradangan pada Kulit

Peradangan Pada Kulit - Manfaat Puasa

Jumlah antioksidan dalam tubuh dapat meningkat saat kita melakukan puasa. Hal ini merupakan efek positif dari konsumsi air yang meningkat saat berbuka puasa atau sahur. Saat manfaat puasa, tubuh kita melakukan detoksifikasi. 

Proses terjadinya detoksifikasi akan membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Pada proses inilah dihasilkan antioksidan yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit anda, salah satunya adalah mengurangi terjadinya peradangan pada kulit.

Antioksidan memiliki peran sangat penting bagi kesehatan kulit kita. Khususnya untuk meredakan peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh, antioksidan lah yang akan menangkal timbulnya efek radang pada kulit. Hal ini dikarenakan sifat antioksidan yang menenangkan ruam dan radang yang timbul. 

Manfaat puasa bagi kecantikan ini akan lebih maksimal hasilnya jika anda membantu proses peredaan peradangan kulit dengan mengoleskan beberapa produk yang memiliki sensa cooling dan soothing yang bersifat menenangkan pada kulit seperti produk yang mengandung aloe vera.

6. Pertumbuhan Rambut Lebih Tebal dan Berkilau

Rambut Lebih Tebal dan Berkilau - Manfaat Puasa

Manfaat puasa bagi kecantikan bukan hanya tentang merawat kulit tubuh kita saja. Kecantikan memiliki definisi yang luas. Kecantikan bisa terlihat dari apapun yang dimiliki seseorang, seperti contohnya rambut. Memiliki rambut yang sehat bisa jadi impian semua wanita karena rambut merupakan ‘mahkota’ dari seseorang. Apalagi saat rambut dalam keadaan berkilau dan tebal. 

Jika anda berniat memiliki rambut tebal, berkilau, kuat dan tak mudah patah, ada baiknya jika anda memulai proses perawatan dari dalam diri anda. Benar sekali, proses detoksifikasi yang terjadi saat anda berpuasa adalah salah satu proses perawatan tersebut. 

Racun dalam diri anda terbuang, sehingga tak ada lagi yang menghambat pertumbuhan rambut anda. Maka dari itu, anda dapat memulai prosesnya saat bulan manfaat puasa dimulai. Kemudian, untuk melihat hasil yang efektif anda dapat membarengi proses dengan menggunakan shampo, conditioner, masker rambut dan minyak rambut yang memiliki fungsi melebatkan rambut.

7. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat Badan Tetap Ideal - Manfaat Puasa

Manfaat puasa bagi kecantikan yang satu ini telah dibuktikan oleh banyak orang. Benar sekali, menjaga berat badan agar tetap ideal atau menurunkan berat badan merupakan hal yang banyak diinginkan orang-orang, terutama bagi mereka yang sebelumnya telah berjuang untuk mendapatkan berat badan ideal mereka. 

Perlu diperhatikan, anda tidak harus kurus untuk dapat memiliki definisi cantik, anda hanya perlu memastikan berat badan anda ideal dan anda nyaman dengan kondisi tubuh anda itu. Untuk mendapatkan hal tersebut, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan, berpuasa adalah salah satu cara paling aman dan efektif yang pernah ada. 

Saat melakukan puasa, tentunya asupan makanan yang masuk ke tubuh terbatas, berbeda saat anda menjalankan hari-hari biasa dimana terkadang anda lupa untuk mengontrol makanan apa saja yang seharusnya anda konsumsi. Dengan dengan cara ini, organ pencernaan anda dapat melakukan yang lebih ringan. 

Endapan dan sisa-sisa makanan yang tidak perlu akan dikeluarkan oleh tubuh. Jika hal ini terjadi, maka berat badan akan menurun dan anda dapat menyesuaikan seberapa berat badan yang sesuai dengan postur tubuh anda.

8. Memancarkan Kecantikan dari Dalam

Memancarkan Kecantikan dari Dalam - Manfaat Puasa

Manfaat puasa bagi kecantikan yang terakhir adalah meningkatkan inner beauty dalam diri. Terkadang orang-orang terlalu fokus pada kecantikan fisik hingga lupa akan cantik sesungguhnya, yaitu inner beauty atau kecantikan dari dalam. 

Baca Juga: Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Jantung yang Perlu Diketahui

Jiwa dan pikiran anda terlatih untuk bersabar dan berpikir positif saat menjalankan puasa, sehingga secara sadar atau tidak, inner beauty akan meningkat karena dua hal ini berkaitan dengan erat. Ketenangan jiwa dan pikiran ini juga akan menjauhkan anda dari rasa tertekan dan depresi.