Minyak kayu putih sebagai minyak esensial yang dibentuk dari penyulingan daun kayu putih ini memiliki kandungan sineol kurang lebih 65 %. Sineol berikut yang memberi kesan hangat dan menentramkan dari minyak kayu putih. Tidaklah aneh bila setelah itu banyak manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan.

Baca Juga: Manfaat Ginseng Agar Stamina Terjaga dan untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik aromanya yang beri kesegaran, ada beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Minyak yang kerap kali jadi penghangat badan ini mempunyai banyak nama lain, salah satunya Kajuputi leucadendra, Aceite de Cajeput, Cajeputi aetheroleum, dan cajeput oil.

Minyak kayu putih adalah hasil uap ranting serta daun dari pohon kayu putih (Melaleuca leucadendra). Dalam minyak kayu putih terdapat bahan kimia yang memiliki nama cineole, linalool, serta terpineol, yang memberi kesan hangat saat dibalurkan di kulit.

Tidak hanya menghangatkan, kandungan sineol dalam minyak kayu putih mempunyai kekuatan anti radang dan anti-oksidan. Perihal ini pula yang membuat manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan dapat tangani permasalahan pernafasan. Permasalahan pernafasan ini mencakup asma serta Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD).

Kayu putih adalah minyak atsiri asli Indonesia yang di dalamnya terkandung senyawa sineol lumayan tinggi. Tidak cuman sineol, ada juga kandungan eucalyptus dalam minyak kayu putih ini. Eucalyptus mempunyai karakter antivirus, antiinflamasi, dan antimikroba. Perihal ini pula yang jadikan manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan makin pantas diandalkan.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

Bila Anda menggunakan minyak kayu putih dengan yang benar, minyak ini menjadi teman penghangat dan pengurang rasa tidak nyaman saat tubuh terasa kurang sehat. Disamping itu, ada banyak manfaat minyak kayu putih yang dapat Anda peroleh, diantaranya:

1. Menurunkan sakit di kepala dan hidung mampet

sakit di kepala dan hidung mampet - Manfaat minyak kayu

Minyak kayu putih murni dapat dijadikan sebagai obat untuk menangani sakit di kepala dan hidung mampet. Untuk memperoleh manfaat minyak kayu ini, pakai minyak kayu putih sebagai aromaterapi dengan menuangkannya beberapa tetes ke diffuser atau mengisap aromanya langsung.

2. Menyembuhkan cedera kecil

Cedera kecil - Manfaat minyak kayu

Minyak kayu putih mempunyai karakter antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang lumayan baik. Maka minyak ini disangka berguna membuat perlindungan cedera yang kecil dan tidak dalam dari infeksi hingga bisa percepat pengobatan cedera.

3. Kulit

Kulit - Manfaat minyak kayu

Kayu putih tidak hanya berguna untuk memperlancar aliran pernafasan. Namun, kayu putih juga dapat menolong mengatasi infeksi yang terjadi pada kulit. Ini dipengaruhi oleh kandungan zat sineol di minyak kayu putih. Kandungan ini bisa memberi kesan hangat dan kurangi rasa sakit pada permukaan kulit.

Tidak hanya menghangatkan, minyak ini dapat menghaluskan dan membuat cerah kulit. Namun tidak seluruh orang cocok memakainya.

4. Bekas Jerawat

Jerawat - Manfaat minyak kayu

Minyak kayu putih memang mempunyai karakter inflamasi tinggi. Tidaklah aneh jika ternyata kayu putih dapat untuk untuk hilangkan sisa jerawat.

Langkah mengaplikasikannya lumayan gampang. Hanya butuh menambah gel lidah buaya dengan minyak kayu putih. Lantas berikan pada bekas jerawat dengan teratur. Janganlah lupa untuk bersihkan sesudah memakai.

5. Meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi - Manfaat minyak kayu

Sebuah riset mendapati jika cineole dan linalool yang ada pada minyak kayu putih bisa tingkatkan fokus dan daya ingat waktu bekerja. Walau demikian, manfaat minyak kayu ini perlu ditelaah selanjutnya, karena tidak ada eksperimen langsung memakai minyak kayu putih.

6. Menyingkirkan Serangga

Menyingkirkan Serangga - Manfaat minyak kayu

Masalah serangga bisa datangkan bermacam jenis keluhan penyakit. Memakai semprotan pengusir serangga memang dapat membunuh serangga secara signifikan, tetapi memiliki kandungan bahan kimia yang begitu kuat.

Namun, Anda harus menghindari hal tersebut. Dan cobalah untuk memakai kayu putih sebagai gantinya. Sekarang ini telah ada minyak botanical pengusir serangga yang dibentuk dari konsentrat minyak lemon Eucalyptus.

Dengan menggunakan minyak ini dipercaya Anda dapat terbebas dari penyakit yang ditimbulkan oleh serangga nyamuk seperti malaria serta demam berdarah. Tidak hanya nyamuk, kutu bisa juga ditendang dengan minyak kayu putih. Cuman perlu teteskan minyak kayu putih di kulit kepala.

7. Menolong mencegah infeksi virus Corona

Mencegah infeksi virus corona - Manfaat minyak kayu

Sebuah riset memperlihatkan jika senyawa dalam minyak kayu putih, khususnya terpineol serta linalool, berpotensi untuk mencegah virus Corona masuk di dalam badan manusia. Walau demikian, tidak ada riset pada manusia yang bisa memvalidasi manfaat minyak kayu putih ini.

Selama pemakaiannya masih juga dalam batasan normal dan seperti saran penggunaan, minyak kayu putih bisa saja dipakai sebagai usaha pencegahan COVID-19. Tetapi, langkah ini tidak dapat gantikan prosedur kesehatan yang khusus, yakni memakai masker, membersihkan tangan, dan jaga jarak.

8. Ketombe

Ketombe - Manfaat minyak kayu

Tidak cuman kesehatan kulit, namun juga kesehatan pada rambut dapat didapat dari minyak kayu putih. Minyak esensial ini mempunyai karakter antijamur yang dapat memberantas permasalahan ketombe. Jamur Malassezia furfur adalah jamur yang dapat menyebabkan permasalahan kulit, seperti panu ataupun ketombe.

Menurut sebuah riset, kombinasi minyak esensial seperti kayu putih dan atsiri bisa dibuktikan dapat menantang jamur Malassezia di kepala. Maka tidaklah aneh bila selanjutnya produksi kulit ketombe di kepala bisa dikurangi.

Namun, pemakaiannya perlu lebih berhati-hati. Anda harus menghindari cedera yang ada pada kulit kepala yang berketombe. Bila terlanjur, dampaknya pasti benar-benar perih dan akibatkan iritasi.

9. Kram Otot

Kram Otot - Manfaat minyak kayu

Kram otot dapat diredakan memakai minyak kayu putih. Manfaat minyak kayu ini berawal dari karakter analgesik yang dipunyainya.

Kontraksi otot yang mendadak akan berkurang jika Anda menggunakan minyak kayu putih. Rutinitas setiap hari tidak terganggu karena permasalahan kram otot.

Hanya butuh memoleskan minyak kayu putih pada tempat yang merasakan kram otot. Pijat secara perlahan-lahan untuk melemaskan. Disamping itu, konsumsi buah serta air putih semakin banyak dari umumnya sebagai pendukung.

Efek Samping Minyak Kayu Putih

Memoleskan minyak kayu putih seperlunya pada permukaan kulit masih termasuk aman. Tetapi, tidak disarankan untuk memoleskannya di bagian kulit yang alami cedera terbuka.

Pada beberapa orang, pemakaian minyak kayu putih dapat memunculkan efek, yakni:

1. Alergi di kulit

Alergi di kulit - Manfaat minyak kayu

Sebagian orang kemungkinan untuk merasakan reaksi alergi di kulit saat terkena minyak kayu putih. Karena itu, di awal pemakaian, seharusnya berikan dengan jumlah sedikit lebih dulu. Tunggu sesaat dan tonton reaksi yang ada. Bila kulit memerah, iritasi, dan gatal, hentikan pemakaian minyak kayu putih.

2. Masalah pernafasan

Masalah Pernafasan - Manfaat minyak kayu

Menghirup minyak kayu putih yang murni tanpa bahan kombinasi beresiko mengakibatkan masalah pernafasan atau bahkan juga serangan asma, karena aroma minyak ini benar-benar kuat. Karena itu, jauhi menghirup minyak kayu putih murni langsung dari botolnya, khususnya untuk ibu hamil dan beberapa anak.

Minyak kayu putih telah jadi obat pilihan yang dicintai oleh sebagian besar keluarga Indonesia. Tetapi, teruslah waspada pada efek yang dapat disebabkan karena minyak ini.

Baca Juga: Gejala Kanker Tulang Adalah Penyakit Tumor Ganas Berawal di Tulang

Karena terdapat manfaat minyak kayu putih yang kurang signifikan, Anda pun tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak kayu putih melalui cara di luar saran pemakaian produk ini, walau banyak orang yang melakukan. Bila Anda mempunyai keadaan klinis tertentu, tanya dahulu ke dokter terkait langkah pemakaian minyak kayu putih yang aman untuk keadaan Anda.