Ada bermacam manfaat madu untuk kesehatan. Tidak hanya tingkatkan stamina, cairan manis yang dibuat oleh lebah ini bermanfaat dalam jaga kekebalan badan, menghilangkan batuk, sampai memelihara kesehatan jantung. Simak secara lengkap di sini.

Baca Juga: Kandungan Susu Organik yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat madu untuk kesehatan didapatkan dari kandungan nutrisinya yang bermacam. Di samping rasa manis, madu memiliki kandungan banyak senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E (tocopherol), vitamin K, asam fenolik, flavonoid, serta karotenoid. Kandungan itu ada pada produk yang lain dibuat lebah, seperti propolis.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Rasa manis madu yang datang dari gula membuat benar-benar bagus untuk tingkatkan stamina, khususnya saat Anda sedang olahraga atau bekerja. Disamping itu, manfaat madu yang bisa kita dapatkan ialah:

1. Mencegah radikal bebas

Mencegah radikal bebas - Manfaat Madu

Senyawa fitonutrien dan beberapa vitamin pada madu sebagai antioksidan alami yang bisa mencegah radikal bebas berlebih pada tubuh. Manfaat madu yang ada ini benar bermanfaat untuk menahan kerusakan beberapa sel dan jaringan tubuh yang disebabkan karena rutinitas oksidasi.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari kekuatan madu yang ini, salah satunya perkuat sel imun badan, mencegah dan menurunkan infeksi, menahan reaksi alergi, dan mencegah diabetes, penyakit serangan jantung, sampai kanker.

2. Tingkatkan kekebalan badan

Kekebalan badan - Manfaat Madu

Sama seperti yang sudah disebut awalnya, senyawa fitonutrien yang terdapat di dalam madu bisa perkuat beberapa sel imun pada tubuh. Ini tentu saja akan mengurangi terjadinya kemungkinan penyakit infeksi. Ditambahkan lagi, madu dikenali mempunyai manfaat sebagai antibakteri dan antijamur.

3. Meredakan batuk

Batuk - Manfaat Madu

Rasa madu yang manis bisa memicu produksi air liur untuk melembabkan kerongkongan yang kering hingga kurangi rasa gatal di kerongkongan dan hasrat untuk batuk. Disamping itu, bermacam antioksidan pada madu berguna juga untuk menurunkan infeksi yang dapat menyebabkan batuk.

Manfaat madu sebagai obat batuk sudah ditunjukkan oleh beberapa riset. Dari riset-penelitian itu diambil kesimpulan jika madu dapat jadi obat batuk alami yang tidak kalah atas obat batuk klinis yang kerap diresepkan dokter untuk orang dewasa dan beberapa anak berumur diatas dua tahun.

4. Mempercepat pengobatan cedera

Pengobatan cedera - Manfaat Madu

Banyak riset yang mengatakan jika madu benar-benar efisien dalam percepat pengobatan cedera. Madu atau produk yang memiliki kandungan madu, misalkan beeswax, dijumpai bisa menolong singkirkan jaringan yang mati, membunuh bakteri yang ada di cedera, dan menstimulasi pembangunan kulit baru untuk tutup cedera.

Beberapa jenis cedera yang kemungkinan dapat sembuh oleh manfaat madu ialah cedera bakar, lecet, dan cedera diabetes. Tetapi, harus diingat jika madu yang dapat dipakai ialah madu yang terjaga steril.

5. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sistem pencernaan - Manfaat Madu

Beberapa riset mengatakan jika madu sebagai prebiotik, sehingga bisa memberikan dukungan perkembangan bakteri baik dalam usus. Karakter madu ini bisa berguna untuk mempertahankan kesehatan sistem pencernaan.

6. Mempertahankan kesehatan jantung

Kesehatan Jantung - Manfaat Madu

Senyawa fitonutrien pada madu diperhitungkan dapat tingkatkan kesehatan jantung dengan memperlancar saluran darah dan mencegah terciptanya aterosklerosis. Beberapa riset sudah menunjukkan jika madu bisa turunkan tekanan darah dan kandungan kolesterol jahat serta lemak pada darah.

Apakah Manfaat Madu Bisa untuk Semua Orang?

Biasanya, madu termasuk aman dan sedikit memunculkan efek samping. Tetapi, madu belum bisa diberikan kepada bayi atau anak umur di bawah satu tahun karena beresiko mengakibatkan botulisme.

Botulisme ialah keadaan keracunan yang serang saraf badan dan mempunyai potensi fatal. Risiko ini perlu dicurigai pada ibu hamil yang mempunyai permasalahan pencernaan atau penyakit yang melemahkan mekanisme imun tubuh.

Hal yang lain harus diingat ialah madu bisa memunculkan reaksi alergi ke orang yang mempunyai alergi pada serbuk sari.

Disamping itu, ada tipe madu yang pemakaiannya harus diperhatikan, yakni madu rhododendron atau yang dikenali dengan madu gila (mad honey). Madu yang unik dengan rasanya yang pahit ini berawal dari ekstraksi nektar bunga rhododendron.

Madu gila memang mempunyai aktivitas antiradikal bebas yang tinggi hingga dipercayai berguna sebagai obat hipertensi, obat diabetes, dan menambah nafsu seksual. Tetapi, madu ini mempunyai resiko untuk mengakibatkan keracunan yang tanda-tandanya mencakup muntah-muntah, diare, ngilu dada, tidak sadarkan diri, sampai koma.

Manfaat madu untuk tingkatkan kesehatan tidak usah dipikirkan lagi. Walau demikian, konsumsi madu jangan terlalu berlebih, mengingat cairan ini tinggi kalori serta gula. Anda juga perlu pastikan jika madu yang dapat disantap telah tercatat di BPOM RI.

Ternyata Manfaat Madu Hitam Lebih Unggul

Warna madu bervariatif dari jelas sampai lebih gelap atau hitam. Semakin gelap warnanya, maka semakin efisien gunanya sebagai antibakteri serta lebih kaya antioksidan. Berikut kenapa beberapa orang yang memandang manfaat madu hitam lebih bagus dibanding madu biasa.

Madu memiliki kandungan banyak gizi seperti mineral, vitamin, gula, asam amino, dan antioksidan dari fenol dan flavonoid. Manfaat madu hitam mungkin lebih bagus dibanding madu yang berwarna karena memiliki kandungan elemen fenol yang semakin tinggi. Makin tinggi kandungan fenol maka kemampuan antioksidan flavonoid dalam madu tipe ini otomatis jadi lebih tinggi.

Ada pula riset yang menyampaikan jika madu hitam lebih baik karena memiliki sifat lebih konstan hingga kandungan zat didalamnya tidak gampang hancur.

Senyawa-senyawa Berikut Adalah Kuncinya

Seperti disebut sebelumnya, satu unsur yang jadikan manfaat madu hitam lebih baik ialah kandungan asam fenolat serta flavonoid. Berikut keterangan terkait kandungan asam fenolat dan antioksidan flavonoid dalam madu hitam:

1. Asam fenolat

Senyawa asam fenolat sendiri sebagai salah satunya barisan senyawa paling penting dalam tumbuhan dan jenisnya juga benar-benar bermacam. Selama ini, terdapat 8.000 jenis asam fenolat yang ada pada madu. Sedangkan tubuh manusia, senyawa ini berperanan sebagai anti-oksidan alami yang menghalangi rutinitas radikal bebas pada tubuh.

Menurut penelitian, manfaat fenolat yang ada pada madu hitam diperlihatkan dalam beberapa rutinitas yang memberikan keuntungan, seperti antikanker, antiinflamasi, menguatkan sistem ketahanan tubuh, dan menghalangi penyempitan pembuluh darah karena dipandang bisa menghalangi aglutinasi trombosit. Dampak ini dipandang bagus untuk menolong mencegah penyakit jantung koroner.

2. Flavonoid

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang lain yakni berkaitan antioksidan flavonoid yang terdapat didalamnya. Riset mengenai senyawa ini sudah banyak dilaksanakan. Riset-penelitian itu menunjukkan jika flavonoid memiliki sifat sebagai antioksidan, melawan radikal bebas pada tubuh, anti kanker, dan mencegah diabetes, penyakit jantung koroner, serta stroke. Senyawa ini kemungkinan mempunyai potensi sebagai obat untuk menolong menangani penyakit berkaitan alergi, seperti asma, eksim atopik, serta rhinitis.

Tidak itu saja, flavonoid bisa membuat perlindungan beberapa sel saraf dari kerusakan. Anti-oksidan ini bahkan juga bisa menolong pergantian beberapa sel saraf di luar otak serta sumsum tulang belakang. Flavonoid dapat menolong memperlancar saluran darah ke otak, hingga peranan otak serta kekuatan kognitif selalu terlindungi.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kayu Putih bagi Kesehatan

Paling akhir, flavonoid diperhitungkan mempunyai dampak yang bisa menolong kumpulan sel tubuh membenahi diri sendiri sesudah alami cedera karena radiasi. Tetapi riset pada efektivitas flavonoid dalam mengobati dampak radiasi baru dilaksanakan ke hewan, belum ke manusia.

Jika Anda ingin memakai madu untuk penyembuhan penyakit tertentu atau untuk mengobati cedera, seharusnya tanyakan lebih dulu sama dokter untuk pastikan keamanan dan efektifitas madu pada keadaan Anda.