Banyak langkah yang bisa kita kerjakan untuk jaga imun badan seperti rajin mengkonsumsi badan dengan vitamin sampai teratur olahraga. Teknik mudah yang lain dengan teratur konsumsi rempah-rempah seperti kayu manis. Banyak manfaat kayu manis yang bagus untuk badan.

Baca Juga: Kandungan Gizi dan Manfaat Bayam Bagi Kesehatan

Rempah-rempah bisa terbuktikan dapat perkuat ketahanan badan karena kaya antioksidan. Untungnya, Indonesia kaya rempah-rempah tradisional sehingga gampang sekali untuk didapat. Salah satunya rempah yang terbukti mempunyai banyak manfaat ialah kayu manis.

Kayu manis atau cinnamon ialah tipe rempah alami. Umumnya kayu manis kerap dijumpai berbentuk tangkai atau bubuk. Banyak kan manfaat kayu manis yang dapat Anda peroleh. Jadi, Anda mulai bisa menambah rempah-rempah ini ke makanan atau minumanmu setiap hari.

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat kayu manis satu diantaranya adalah sebagai bumbu masakan karena cita-rasanya yang unik. Tetapi, kayu manis mempunyai bermacam manfaat untuk kesehatan badan yang jarang dijumpai.

Untuk Anda yang ingin jaga ketahanan badan, berikut manfaat kayu manis untuk kesehatan yang jarang dijumpai orang dan juga menjadi sangat berguna bagi kita semua:

1. Kaya akan Antioksidan

Kaya akan Antioksidan - Manfaat kayu manis

Kita semua paham keutamaan antioksidan untuk sistem ketahanan tubuh. Radikal bebas di lingkungan setiap hari bisa menghancurkan sel badan dan membuat Anda jatuh sakit.

Manfaat kayu manis yang kaya antioksidan bisa membuat perlindungan dan membenahi sel badan dari kerusakkan ini.

Bahkan juga karena sangat tingginya akan antioksidan, kayu manis bisa dipakai sebagai pengawet makanan alami.

2. Mempunyai Kandungan Anti-inflamasi

Mempunyai Kandungan Anti-inflamasi - Manfaat kayu manis

Kerap merasa ngilu atau bengkak pada persendian? Merasa tidak nyaman dari inflamasi atau infeksi ini bisa mengusik rutinitas sehari-harinya Anda.

Coba konsumsi teh kayu manis. Rasa hangat dari rebusan air kayu manis berguna menurunkan infeksi dan melepas timbunan cairan yang terlalu berlebih dalam tubuh.

3. Memperbaiki Aliran Darah

Memperbaiki Aliran Darah - Manfaat kayu manis

Aglutinasi darah pada pembuluh darah bisa memunculkan efek seperti kram otot, masalah pencernaan, dan merasa sakit di semua badan. Ini membuat badan terasa menjadi seenak seperti biasanya.

Salah satunya manfaat kayu manis ialah memperlancar aliran pembuluh darah arteri dan tingkatkan performa otot jantung. Dengan konsumsi kayu manis, Anda akan merasakan lebih energetik dan rutinitas olahraga terasa lebih ringan.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular - Manfaat kayu manis

Anda kemungkinan suka konsumsi makanan cepat saji atau gorengan karena rasanya yang renyah dan nikmat. Dan menurut Anda, makanan cepat saji dapat mudah dikonsumsi dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Tetapi, apakah Anda tahu tipe makanan ini tinggi akan lemak? Tidaklah aneh kenapa makin banyak orang alami penyakit kardiovaskular seperti serangan stroke dan jantung. Untuk menolong mengatasi efek ini, Anda dapat rajin konsumsi kayu manis.

Menurut American Heart Association, Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dari kayu manis sanggup perlambat proses penumpukan lemak, khususnya pada bagian perut, hingga mempunyai potensi mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Mengontrol Kandungan Gula Darah

Mengontrol Kandungan Gula Darah - Manfaat kayu manis

Rasa yang menjadi ciri khas tersendiri dari kayu manis kerap dipakai di manisan olahan sebagai pemanis alami dan pengganti gula.

Dibalik ini, sebuah studi menunjukkan manfaat kayu manis dalam kurangi gula darah. Karena ini, kayu manis pas untuk pasien diabetes. Untuk rasakan manfaatnya, coba teratur konsumsi ½ sampai 2 sdt (1-6 gr) bubuk kayu manis tiap hari.

6. Meningkatkan Sensitivitas terhadap Insulin

Meningkatkan Sensitivitas terhadap Insulin - Manfaat kayu manis

Insulin mempunyai peranan khusus pada tubuh: mengendalikan metabolisme serta energi. Tahukah Anda, beberapa orang alami kekebalan insulin tanpa mengetahuinya?

Keadaan ini mengakibatkan badan hasilkan insulin terlalu berlebih, hingga orang cepat lapar serta naik berat badan. Bila tidak lekas dirawat, keadaan ini bisa memunculkan kompleksitas yang serius seperti diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.

Langkah mudah mencegah kekebalan insulin dengan konsumsi rempah kayu manis. Kayu manis dipercayai bisa membenahi peranan hormon insulin hingga menahan diabetes dan kegemukan.

7. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol - Manfaat kayu manis

Kolesterol yang tinggi benar-benar beresiko untuk kesehatan karena mempunyai potensi menutup pembuluh darah. Permasalahan ini dapat disebabkan karena keturunan atau gaya hidup yang kurang sehat.

Penelitian mengatakan terdapat manfaat kayu manis untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan tingkatkan kolesterol baik (HDL).

Anda dapat coba gabungan minuman kayu manis dan madu yang nikmat. Langkahnya gampang! Campur 1 sendok teh madu dengan ½ sendok teh bubuk kayu manis dan didih di air atau teh.

8. Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur - Manfaat kayu manis

Manfaat kayu manis untuk kesehatan diantaranya menahan perkembangan bakteri dan fungi pada tubuh.

Kayu manis mempunyai elemen aktif, Cinnamaldehyde, yang bisa tingkatkan mekanisme imun dan menantang beberapa tipe infeksi seperti Listeria dan Salmonella. Minyak kayu manis kerap dipakai untuk menurunkan tanda-tanda penyakit saluran pernafasan yang disebabkan karena fungi.

Tangkai kayu manis memiliki kandungan essential oil yang baik hilangkan bau mulut secara alami. Coba kunyah tangkai kayu manis, dijamin bakteri dalam mulut Anda hilang dalam waktu cepat.

9. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker - Manfaat kayu manis

Menurut riset, kayu manis berguna menahan perkembangan sel kanker dan menyembuhkan pasien kanker.

Property antitumor dan antikanker dalam kayu manis mempunyai potensi aktifkan respons antioksidan dan enzim yang berperan mendetoksifikasi usus.

Untuk merasakan manfaat kayu manis ini, Anda dapat konsumsi menambahkan bubuk kayu manis dengan makanan atau minuman setiap hari.

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Meningkatkan Fungsi Otak - Manfaat kayu manis

Penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson bisa dihindari sejak awal kali. Menurut beberapa periset, kandungan konsentrat dalam kayu manis dapat menahan penumpukkan protein beresiko dalam otak yang kerap ditemukan di pasien Alzheimer.

Manfaat kayu manis yang lain ialah mempunyai potensi membuat perlindungan sel saraf otak (neuron) dan tingkatkan peranan motorik, khususnya untuk pasien Parkinson. Maka dari itu, meningkatkan fungsi otak bisa dicegah dengan mengkonsumsi kayu manis.

11. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Memperbaiki Saluran Pencernaan - Manfaat kayu manis

Perut kerap kembung, kram, atau penuh gas, khususnya sesudah makan? Dalam tradisional Ayurvedic, minyak kayu manis dipakai untuk menyembuhkan permasalahan pencernaan.

Rasa hangat dan pedas dari kayu manis dipercayai bermanfaat mencegah bermacam kuman dan virus penyakit pada pencernaan.

Untuk manfaat kayu manis itu, Anda dapat minum teh atau rebusan air kayu manis sesudah makan. Anda akan lekas rasakan perbedaan signifikan di saluran pencernaan!

12. Menstabilkan Hormon

Menstabilkan Hormon - Manfaat kayu manis

Dari ulasan sebelumnya, Anda tahu akan manfaat kayu manis untuk jaga kandungan gula darah dan anti-inflamasi. Keadaan ini dibutuhkan untuk hormon yang stabil, khususnya pada siklus wanita.

Gejala-gejala seperti sulit tidur, berat tubuh naik, lemas lesu, dan permasalahan fertilitas dapat disebabkan karena hormon yang tidak stabil. Kayu manis sering dipakai sebagai obat herbal alami untuk meringankan gejala itu.

Baca Juga: Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Alami

Itu manfaat kayu manis yang dapat Anda peroleh untuk kesehatan dan mekanisme ketahanan tubuh. Yuk, rajin konsumsi bumbu alami dalam minuman dan makanan Anda supaya tidak badan selalu siap menantang virus!Manfaat Kayu Manis