Siapakah yang senang bubur kacang hijau? Tidak hanya menjadi bubur, kacang kaya vitamin ini umum dimakan berbentuk makanan lain seperti onde-onde atau bakpia. Namun, apakah Anda sudah tahu kandungan dan manfaat kacang hijau untuk kesehatan?

Baca Juga: Beragam Jenis Obat Sakit Gigi yang Terbukti

Kacang hijau adalah satu diantara jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Ini karena kacang hijau memiliki kandungan gizi yang lumayan lengkap, dimulai dari karbohidrat, protein, serat, vitamin, asam folat, mineral, kalsium sampai zat besi. Itu sebabnya konsumsi kacang hijau dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Kandungan Kacang Hijau

Bukan rahasia lagi bila Manfaat Kacang Hijau mempunyai gizi dan vitamin yang tinggi. Banyak penelitian memberikan banyak konsumsi makanan nabati, diantaranya kacang hijau, menolong tingkatkan kesehatan dan mengurangi resiko penyakit parah. Kacang hijau memang memiliki kandungan beragam nutrisi serta vitamin yang mendukung kesehatan kita.

Kacang hijau adalah tanaman yang bisa dipakai untuk gantikan konsumsi nasi. Tanaman ini dikenal juga dengan panggilan green gram, mung bean, golden gram, serta nama ilmiah Vigna radiata L.

Tanaman ini tumbuh subur serta terus diproduksi baik di Asia Tenggara, Tiongkok, bahkan sampai Amerika Selatan. Tidaklah aneh, mengingat kandungan nutrisi dan manfaat kacang hijau begitu bermacam.

Segelas kacang hijau seberat 100 g bisa memberi Anda kandungan zat nutrisi seperti ini.

  • Energi: 323 kkal
  • Protein: 23 gram
  • Lemak: 1,5 gram
  • Karbohidrat: 56,8 gram
  • Serat: 7,5 gram
  • Vitamin C: 10 milligram
  • Kalsium: 223 miligram
  • Fosfor: 319 miligram
  • Besi: 7,5 milligram
  • Kalium: 816 miligram
  • Zinc: 2,9 miligram
  • Karoten (Vitamin A): 223 mikrogram
  • Thiamin (Vitamin B1): 0,5 milligram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,15 milligram
  • Niacin (Vitamin B3): 1,5 milligram
  • Vitamin C: 10 milligram
  • Kalsium: 223 miligram
  • Fosfor: 319 miligram
  • Besi: 7,5 milligram
  • Kalium: 816 miligram
  • Zinc: 2,9 miligram

Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman ini memiliki sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik di antara kacang-kacangan sejenisnya. Ada juga antioksidan dan senyawa tumbuhan yang memiliki nama fitokimia yang sama bisa memberi manfaat kacang hijau. Karena kandungan gizinya yang tinggi, banyak penelitian menunjukkan manfaat kesehatan dari konsumsi kacang hijau berikut di bawah ini:

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Menurunkan risiko penyakit jantung - Manfaat Kacang Hijau

Plak pada pembuluh darah dan kolesterol darah yang tinggi adalah dua pemicu pokok penyakit jantung. Berita baiknya, banyak studi mengatakan jika konsumsi kacang hijau mempunyai potensi turunkan risiko penyakit jantung.

Antioksidan vitexin and isovitexin pada kacang hijau bisa menghalangi peresapan kolesterol dan pembuatan jaringan lemak. Disamping itu, antioksidan membuat perlindungan pembuluh darah dari kerusakan karena radikal bebas dan penimbunan plak.

2. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol - Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau rupanya mempunyai manfaat untuk pasien penyakit jantung dan kolesterol tinggi. Zat antioksidan didalamnya bisa menolong turunkan kolesterol keseluruhan dan low-density lipoprotein (LDL) serta trigliserida yang disebut kolesterol jahat.

Beberapa pakar mengira jika antioksidan pada kacang hijau kemungkinan memacu produksi empedu, cairan yang menguraikan lemak serta kolesterol dalam proses pencernaan. Zat ini nampaknya menahan pembuatan tumpukan lemak dalam tubuh.

3. Manfaat kacang hijau pada penyakit hati

Manfaat kacang hijau pada penyakit hati

Hati bisa alami kerusakan karena infeksi virus, konsumsi alkohol, dan beberapa penyakit. Tetapi, sebuah study dalam jurnal Nutrients mengatakan jika konsumsi kacang hijau kemungkinan bisa turunkan risiko kerusakan pada hati.

Kacang hijau rupanya mempunyai dampak melindungi hati dari kerusakan karena infeksi dan penimbunan lemak. Pemberian suplemen kacang hijau bisa dibuktikan mengurangi aktivitas enzim hati sebagai pemberi tanda terdapatnya kerusakan pada organ ini.

4. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah - Manfaat Kacang Hijau

Protein pada Manfaat Kacang Hijau rupanya bukan hanya menolong membuat otot, tetapi juga mempunyai manfaat untuk pasien hipertensi. Beberapa pakar mengungkap jika protein ini bisa menghalangi kerja angiotensin converting enzyme (ACE).

ACE adalah enzim yang mengakibatkan tekanan darah tinggi. Banyak obat hipertensi bekerja dengan menghalangi peranan enzim ini. Usut punya usut, protein tertentu pada kacang hijau dapat bekerja melalui cara yang serupa.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Memperkuat sistem kekebalan tubuh - Manfaat Kacang Hijau

Kacang hijau kaya polisakarida, yaitu tipe karbohidrat kompleks dengan serat yang tinggi. Riset pada hewan percobaan memperlihatkan jika polisakarida yang diambil dari kacang hijau memiliki manfaat untuk menghidupkan kembali sel darah putih yang disebutkan makrofag.

Disamping itu, ada juga kandungan fitonutrien (zat kimia alami tumbuhan) yang bekerja sebagai zat anti bengkak. Senyawa fitonutrien yang ada dalam kacang hijau yang masih berkerabat dengan kedelai ini dapat menetralisir virus, bakteri, serta mikroba lainnya yang bisa mengakibatkan infeksi.

6. Manfaat kacang hijau untuk PMS

Manfaat kacang hijau untuk PMS

Hormon yang turun-naik saat sebelum menstruasi bisa memunculkan tanda-tanda PMS. Kecuali dengan minum obat, Anda juga bisa menangani masalah ini dengan konsumsi kacang hijau. Ini karena Manfaat Kacang Hijau tinggi akan vitamin B1, vitamin B2, serta folat.

Beberapa riset mendapati jika ekstra vitamin B dan folat dapat menurunkan tanda-tanda PMS. Ini karena mungkin keduanya ialah bahan pembentuk zat kimia di otak yang berperanan dalam mencegah munculnya tanda-tanda PMS.

7. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan - Manfaat Kacang Hijau

Serat yang ada dalam kacang hijau bukan hanya baik untuk membuat lancar pencernaan dan menjaga kesehatan jantung, tetapi dapat membuat Anda kenyang lebih cepat serta lebih lama, hingga bisa menolong Anda menurunkan berat badan. Disamping itu, kacang hijau bisa juga jadi opsi makanan untuk Anda yang diet, karena kandungan lemaknya rendah.

8. Manfaat Kacang Hijau Berpotensi mencegah kanker

Manfaat Kacang Hijau Berpotensi mencegah kanker

Banyak studi sebelumnya mendapati hubungan di antara konsumsi kacang-kacangan dengan manfaat menurunkan resiko beberapa macam kanker. Manfaat ini kemungkinan datang dari kandungan protein, peptida, serta asam fenolat sama seperti yang ada di kacang hijau.

Ketiganya mempunyai potensi menghalang pembuatan dan penyebaran kanker pada sistem pencernaan, payudara, dan sel darah putih. Pemberian konsentrat kacang hijau dapat menahan pembuatan pembuluh darah sebagai lajur makanan untuk sel kanker.

Tanaman ini adalah tipe kacang-kacangan yang tinggi akan zat nutrisi serta anti-oksidan hingga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Anda dapat memperoleh bermacam manfaat kacang hijau itu cukup hanya menambah makanan ini ke pada menu Anda.

Efek Samping Bila Mengkonsumsi Kacang Hijau

Kebanyakan konsumsi kacang hijau dapat mengakibatkan penimbunan gas di perut yang menyebabkan kembung. Penelitian yang dijalankan periset dari Arizona State University di Phoenix sudah menunjukkan ini. Menurut pengamat, penimbunan gas muncul karena kenaikan serat makanan.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Zaitun Beserta Tips Mengkonsumsinya

Kacang hijau bisa juga bereaksi dengan beberapa obat tertentu yang menyebabkan obat tidak dapat berperan optimal. Bahkan juga, reaksi kacang hijau dengan obat tertentu dapat memacu reaksi fisik seperti diare.