Jambu biji merupakan salah satu tanaman buah-buahan yang berasal dari Negara Amerika Tengah, khususnya Meksiko, Brazil, dan Kolombia. Selain berasal dari kawasan Benua Amerika, ternyata manfaat jambu biji sungguh luar biasa, lho.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Sehat

Buah yang dikenal dengan Bahasa Inggris guava ini telah banyak ditanam atau dibudidayakan di negara tropis maupun subtropis, termasuk Indonesia.

Manfaat jambu biji memiliki banyak kandungan manfaat di dalamnya seperti vitamin C, Vitamin A, kalium, dan antioksidan yaitu likopen. Tidak hanya itu, jambu biji juga mengandung nutrisi lain seperti serat, protein, magnesium, dan folat walaupun jumlahnya sedikit.

Yuk, Ketahui Manfaat Jambu Biji

Beberapa manfaat jambu biji adalah sebagai berikut :

1. Proteksi tubuh dari masuknya radikal bebas

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji ini berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh masuknya radikal bebas. Diketahui dari ahli bahwa radikal bebas ini adalah salah satu pemicu timbulnya kanker. Uniknya, antioksidan yang terkandung tidak hanya berada pada buahnya, melainkan daunnya juga.

2. Saluran Pencernaan Menjadi Lancar

Saluran Pencernaan Menjadi Lancar - Manfaat Jambu Biji

Manfaat jambu biji juga dapat digunakan sebagai pelancar saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit dan membersihkan saluran pencernaan dari kuman yang mana kotoran tersebut dapat keluar semua. Selain itu organ pencernaan juga bekerja dengan baik.

3. Sistem kekebalan tubuh jadi meningkat

Sistem kekebalan tubuh jadi meningkat - Manfaat Jambu Biji

Manfaat jambu biji merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Bahkan, tidak banyak orang tahu bahwa kandungan vitamin c yang terdapat di dalamnya melebihi dari kandungan vitamin c pada buah jeruk. Vitamin c sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga bagi yang mengkonsumsinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya resiko infeksi. Tidak hanya itu, vitamin C membantu dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, meningkatkan fungsi otak, membantu dalam penyerapan zat besi, hingga proses penyembuhan luka.

4. Menurunkan lemak dan tekanan darah

Menurunkan lemak dan tekanan darah - Manfaat Jambu Biji

Jambu biji adalah buah yang baik sebagai penurun darah tinggi. Maka dari itu bagi Anda penderita darah tinggi wajib mengkonsumsi buah yang satu ini. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menghasilkan fakta bahwa jambu biji dapat membantu menghilangkan lemak-lemak jahat dan menurunkan tekanan darah. Manfaat jambu biji ini diperoleh berkat kandungan vitamin c dan serat yang ada dalam buah.

5. Menyehatkan mata

Menyehatkan mata - Manfaat Jambu Biji

 

Buah-buahan yang berwarna cerah diyakini merupakan sumber dari vitamin A yang baik bagi kesehatan mata seperti jambu biji, mangga, pepaya, dan semangka. Tidak hanya baik untuk mata, manfaat jambu biji vitamin A juga berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh, pembuah sehat bagi kulit, dan membantu dalam proses pertumbuhan sel. Dengan kandungan vitamin A itu, Anda dapat mengonsumsi jambu salah satunya untuk mendapatkan banyak manfaat.

6. Mencegah diabetes

Mencegah diabetes - Manfaat Jambu Biji

Tak hanya dapat menyehatkan mata, manfaat jambu biji yang lain adalah dapat mencegah diabetes. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, diduga jambu biji dapat mengobati ginjal akibat dari penyakit diabetes. Tak hanya itu, dari studi yang lain mengatakan bahwa jambu biji dapat mengurangi gejala diabetes dan mengurangi kerusakan akibat peradangan dan oksidasi bagi penderita diabetes. Namun, penelitian tersebut masih dibutuhkan uji coba yang lebih lagi pada hewan, belum dieksperimenkan terhadap manusia.

7. Mencegah demam berdarah

Mencegah demam berdarah - Manfaat Jambu Biji

Menurut sebuah penelitian, manfaat jambu biji ekstrak dari daun jambu biji dapat digunakan sebagai pencegah atau penghambat virus dengue. Dalam kasus ini, ekstraknya dapat membantu penderita mengurangi pendarahan yang terjadi padanya akibat virus DBD dan menaikkan trombosit yang turun pada penderita DBD. Akan tetapi, cara ini diyakini masih dalam status pengobatan herbal, belum terdapat pernyataan klinis bahwa ini dapat mengobati DBD.

Seperti yang telah dibahas di awal, tidak hanya buahnya, melainkan daun jambu biji juga memiliki banyak manfaat terutama bagi wajah. Senyawa yang terkandung dalam daun jambu biji diyakini dapat membantu kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh. Bahkan, dibandingkan dengan manfaat jambu biji bagian buahnya, daun jambu biji memiliki nutrisi yang jumlahnya lebih banyak, bahkan beberapa nutrisi hanya bisa dijumpai pada daunnya, tidak buahnya.

Apa saja sih manfaat daun jambu biji untuk wajah?

Berikut manfaat daun jambu biji untuk wajah Anda mulai dari menghindari penuaan hingga mengatasi jerawat :

1. Menghambat penuaan dini

Daun jambu biji memiliki lebih banyak kandungan antioksidan dibanding buahnya. Antioksidan ini juga bermanfaat bagi kulit sebagai pelindung dan mencegah penuaan dini. Daun ini juga dapat membuat kulit menjadi merona sehingga menyamarkan kerutan-kerutan yang ada di wajah.

2. Membantu menghilangkan noda hitam

Ekstrak daun jambu biji diyakini dan dipercaya dapat membantu Anda untuk mencerahkan kulit. Manfaat ini didapatkan dari senyawa atau kandungan yang ada dalam daun jambu biji yang membantu menyamarkan noda hitam di wajah Anda baik bintik merah hingga hitam dan membantu meredakan peradangan.

3. Mengobati jerawat

Daun ini memiliki sifat antimikroba sekaligus anti radang yang dapat menenangkan kulit wajah dan membantu menghilangkan penampakan jerawat. Efektivitas dari ekstrak daun jambu ini yang digunakan untuk merawat jerawat sudah dibuktikan secara ilmiah.

4. Menenangkan alergi

Manfaat lain dari daun jambu biji untuk wajah adalah meredakan alergi yang dapat menyebabkan wajah bengkak kemerahan dan gatal-gatal. Manfaat ini didapatkan dari sifat daunnya yang anti alergi sehingga menghambat pertumbuhan atau produksi histamin.

Bagaimana cara menggunakan daun jambu biji

Cara mendapatkan manfaat dari daun jambu biji yang bisa Anda gunakan untuk wajah adalah melalui air rebusan teh daun jambu biji. Air seduhan teh dari jambu biji ini bisa Anda oleskan sesuai kebutuhan di wajah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti :

  1. Hancurkan lembaran daun jambu biji kering yang sudah dipilih beberapa.
  2. Didihkan air di panci secukupnya.
  3. Masukkan bubuk dari daun jambu yang sudah dihancurkan tadi ke dalam air yang mendidih di dalam panci.
  4. Didihkan air tersebut kembali hingga berwarna pekat atau kecoklatan.
  5. Jika sudah pekat, matikan kompor dan biarkan air dingin terlebih dahulu.
  6. Oleskan rebusan air tersebut pada wajah Anda dengan menggunakan kapas.
  7. Biarkan larutan tersebut meresap pada wajah selama lima belas menit kiranya sebelum kemudian bilas dengan air.
  8. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, lakukan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Ini manfaat lainnya dari daun jambu biji bagi kesehatan

Tidak hanya untuk wajah, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk membantu kesehatan tubuh Anda, berikut ulasannya :

  1. Dapat mengatasi diare dikarenakan sifat dari daun jambu biji yang antimikroba.
  2. Dapat meringankan kram pada saat menstruasi bila mengonsumsi 6  mg ekstrak daun jambu biji.
  3. Mengkonsumsi daun jambu biji dalam mengontrol tekanan gula dalam darah setelah makan. Apabila dilakukan secara rutin maka secara menyeluruh dapat mengontrol dalam waktu yang cukup lama.
  4. Daun jambu biji juga memberi manfaat positif bagi kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menghancurkan lemak jahat yang ada pada tubuh dan menaikkan kolesterol baik.
  5. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun jambu biji ini tidak hanya diperuntukkan bagi kesehatan kulit dan wajah, tetapi juga sebagai antikanker. Ekstraknya secara penelitian sudah terbukti menghambat pertumbuhan kanker, bahkan empat kali lebih efektif dibanding obat kanker lainnya. Akan tetapi, untuk hal ini dibutuhkan penelitian yang lebih mendalam lagi.

Baca Juga: Tips Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata

Begitulah manfaat jambu biji beserta daunnya. Perlu diketahui bahwa seduhan ekstrak daun jambu biji tidak digunakan sebagai pengganti perawatan atau pengobatan medis lainnya. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu sebelum menggunakan jambu biji.