Manfaat ginseng untuk kesehatan badan sudah dikenali mulai sejak dulu. Tanaman herba ini sering dipakai sebagai penyembuhan tradisional untuk turunkan kandungan gula darah, tingkatkan ketahanan badan, sampai menangani bermacam kondisi, termasuk disfungsi ereksi.

Baca Juga: Gejala Kanker Tulang Adalah Penyakit Tumor Ganas

Ginseng sebagai salah satunya tipe tanaman herbal yang banyak dijumpai di beberapa negara Asia, seperti Jepang, Korea, serta Tiongkok. Tetapi, tanaman ini dapat juga ditemui di Amerika Utara.

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan Badan

Baik ginseng korea (Panax ginseng) atau ginseng amerika (Panax quinquefolius), keduanya mempunyai senyawa aktif yang diberi nama ginsenosides. Zat ini bagus untuk kesehatan karena memiliki kandungan karakter anti kanker, anti radang, serta antioksidan.

Untuk mengenal lebih jauh manfaat ginseng amerika dan ginseng korea, silahkan baca ulasannya di bawah ini.

Beberapa Manfaat Ginseng Amerika

Ginseng telah lumayan banyak dibudidayakan di Amerika. Meskipun begitu, tipe ginseng dari Amerika mempunyai sedikit ketidaksamaan dari ginseng dari Korea. Beberapa riset memperlihatkan jika ada bermacam manfaat ginseng amerika untuk kesehatan, di antaranya:

1. Mencegah flu serta pilek

Flu serta Pilek

Satu diantara manfaat ginseng amerika yang cukup populer ialah menahan flu dan pilek pada orang dewasa. Manfaat ini datang dari berbagai kandungan dalam ginseng yang bisa perkuat ketahanan badan, hingga sanggup melawan virus dan kuman pemicu penyakit.

Tidak cuman menahan flu, ginseng amerika dapat memberikan dukungan dan percepat proses pemulihan badan saat sedang sakit flu. Dengan begitu, para orang dewasa akan mengkonsumsi ginseng agar mencegah dari penyakit flu dan pilek.

2. Menurunkan kandungan gula darah

Menurunkan Kandungan Gula Darah

Sebuah penelitian memperlihatkan jika ginseng amerika bisa turunkan kandungan gula darah dan mengontrolnya selalu stabil pada pasien diabetes tipe 2.

Disamping itu, ginseng amerika bagus untuk mencegah berlangsungnya kekebalan insulin ke orang sehat, hingga kurangi resiko berlangsungnya diabetes tipe 2.

Semuanya diduga karena kandungan senyawa ginsenosides dalam ginseng amerika yang bisa mempengaruhi kandungan insulin pada tubuh dan turunkan gula darah.

3. Mengurangi infeksi

Mengurangi Infeksi

Kandungan ginsenosida pada ginseng dijumpai mempunyai dampak anti radang. Dampak ini jadikan ginseng amerika baik dimakan untuk kurangi infeksi dan keluhan tertentu karena infeksi, misalkan ngilu dan bengkak di badan.

Manfaat ginseng ini disebutkan bagus untuk kurangi infeksi pada saluran cerna. Meskipun begitu, efektifitas dan keamanan manfaat ginseng amerika sebagai penyembuhan belum juga tahu dan perlu ditelaah selanjutnya.

Beberapa Manfaat Ginseng Korea

Tidak seperti ginseng amerika, ginseng korea diperhitungkan mempunyai semakin banyak manfaat. Berikut ialah beberapa keadaan yang dapat ditangani oleh ginseng korea:

1. Menangani masalah ereksi

Masalah Ereksi - Manfaat Ginseng

Sebuah penelitian memperlihatkan jika konsumsi suplemen atau obat herba yang memiliki kandungan konsentrat ginseng korea sejumlah 1.000 mg selama 8 minggu, bisa membenahi permasalahan disfungsi ereksi pada pria.

Study itu mengatakan jika ginseng bisa tingkatkan produksi senyawa oksida nitrat yang berperan untuk memperlancar saluran darah pada penis, hingga membuat penis lebih gampang ereksi. Ini yang biasanya dipakai untuk menjadi alternatif para lelaki.

2. Tingkatkan stamina dan performa seksual pria

Meningkatkan stamina seksual - Manfaat Ginseng

Tidak cuman untuk menangani disfungsi ereksi, ginseng sudah dipakai lama untuk tingkatkan stamina dan performa seksual pria dan menyembuhkan ejakulasi awal. Dengan mengkonsumsi ginseng, stamina yang ada akan terkumpul kembali, sehingga dapat beraktifitas kembali atau juga dapat mempertahankan dalam hal seksual.

Ginseng korea bisa berperanan sebagai perangsang untuk kesehatan seksual pria dengan memberikan energi saat sedang kecapekan dan tingkatkan hormon testosteron. Ginseng korea berguna juga untuk membenahi kualitas dan produksi sperma, hingga dapat tingkatkan kesuburan pria.

3. Meringankan tanda-tanda menopause

menopause - Manfaat Ginseng

Ginseng korea digunakan sebagai salah satunya terapis alternatif untuk membantu tanda-tanda menopause. Ini sangat membantu untuk penurunan secara alami pada hormon reproduksi saat  seorang wanita yang usianya sudah mencapai 40-an atau 50-an

Studi mengatakan jika wanita menopause yang konsumsi konsentrat ginseng korea beresiko lebih rendah alami permasalahan kesehatan berkaitan menopause, seperti penurunan keinginan seksual, menurunnya kepadatan tulang, dan peralihan kondisi hati.

4. Memelihara peranan otak

Peranan otak - Manfaat Ginseng

Beberapa lansia lebih rawan mengalami penurunan peranan otak, contohnya pikun dan susah fokus, karena unsur penuaan. Untuk kurangi resiko berlangsungnya permasalahan pada otak, beberapa lansia dapat konsumsi ginseng korea. Karena ini sangat berpengaruh kepada para lansia yang sudah mulai kembali lagi seperti anak kecil yang manja.

Studi mengatakan jika konsentrat ginseng korea yang kaya antioksidan serta anti radang berguna untuk memelihara peranan dan kesehatan otak. Tanaman herba ini baik dimakan untuk kurangi resiko berlangsungnya permasalahan pada otak lanjut usia, seperti demensia, penyakit Parkinson, dan stroke. Manfaat ginseng ini dapat semakin optimal, bila digabungkan dengan suplemen ginkgo biloba.

5. Mengobati penyakit paru-paru

Ginseng - Manfaat Ginseng

Ginseng korea dijumpai mempunyai efek anti radang, anti-oksidan, dan antibakteri. Bermacam efek itu jadikan tanaman ini bagus untuk menangani permasalahan pada paru-paru, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan bronkitis kronis.

Penelitian juga mengatakan jika ginseng bisa kurangi infeksi pada paru-paru dan membenahi penyempurnaan jaringan paru.

6. Menambah daya tahan badan

Menambah daya tahan Tubuh - Manfaat Ginseng

Sama dengan ginseng amerika, ginseng korea baik dimakan untuk tingkatkan ketahanan badan. Manfaat ginseng korea ini bagus untuk mencegah Anda terserang pilek atau flu.

Tidak hanya bermacam keadaan di atas, ada banyak manfaat ginseng korea yang diklaim bagus untuk kesehatan, misalkan kurangi resiko kanker dan mencegah diabetes tipe 2.

Meskipun begitu, sama dengan manfaat ginseng amerika, bermacam klaim berkaitan manfaat ginseng korea itu masih tetap perlu ditelaah selanjutnya.

Hal yang Harus Jadi perhatian Saat sebelum Konsumsi Ginseng

Walau alami, konsumsi tanaman herba seperti ginseng korea dan ginseng amerika harus tetap waspada. Bila akan memanfaatkan ginseng sebagai pengobatan penyakit tertentu, Anda seharusnya konsultasi ke dokter lebih dulu.

Disamping itu, ginseng pun tidak aman dimakan oleh seluruh orang, khususnya orang yang mempunyai keadaan atau penyakit tertentu, karena akan mempengaruhi hal-hal yang tidak diinginkan sehingga dapat terjadi seperti penyakit di bawah ini, misalnya:

  • Insomnia
  • Penyakit jantung
  • Skizofrenia
  • Penyakit autoimun
  • Ibu hamil atau menyusui
  • Gangguan pembekuan darah
  • Kondisi yang sensitif terhadap hormon, seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker ovarium, fibroid rahim atau endometriosis
  • Pasien yang akan menjalani tindakan medis tertentu, seperti operasi atau bahkan transplantasi organ.

Ginseng, baik ginseng amerika atau ginseng korea, pun tidak disarankan untuk dikasih ke bayi, anak-anak, dan orang yang konsumsi beberapa obat tertentu. Konsumsi beberapa obat berbarengan dengan ginseng dikuatirkan bisa memunculkan dampak interaksi obat.

Pada umumnya, ginseng baik dimakan sebagai suplemen tambahan untuk memelihara kesehatan. Tetapi, manfaat ginseng sebagai pengobatan atau penghambatan penyakit masih perlu ditelaah selanjutnya.

Baca Juga: Manfaat Kayu Manis bagi Tubuh Kita

Bila Anda ingin konsumsi ginseng untuk menangani penyakit tertentu, seharusnya tanyakan dahulu sama dokter. Begitupun jika Anda ingin konsumsi ginseng saat lagi jalani pengobatan dari dokter.