Daun kenikir memang tak popular seperti sayuran lainnya, namun siapa sangka manfaat daun kenikir sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Ingin tau manfaat daun kenikir ini? Simak ulasan berikut ini ya!

Baca Juga: Penyakit Hernia Tidak Berbahaya Namun Anda Harus Mencegahnya

Daun kenikir sering digunakan untuk lalapan tambahan selain sambal, dan dipercaya terdapat beragam manfaat yang terkandung dalam kenikir. Manfaat Daun Kenikir juga bisa sebagai tanaman obat, yang dapat mencegah beberapa penyakit tertentu, seperti hipertensi, osteoporosis hingga penyakit diabetes.

Apa saja kandungan nutrisi dalam daun kenikir?

Manfaat Daun Kenikir atau memiliki nama lain Cosmos caudatus ini merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Amerika Latin, namun kenikir juga dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara.

Selain mengandung mineral serta berbagai vitamin, kenikir juga penting untuk mencukupi nutrisi kebutuhan tubuh. Berdasarkan data dari Panganku.org, pada kadar 100 gram daun kenikir terdapat beragam kandungan gizi sebagai berikut:

  • Air: 87.6 gram
  • Energi : 45 kalori
  • Protein: 3.7 gram
  • Lemak: 0.5 gram
  • Beta-Karoten: 30,200 mcg
  • Karoten Total: 12 mcg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.50 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.30 mg
  • Niacin: 4.5 mg
  • Karbohidrat: 6.6 gram
  • Serat pangan: 5.8 gram
  • Kalsium: 328 mg
  • Fosfor: 65 mg
  • Zat besi: 2.7 mg
  • Natrium: 6 mg
  • Kalium: 431.0 mg
  • Tembaga: 0.10 mg
  • Zink: 0.6 mg

Beragam Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan

Daun kenikir merupakan satu diantara makanan sehat yang ada saat ini, dengan kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya membuat kenikir dijadikan teman makan sebagai lalapan. Selain sebagai makanan, kenikir juga mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Tanaman ini memiliki fisik yang kecil, namun memiliki khasiat seperti tanaman obat lainnya. Dengan pengolahan yang benar, tanaman ini bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh Anda. Nah, apa saja manfaat daun kenikir tersebut? Dan bagaimana cara mengkonsumsi kenikir dengan tepat?

Berikut ini adalah berbagai manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh:

1. Dapat mencegah penyakit kronis

Dapat mencegah penyakit kronis - Manfaat daun kenikir

Manfaat daun kenikir penting untuk tubuh karena dapat mencegah berbagai penyakit kronis seperti, penyakit jantung hingga kanker. Perihal ini dikarenakan pada daun kenikir terdapat antioksidan yang cukup tinggi untuk membasmi sel-sel jahat yang ada didalam tubuh.

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bekerja mencegah efek buruk dari serangan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh. Jika tidak dihentikan, biasanya radikal bebas ini dapat dengan mudah berkembang menjadi berbagai penyakit kronis. Jika sudah terlanjur bahkan dapat sulit disembuhkan dan bisa menyebabkan kematian.

Sayuran ini termasuk salah satu penyumbang antioksidan yang baik dan mudah diperoleh. Berdasarkan data dari penelitian Global Journal of Pharmacology, dari kurang lebih 37 macam sayuran mentah yang diteliti, ternyata daun kenikir atau biasa disebut ulam raja ini mengandung cukup tinggi jenis antioksidan flavonoid.

Maka jangan lupa untuk mencicipi daun kenikir yang banyak manfaat ini ya!

2. Dapat mencegah gangguan pencernaan

Dapat mencegah gangguan pencernaan - Manfaat daun kenikir

Selain bisa mencegah berbagai penyakit kronis, Manfaat Daun Kenikir kata peneliti meyakini bahwa antioksidan yang ada pada kenikir juga bisa mencegah gangguan pada sistem pencernaan. Antioksidan yang ada ini setelah melalui penelitian terbukti bisa memperkuat daya tahan tubuh supaya terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh perkembangan radikal bebas dalam tubuh.

Walaupun sebenarnya tubuh manusia dapat memproduksi antioksidan sendiri, tidak ada salahnya bila mengkonsumsi sayuran ini untuk menambah pasokan senyawa tersebut bukan?

Dengan adanya tambahan suplai dari kenikir ini dapat membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari luar tubuh. Tentu hal ini sangat baik dan sangat dibutuhkan bagi manusia.

3. Dapat mencegah penyakit hipertensi

Dapat mencegah penyakit hipertensi - Manfaat daun kenikir

Manfaat Daun Kenikir atau ulam raja ini dipercaya bisa juga untuk menurunkan resiko penyakit hipertensi atau sering dikenal sebagai tekanan darah tinggi. Hal ini telah terbukti melalui berbagai penelitian yang dilakukan para ahli, salah satunya dengan dikeluarkannya Journal of Research in Medical Sciences.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak kenikir bisa membantu menghambat peningkatan frekuensi detak jantung manusia, tentu hal ini di uji cobakan terhadap hewan. Dikarenakan kenikir mempunyai efek diuretic atau kemampuan untuk menambah pembuangan garam yang berasal dari tubuh kita. Sehingga kelebihan garam yang merupakan penyebab hipertensi bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi daun ulam raja ini secara rutin. Berdasarkan uji coba tersebut juga disimpulkan bahwa efek diuretic yang ada pada sayuran ini setara pada efek diuretic yang berasal dari obat-obatan antihipertensi.

4. Dapat menurunkan risiko penyakit diabetes

Dapat menurunkan risiko penyakit diabetes - Manfaat daun kenikir

Pada jurnal yang sama juga menyebutkan kenikir juga bisa untuk menurunkan risiko penyakit diabetes. Dikarenakan pada jurnal tersebut peneliti menyebutkan bahwa juga menemukan adanya penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan pada uji hewan yang obesitas.

Efek antidiabetes pada kenikir berasal dari senyawa yang bisa menghambat penyerapan glukosa pada sistem pencernaan tubuh manusia. Lebih lanjut, manfaat daun kenikir ini juga bisa mengelola kadar hiperglikemia atau sering dikenal kadar gula darah yang terlampau banyak di dalam tubuh.

5. Dapat mencegah osteoporosis

Dapat mencegah osteoporosis - Manfaat daun kenikir

Penyakit osteoporosis ini adalah penyakit rentan yang biasa terjadi di usia lanjut. Namun, kenikir ternyata bisa untuk membantu mencegah penyakit ini yang ada pada perempuan yang sudah menopause.

Perihal ini dikarenakan daun kenikir bisa melindungi kondisi dan fungsi tulang pada awalnya. Hal ini bisa dibuktikan pada penelitian yang dilakukan kepada beberapa hewan uji coba yang telah mengalami pengeroposan tulang.

Selama kurang lebih 2 bulan, setelah dilakukan penyuntikan zat ekstrak dari kenikir hewan-hewan ini mengalami kondisi yang membaik secara bertahap. Walaupun memang waktu yang dibutuhkan cukup lama, tidak menutup kemungkinan dapat berlangsung signifikan bila terjadi pada manusia.

Selain susu yang kaya akan kalsium ternyata manfaat daun kenikir lainnya juga bisa untuk mendukung perkembangan serta perbaikan keadaan tulang pada tubuh.

Baca Juga: Segudang Manfaat Jambu Biji yang Banyak Membantu untuk Kesehatan

Cara Mengonsumsi Daun Kenikir yang Baik

Manfaat daun kenikir sebagai sumber antioksidan terbaik menjadikan tanaman ini digemari masyarakat, selain dimakan kenikir juga dapat dijadikan jus atau yang lainnya.

Bagaimanapun proses yang dilalui, alangkah baiknya Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mengolah daun kenikir, untuk dimakan atau diolah menjadi jus. Hal ini supaya daun bersih dari kuman atau pun sisa-sisa pestisida yang kemungkinan masih menempel bebas pada daun tersebut.

Jadi, tetap waspada ya dalam mengolah beberapa sayur atau buah yang ada. Utamakan kesehatan Anda adalah point terpenting!

Alih-alih ingin sehat malah sakit kemudian, tentu hal tersebut tidaklah baik bukan? Keep Healthy!