Asam jawa merupakan buah yang sudah biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti untuk bumbu masak atau bahan jamu tradisional. Tidak hanya itu saja, manfaat asam jawa untuk kesehatan sangat banyak. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang terdapat dalam buah asam.

Baca Juga: Inilah Obat Flu Alami yang Mudah Didapat dan Dibuat Sendiri di Rumah

Ketika masih muda buah ini berwarna hijau dan rasanya sangat asam. Namun, setelah matang berubah menjadi coklat serta daging menjadi lunak karena mengandung air sehingga mirip dengan pasta.  Selain warnanya yang berubah, saat sudah matang buah asam ini akan bertambah manis. Itulah yang menjadikan rasanya unik karena terdapat rasa asam dan manis.

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat asam jawa tidak sedikit. Untuk penjelasan selengkapnya bisa simak tulisan berikut!

1. Mampu Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Jantung - Manfaat Asam Jawa

Buah yang terkenal asam ini mengandung 3 mineral yang dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah dapat mengontrol tekanan darah. 

a. Kalsium

Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa asupan kalsium dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik. Terlebih bagi orang yang masih muda.

b. Potasium

Kandungan mineral asam jawa berikutnya adalah potasium. Potasium ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan normal dalam tubuh. Di mana cairan normal tersebut adalah pengontrol aliran darah. Selain itu, kandungan ini juga penting dalam melakukan sinyal listrik pada sistem saraf sekaligus mencegah detak jantung yang tidak beraturan.

c. Magnesium

Selain kalsium dan potasium, asam  jawa juga mengandung magnesium yang bermanfaat untuk membuat pembuluh  darah menjadi rileks. Jantung adalah organ tubuh yang paling banyak membutuhkan magnesium. Jadi, jika kebutuhan tersebut tidak tercukupi maka jantung tidak dapat berfungsi dengan baik.

2. Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh

Menurunkan Gula Darah - Manfaat Asam Jawa

Manfaat asam jawa yang dapat dipetik adalah untuk menurunkan gula darah dalam tubuh. Kendati ada rasa manisnya berbeda dengan gula pada umumnya. Faktanya ekstrak asam jawa dapat membantu menurunkan gula darah dalam tubuh dan mengurangi lemak yang terdapat pada organ hati.

Selain itu asam jawa adalah makanan yang rendah dengan indeks glikemik sehingga cocok dikonsumsi penderita diabetes. Indeks glikemik merupakan tingkatan efek makanan setelah dikonsumsi yang berbasis karbohidrat terhadap gula darah.

3. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Saluran Pencernaan - Manfaat Asam Jawa

Kandungan serat yang terdapat dalam buah asam mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Pasalnya asam jawa dapat menetralkan frekuensi buang air besar. Serat  tersebut dapat melunakkan feses sehingga dapat terhindar dari sembelit. Sebaliknya saat diare asam jawa dapat berfungsi sebagai pencegah buang air yang terlalu sering.

4. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol - Manfaat Asam Jawa

Mampu membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh adalah salah satu manfaat asam jawa. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa buah satu ini dapat membantu membersihkan arteri dari kolesterol LDL dan trigliserida hewan. 

Pengurangan kolesterol yang terjadi karena adanya perubahan protein dalam darah yang membantu proses pengolahan gizi dari makanan. Selain itu juga dapat membantu melindungi jantung.

5. Membantu Menyehatkan Otak

Mencerdaskan Otak - Manfaat Asam Jawa

Manfaat asam jawa yang bisa diambil karena kandungan vitamin B yang terdapat dalam buah tersebut. Vitamin ini sangat penting untuk kebutuhan otak seperti fungsi otak, sintetis hingga perbaikan DNA/RNA dan regulasi gen. 

Menurut sebuah studi, peran aktif vitamin B untuk kesehatan otak bisa dilihat karena kemampuannya saat diangkut melintasi penghalang darah otak. Saat itu vitamin B melakukan proses sintesis neurokimiawi.

6. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kekebalan Tubuh - Manfaat Asam Jawa

Antioksidan yang terdapat dalam tanaman Tamarindus Indica dapat membantu mengurangi resiko penyakit kronis. Antioksidan dapat menghambat kerusakan dan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Di mana radikal bebas terbentuk pada metabolisme tubuh normal karena faktor lingkungan seperti polutan.

Polifenol dalam asam jawa adalah senyawa tanaman yang memiliki sifat antioksidan tinggi. Senyawa tersebut dapat mengurangi stress oksidatif dan mungkin berpotensi mengurangi resiko pada kondisi tertentu. Misalnya kanker, diabetes, penyakit jantung dan lain-lain.

7. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kepadatan Tulang - Manfaat Asam Jawa

Manfaat asam jawa bisa didapatkan karena banyaknya kandungan pada buah berasa asam tersebut. Nutrisi yang terdapat di dalamnya berkontribusi dalam meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga agar seluruh kerangka tetap kuat. Kandungan yang membantu kesehatan tulang yaitu:

a. Fosfor

85 persen fosfor tubuh terdapat di dalam tulang dalam bentuk kalsium fosfat. Nah, jika kekurangan asupan fosfor dapat mengakibatkan tulang menjadi lemah dan lunak. Oleh karena itu konsumsi asam jawa dapat membantu asupan fosfor agar tulang dapat tumbuh dengan baik.

b. Potasium

Tidak hanya berguna dalam menjaga kesehatan jantung, potasium juga dapat, menjaga kadar kalsium dan kehilangan urine dalam tubuh. Kekurangan potasium dapat berdampak tidak baik pada tulang yaitu penipisan kalsium tulang.

c. Magnesium

National Institutes of Health mengungkapkan salah satu manfaat asam jawa adalah berkontribusi meningkatkan kepadatan tulang. Selain itu, juga dapat mengurangi risiko osteoporosis bagi perempuan yang sudah menopause. Dalam tulang mengandung sekitar 50-60 persen magnesium

8. Melawan Bakteri dan Virus

Melindung Dari Bakteri dan Virus - Manfaat Asam Jawa

Beberapa senyawa yang terdapat di dalam asam jawa memiliki sifat antimikroba yang sudah terbukti bisa melawan bakteri dan virus. Zaman dulu, tanaman ini telah dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi malaria, disentri dan permasalah pada pernapasan.

Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak asam jawa efektif terhadap bacillus subtilis. Sedangkan asam jawa yang terdapat dalam atsiri dapat mengatasi bakteri yang berbeda. 

9. Membantu Perkembangan Otot

Menambah Kekuatan - Manfaat Asam Jawa

Manfaat asam jawa juga dapat membantu perkembangan otot. Hal ini dikarenakan buah berasa asam tersebut mengandung vitamin B kompleks yang dipercaya dapat membantu mengembangkan otot menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu, namun juga dapat meningkatkan fungsi saraf. 

10. Menurunkan Berat Badan

Turun Berat Badan - Manfaat Asam Jawa

Penelitian yang dilakukan oleh Scientia Pharmaceutica menemukan ekstrak asam jawa dapat membantu menurunkan berat badan. Pada buah tersebut mengandung senyawa unik disebut trypsin inhibitors yang dapat mengurangi rasa lapar. Tidak hanya menahan rasa lapar, tetapi dapat meningkatkan pelepasan neurotransmitter serotonin. 

11. Mengatasi Flu

Menyembuhkan Flu - Manfaat Asam Jawa

Sifat antihistamin yang terdapat dalam asam jawa bisa membantu meredakan flu dan pilek. Di mana kondisi tersebut biasanya dipicu oleh alergi dan virus. Sehingga gangguan asma dan pilek dapat teratasi dengan minum ekstrak buah ini.

Keuntungan Mengkonsumsi Asam Jawa untuk Kecantikan

Gambar 6

Selain untuk kesehatan, asam jawa juga telah berkontribusi dalam dunia kecantikan. Adapun beberapa manfaat asam jawa untuk kecantikan adalah sebagai berikut.

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat asam jawa untuk wajah yaitu sebagai pencegah terjadinya penuaan dini. Ini disebabkan buah coklat tersebut mengandung banyak vitamin, serat, dan antioksidan yang mampu membantu menyehatkan kulit wajah. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut bisa dengan cara mencampur asam jawa dengan madu hingga membentuk pasta. Lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker wajah. Gunakan secara teratur pada bagian wajah yang mengalami penuaan dini. Jika rutin, maka hasilnya dapat dilihat.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Walaupun asam, namun buah ini dapat digunakan sebagai salah satu masker wajah yang membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga wajah tampak cerah dan lebih muda. Pasalnya, asam jawa mengandung alpha-hidroksi asam yang baik untuk proses pengelupasan kulit.

Untuk mengaplikasikan ke wajah yaitu dengan mengambil beberapa biji asam dan campur dengan satu sendok garam. Oleskan pada seluruh wajah secara perlahan. Diamkan beberapa menit, maka kulit mati pada wajah akan mengelupas. Gunakan cara ini secara teratur untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. 

3. Dapat Memutihkan Kulit Wajah

Tidak perlu membeli obat pemutih untuk mendapatkan wajah yang putih dan bersinar. Gunakan asam jawa untuk mencerahkan bagian wajah yang tampak gelap. 

Caranya masukkan beberapa asam jawa ke dalam wadah, lalu tambahkan air panas. Aduk-aduk hingga menjadi ekstrak lalu bubuhkan bubuk kunyit. Campurkan hingga merata lalu oleskan ke seluruh bagian waja. Diamkan selama 15 menit. Lalu cuci wajah menggunakan air hingga bersih.

4. Mengatasi Masalah Jerawat

Tak kalah penting, manfaat asam jawa untuk kecantikan adalah mengatasi masalah jerawat. Hampir setiap orang merasa terganggu dengan keberadaan jerawat tersebut. Untuk mengatasinya bisa memanfaatkan buah berasa asam ini.

Baca Juga: Wajib Baca! Makanan Pantangan Kolesterol Harus Dihindari

Manfaat asam jawa sangat banyak, sehingga tidak ada salahnya jika menggunakan buah ini untuk mengatasi masalah kecantikan dan kesehatan. Jika tidak ingin repot bisa menggunakan ekstraknya yang ada di pasaran, namun akan lebih efektif buah yang asli.