Terdapat beberapa fungsi vitamin untuk tubuh yang dibutuhkan. Tubuh Anda membutuhkan banyak sekali jenis nutrisi agar bisa berjalan secara optimal, terutama dalam menunjang kinerja berbagai jenis organ tubuh Anda dan proses metabolisme tubuh.

Salah satu nutrisi penting yang tubuh Anda butuhkan adalah vitamin. Tidak hanya satu jenis saja, namun tubuh Anda membutuhkan berbagai jenis vitamin yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda bagi tubuh Anda. Vitamin tersebut diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Baca Juga: Wajah Berjerawat? Cek Kembali Pola Makan Anda!

Secara garis besar, vitamin-vitamin tersebut terbagi dalam dua kategori utama, yaitu vitamin yang larut di dalam lemak dan vitamin yang larut di dalam air. Jenis vitamin yang larut di dalam lemak adalah vitamin A, vitamin E, vitamin D, serta vitamin K. Kelebihan jenis vitamin ini di kemudian hari akan disimpan oleh tubuh di dalam lemak dan organ hati.

Oleh sebab itu, konsumsi vitamin jenis larut lemak ini perlu Anda perhatikan karena apabila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, akan menimbulkan resiko toksisitas bagi tubuh Anda.

Sedangkan vitamin yang larut di dalam air adalah vitamin C dan vitamin B. Kelebihan jenis vitamin ini di kemudian hari tidak akan disimpan dalam tubuh seperti jenis vitamin sebelumnya, melainkan akan dibuang melalui urin dan feses. 

Lalu, apa saja sih fungsi vitamin-vitamin tersebut untuk tubuh Anda? Lalu, makanan apa saja yang kaya akan kandungan masing-masing vitamin tersebut? 

Simak penjelasannya Fungsi Vitamin berikut ini:

1. Fungsi Vitamin A

Fungsi Vitamin A

Siapa yang tidak tahu fungsi vitamin yang satu ini? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan vitamin ini. Fungsi dari vitamin A yang paling populer adalah kegunaannya untuk memelihara kesehatan mata seperti mencegah rabun senja, mencegah kerusakan kornea dan kebutaan. Namun demikian, vitamin A tidak hanya berfungsi untuk memelihara kesehatan mata saja.

Beberapa fungsi lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga tumbuh kembang janin, serta kesehatan tulang dan gigi. Untuk memenuhi asupan vitamin A, Anda dapat mengkonsumsi makanan seperti wortel, daun bayam, telur ayam, pepaya, melon, dan produk ikan. 

Selain bersumber dari makanan, vitamin A juga dapat diberikan dalam bentuk suplementasi. Pemerintah melalui kementerian kesehatan telah memiliki program untuk memberikan suplementasi vitamin A gratis bagi anak balita setiap bulan Februari dan Agustus melalui berbagai fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan posyandu. Upaya ini dilakukan pemerintah untuk menanggulangi permasalahan defisiensi vitamin A yang banyak terjadi pada balita.

2. Fungsi Vitamin B

Fungsi Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin yang yang cukup kompleks karena memiliki 8 (delapan) jenis fungsi vitamin. Delapan jenis vitamin B tersebut diantaranya adalah thiamine (B1), riboflavin (B2), niacinamide (B3), pantothenic acid (B5), pyridoxine (B6), biotin (B7), asam folat (B9), dan cobalamin (B12). Semua jenis vitamin B ini memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh Anda.

Fungsi dari vitamin B kompleks ini diantaranya untuk menjaga kesehatan syaraf, memproduksi sel darah merah, meningkatkan fungsi otak, mencegah timbulnya infeksi, memelihara pencernaan, dan meningkatkan energi tubuh Anda. Anda dapat memenuhi asupan vitamin B kompleks dengan mengkonsumsi produk susu sapi dan turunan olahannya, buncis, telur ayam, pisang, semangka, dan kacang merah. 

3. Fungsi Vitamin C

Fungsi Vitamin C

Siapa yang tidak mengenal vitamin C? Vitamin C adalah vitamin yang paling populer diantara vitamin yang lain karena banyak produk olahan makanan yang diklaim mengandung tinggi vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi yang penting bagi tubuh untuk proses pertumbuhan dan perbaikan tulang, gigi, dan kulit. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang mencegah radikal bebas, mempercepat regenerasi luka dan melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Salah satu tanda yang sering ditemui apabila Anda kekurangan vitamin C adalah munculnya sariawan dan gusi berdarah. Anda dapat memenuhi asupan vitamin C dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan seperti jambu biji, jeruk, lemon, kiwi, tomat, dan stroberi, serta sayuran seperti paprika yang kaya akan vitamin C.

4. Fungsi Vitamin D

Fungsi Vitamin D

Vitamin D adalah jenis vitamin yang unik apabila dibandingkan dengan jenis vitamin lainnya. Hal ini dikarenakan vitamin D dapat dihasilkan oleh tubuh Anda secara natural pada saat tubuh Anda terpapar sinar matahari. Oleh sebab itu, berjemur pada pagi hari dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh Anda.

Selain didapatkan dari paparan sinar matahari, Fungsi Vitamin D juga bisa Anda dapatkan pula melalui konsumsi makanan seperti produk ikan-ikanan, telur ayam bagian kuningnya, dan produk susu. Fungsi Vitamin D mengambil peran penting pada kesehatan tulang.

Fungsinya antara lain untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh Anda. Selain itu, vitamin D juga mencegah penyakit yang menyerang pada organ tulang Anda seperti rakhitis, pengeroposan tulang (osteoporosis), dan osteomalacia.

5. Fungsi Vitamin E

Fungsi Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat meminimalisir kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain itu, vitamin E juga memiliki fungsi yang penting untuk menjaga imunitas tubuh, memperlancar peredaran darah, dan mencegah terjadinya pembekuan darah.

Beberapa penelitian juga mengungkap fungsi vitamin E lainnya seperti mencegah beberapa penyakit seperti kanker, jantung, dan hipertensi. Anda dapat memenuhi asupan vitamin C dengan mengkonsumsi telur ayam, sayur mayur hijau, produk kacang-kacangan, dan produk minyak nabati.

6. Fungsi Vitamin K

Vitamin K adalah vitamin yang memiliki fungsi utama dalam membantu proses pembekuan darah. Oleh sebab itu, ciri-ciri utama yang dialami orang yang mengalami kekurangan vitamin K adalah akan lebih sering mengalami perdarahan yang sulit dihentikan karena kurangnya nutrisi yang membantu proses pembekuan darah. Selain itu, apabila Anda kekurangan vitamin K juga akan mudah mengalami memar.

Namun demikian, kasus kekurangan nutrisi vitamin K ini cenderung banyak terjadi pada bayi yang baru lahir dibandingkan dengan anak-anak maupun orang dewasa. Anda dapat memenuhi asupan vitamin K dengan mengkonsumsi sayuran seperti brokoli, lobak, dan kubis serta buah-buahan seperti kiwi, delima, anggur, dan alpukat. Selain itu, vitamin K juga ditemui pada produk daging, ikan, dan telur ayam, meskipun dalam jumlah kecil.

Nah, sekarang Anda sudah mengerti ‘kan mengenai fungsi dari vitamin-vitamin tersebut bagi tubuh Anda? Sangat penting, bukan?

Baca Juga: Batasan Masalah Kesehatan Konsumsi Gula, Garam, dan Lemak untuk Kesehatan

Yuk, jaga pola hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur guna memenuhi asupan nutrisi vitamin dan jangan lupa berolahraga. Terlebih lagi,  saat kondisi cuaca yang tidak menentu dan bahkan kondisi pandemi saat ini.

Kebutuhan vitamin yang cukup sangat Anda perlukan untuk menjaga kondisi imun Anda. Utamakan asupan vitamin yang berasal dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Namun demikian, jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan dokter apabila Anda membutuhkan saran mengenai konsumsi suplementasi vitamin tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.