Bila minum obat sakit gigi biasa-biasa saja tidak efektif, Anda kemungkinan perlu antibiotik untuk menyembuhkan sakit gigi. Tetapi, antibiotik cuma akan diresepkan dokter bila sakit gigi Anda dikarenakan infeksi. Pertanda infeksi pada gigi adalah gusi yang lebam meradang, serta ada kantung nanah (abses). Apa pilihan antibiotik untuk sakit gigi yang biasa diresepkan dokter?

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Zaitun Beserta Tips Mengkonsumsinya

Daftar Pilihan Antibiotik untuk Obat Sakit Gigi

Antibiotik memiliki peranan untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan karena bakteri. Obat ini terdiri menjadi beberapa kelompok atau kelas. Tiap kelompok antibiotik mempunyai langkah kerja yang tidak sama untuk menantang bakteri pemicu infeksi.

Tetapi, pada umumnya Obat Sakit Gigi antibiotik bekerja melawan, memperlambat, dan membunuh perkembangan bakteri jahat pada tubuh. Menyembuhkan kerusakan gigi adalah poin utama untuk menahan kompleksitas. Oleh karena itu diperlukan antibiotik untuk membunuh infeksi.

Ada banyak opsi obat antibiotik untuk menahan infeksi. Berikut beberapa macam antibiotik yang kerap diresepkan dokter untuk menyembuhkan sakit gigi karena infeksi:

1. Amoxicillin

Amoxicillin - Obat sakit gigi

Salah satunya antibiotik yang seringkali diresepkan untuk menyembuhkan sakit atau infeksi gigi ialah amoxicillin. Amoxicillin adalah antibiotik yang masuk ke barisan penisilin. Obat sakit gigi ini bekerja membunuh bakteri pemicu infeksi pada tubuh atau menahan perkembangannya.

Dokter bisa memberi resep antibiotik ini sendiri atau dipadukan dengan antibiotik tipe yang lain. Tetapi saat sebelum minum obat ini, pastikan beritahu dokter jika Anda memiliki alergi pada antibiotik kelompok penisilin atau obat tipe apa saja.

2. Metronidazol

Metronidazol - Obat sakit gigi

Metronidazole termasuk dalam kelas antibiotik nitroimidazole yang diresepkan untuk kelompok bakteri tertentu. Obat ini kadang diberikan dengan antibiotik kelompok penisilin untuk menangani sakit gigi.

Tiap orang kemungkinan memperoleh jumlah metronidazole yang tidak sama. Umumnya jumlah obat disamakan dengan umur, keadaan kesehatan, respon badan pasien pada pengobatan.

Antibiotik untuk sakit gigi ini akan bekerja maksimal jika dipakai teratur seperti yang disarankan dokter. Oleh karenanya, minum obat sakit gigi ini di saat yang sama tiap hari. Jika Anda merasa mual, Anda dapat minum obat ini bersama-sama dengan makanan atau satu gelas susu.

Anda jangan minum minuman mengandung alkohol selama minum metronidazole. Masalahnya alkohol bisa mengakibatkan permasalahan pada lambung dan membuat keadaan Anda makin buruk.

3. Erythromycin

Erythromycin - Obat sakit gigi

Erythromycin (eritromisin) bisa diresepkan dokter jika Anda mempunyai alergi pada antibiotik kelompok penisilin. Obat ini masuk ke kelompok antibiotik makrolida. Sama dengan obat antibiotik untuk sakit gigi yang lain, eritromisin bekerja melawan dan menghentikan perkembangan bakteri dalam mulut yang menimbulkan sakit gigi.

Obat ini seharusnya diminum saat sebelum makan. Pasalnya , obat ini makin lebih mudah diserap saat lambung Anda pada kondisi kosong. Namun bila Anda merasa mual, Anda dapat konsumsi obat ini sekalian makan atau minum susu.

Obat sakit gigi ini aman untuk dikonsumsi ibu hamil menurut Lembaga kesehatan. Tetapi, tidak boleh ragu konsultasi ke dokter untuk pastikan keamanan minum obat ini bila Anda sedang hamil atau menyusui.

4. Clindamycin

Clindamycin - Obat sakit gigi

Jika antibiotik kelompok penisilin atau eritromisin tidak efektif untuk menyembuhkan sakit gigi Anda, dokter bisa memberi resep clindamycin.

Clindamycin adalah obat yang masuk kelompok antibiotik lincomycin. Obat ini kerap dipakai untuk menyembuhkan jerawat. Tetapi, dokter dapat memberi resep obat ini untuk menangani sakit gigi. Obat ini ada dalam banyak wujud, seperti kapsul, sirup, gel, dan lotion.

Minumlah obat ini dengan sendok takar yang ada dalam boks paket jika dokter memberi resep obat ini berbentuk sirup. Jauhi gunakan sendok makan biasa untuk minum obat ini, ya!

Hentikan pemakaian obat sakit gigi ini dan selekasnya kontrol ke dokter jika Anda alami efek yang serius. Beberapa salah satunya seperti diare berdarah, mata atau kulit menguning, kesusahan buang air kecil, dan reaksi alergi yang kronis.

5. Tetracycline

Tetracycline - Obat sakit gigi

Obat antibiotik tetracycline bisa juga dipakai untuk menyembuhkan sakit gigi karena penyakit gusi (periodontitis). Obat sakit gigi ini bekerja maksimal jika diminum pada kondisi perut kosong.

Minum obat ini sampai habis sesuai waktu konsumsi yang sudah diresepkan dokter. Menghentikan pengobatan tanpa izin dokter bisa membuat infeksi yang Anda alami makin kronis.

Jika Anda melewatkan satu jumlah obat dan jarak waktu konsumsi obat selanjutnya masih lama, minum obat ini secepatnya. Tetapi, jika sudah dekati waktu jumlah selanjutnya, Anda dapat melalui jumlah yang terlewatkan dan kembali pada jadwal obat biasa.

6. Azithromycin

Azithromycin - Obat sakit gigi

Macam antibiotik untuk sakit gigi yang ini memiliki langkah kerja yang bisa menantang bermacam jenis bakteri sekalian menghentikan perkembangannya. Azithromycin kemungkinan efisien untuk menyembuhkan beberapa infeksi gigi.

Tetapi, umumnya dokter akan memberi resep obat sakit gigi ini saat Anda memiliki alergi pada antibiotik jenis penisilin dan klindamisin. Jumlah dari tiap azithromycin adalah 500 mg tiap 24 jam dan harus dikonsumsi sepanjang tiga hari berturut-turut.

Anda tak boleh asal minum antibiotik

Anda jangan asal minum antibiotik untuk menangani sakit gigi. Bukannya cepat pulih, pemakaian antibiotik yang tidak pas malah membuat keadaan Anda makin lebih buruk.

Penting untuk dimengerti jika tidak seluruhnya permasalahan gigi dan mulut memerlukan penyembuhan menggunakan antibiotik. Biasanya antibiotik diperlukan jika:

  • Anda memperlihatkan pertanda infeksi gusi atau gigi. Mencakup demam tinggi, bengkak, pembengkakan, sampai ada abses pada bagian gigi yang memiliki masalah.
  • Anda mempunyai mekanisme ketahanan tubuh yang kurang kuat. Entahlah karena unsur umur atau punyai kisah klinis tertentu. Misalkan kanker, AIDS/HIV, diabetes, dan lain-lain.
  • Saat sebelum memberi resep obat antibiotik, dokter akan mengecek keadaan mulut Anda lebih dulu. Dokter akan memperhatikan gigi, gusi, dan rongga mulut Anda secara detail.

Sepanjang pengecekan, dokter umumnya akan bertanya seputar histori kesehatan dan rutinitas Anda menggosok gigi.

Pastikan Anda memberitahu dokter mengenai kisah klinis yang Anda punya. Diantaranya jika Anda miliki kisah alergi pada tipe antibiotik tertentu.

Disamping itu, beritahu dokter masalah beberapa obat yang teratur diminum tiap hari. Termasuk suplemen makanan, vitamin, obat bebas, obat resep dari dokter, sampai obat herbal.

Aturan minum antibiotik untuk sakit gigi

Minumlah obat antibiotik sesuai yang disarankan dokter. Agar obat sakit gigi bekerja lebih maksimal, minum obat di saat yang sama tiap harinya.

Anda jangan menambah atau mengurangi jumlah obat tanpa kesepakatan dokter. Jadi , tidak boleh berhenti minum obat antibiotik walau tanda-tanda yang Anda alami telah hilang atau keadaan Anda mulai lebih baik. Sebaliknya, selalu lanjutkan minum obat sesuai yang disarankan oleh dokter.

Pemakaian antibiotik tergolong untuk menangani sakit gigi disesuaikan dengan umur, keadaan kesehatan, keparahan penyakit, sampai respon pengobatan. Jauhi memberi obat ini pada seseorang, walau mereka mempunyai tanda-tanda yang serupa dengan Anda.

Harus dipahami, pemakaian antibiotik dengan asal-asalan bisa tingkatkan risiko kekebalan antibiotik. Kalau sudah seperti ini, penyakit yang Anda alami makin lebih susah untuk diobati. Maka hati-hatilah dalam memakai antibiotik.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak boleh ragu untuk menanyakan langsung ke dokter jika Anda belum memahami benar berkaitan langkah gunakan obat antibiotik. Tanyakan ke dokter jika Anda lupa seberapa banyak obat yang perlu diminum tiap harinya. Dokter akan suka hati untuk menjawab dan menerangkan pertanyaan yang Anda lontarkan.

Jika Anda alami keluh kesah tertentu, selekasnya lapor ke dokter. Dokter bisa mengganti jumlah atau tipe obat sakit gigi yang Anda minum.