Setiap orang tua wajib mengetahui apa saja obat demam anak. Pasalnya, demam jadi salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh setiap orang, termasuk anak-anak. Gangguan kesehatan ini dapat terjadi ketika kondisi tubuh anak sudah melewati batas normal. Umumnya, suhu tubuh normal pada anak berkisar pada 37 sampai 38 derajat celcius tergantung bagian tubuh yang dicek. 

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Tips Diet Sehat yang Aman Ini!

Apabila tubuh anak terasa lebih hangat daripada biasanya, bisa jadi hal ini akibat si anak terserang demam. Untuk mengukurnya, Anda bisa menggunakan termometer atau dites secara manual menggunakan telapak tangan yang ditempelkan pada dahi. Sebagai informasi, sebaiknya gunakan thermometer model digital yang lebih aman dibanding termometer yang berisi air raksa. Lalu, apa saja gejala dan obat demam anak yang efektif?

Gejala Demam Anak

Gejala Demam - Obat Demam

Ada banyak tanda atau gejala yang akan muncul saat anak terkena demam. Sebaiknya, para orang tua selalu menyimpan termometer digital untuk membantu mengecek kondisi kesehatan anak. Jika anak mengalami beberapa kondisi di bawah ini, sebaiknya para orangtua segera membawanya ke klinik terdekat.

  • Suhu tubuh yang diukur dari dubur menunjukkan angka 38 derajat celcius atau lebih. Aturan ini berlaku pada anak yang usianya kurang dari 3 bulan.
  • Suhu tubuh mencapai 38,8 derajat celcius pada anak yang sudah berusia 3 sampai 6 bulan.
  • Suhu tubuh diantara 38,8 sampai 3,4 derajat celcius pada anak yang berusia 6 bulan atau lebih.
  • Suhu tubuh lebih dari 3,4 derajat celcius pada anak yang sudah berusia 6 bulan ke atas.

Selain gejala-gejala di atas, ada beberapa tanda lain yang juga sering muncul saat anak mengalami demam. Berikut gejala umum pada anak ketika demam.

  • Diare dalam waktu yang lama.
  • Leher terasa kaku.
  • Muntah berkepanjangan.
  • Gangguan pernafasan
  • Kejang pada anak
  • Kulit terlihat lebih pucat
  • Menjadi malas beraktivitas dan tidak seaktif biasanya.
  • Suara yang melengking saat sedang menangis
  • Terdapat ruam yang muncul di kulit anak
  • Kehilangan nafsu makan
  • Lebih rewel dari biasanya.
  • Kepala terasa sakit
  • Sakit perut atau gangguan pencernaan
  • Anak merasa lemas dan malas bergerak
  • Gejala dehidrasi seperti mulut terasa kering dan tidak mengeluarkan air mata saat sedang menangis.

Penyebab Demam Anak

Gejala Demam - Obat Demam

Mengapa anak bisa demam? Apakah hal ini berhubungan dengan asupan nutrisinya? Atau anak yang terlalu aktif bermain di luar hingga menyebabkan masuknya virus ke dalam tubuh? Pertanyaan seperti ini umumnya muncul di benak para orangtua yang merasa khawatir saat sang anak terserang demam tiba-tiba.

Pada umumnya, sebagian besar demam yang dialami oleh anak-anak bukanlah suatu penyakit yang serius. Meski begitu, tetap saja para orangtua merasa khawatir dan segera mencari obat demam anak yang bisa segera menyembuhkannya. Demam pada anak umumnya terjadi akibat adanya infeksi virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh.

Untuk merespon masuknya virus ini, anak mengalami gangguan kesehatan berupa demam yang membantu melawan infeksi tersebut dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh anak. Secara garis besar, berikut dua penyebab utama dari demam anak.

1. Infeksi virus

Infeksi virus menjadi penyebab utama terbanyak yang sering dialami oleh anak-anak. Masuknya virus ini dapat menyebabkan banyak penyakit seperti flu, pilek, batuk, diare, dan masih banyak lagi. Namun terkadang, penyakit-penyakit tersebut bisa berubah menjadi lebih serius jika tidak segera ditangani dengan baik.

2. Infeksi Bakteri

Selain virus, bakteri juga menjadi penyebab utama anak mengalami demam. Meski tidak sesering infeksi virus, infeksi akibat bakteri harus lebih diwaspadai karena umumnya membawa penyakit yang cukup serius untuk anak. Jika bakteri masuk ke dalam tubuh anak, deretan penyakit seperti pneumonia, septicemia, meningitis, dan infeksi saluran kencing bisa dialami sang anak.

Obat Demam Anak yang Ampuh dan Efektif

Demam yang dipicu oleh bakteri memiliki indikasi beberapa penyakit berbahaya yang membutuhkan bantuan dari dokter untuk menyembuhkannya. Sedangkan demam ringan akibat virus umumnya bisa diatasi dengan obat-obatan yang memiliki kandungan parasetamol dan ibuprofen. Selain itu, para orangtua juga bisa memberikan pengobatan tradisional seperti mengkompres tubuh anak atau menggunakan obat-obatan herbal. Berikut beberapa obat demam anak yang bisa Anda coba.

1. Ibuprofen

Ibuprofen - Obat Demam

Salah satu obat demam pada anak yang paling banyak digunakan adalah ibuprofen. Fungsinya hampir mirip dengan paracetamol, ibuprofen ini dikenal efektif dalam menurunkan panas demam anak. Jenis obat ibuprofen dapat diberikan kepada anak yang sudah berusia minimal 6 bulan.

Tidak hanya ampuh dalam menyembuhkan demam anak, ibuprofen juga dapat membantu mengobati keseleo dan masalah artritis pada anak. Umumnya, pada anak dibawah usia 7 tahun akan diberikan ibuprofen dalam bentuk sirup atau cair, sedangkan pada usia di atas 7 tahun akan diberikan ibuprofen dalam bentuk kapsul atau tablet.

2. Parasetamol

Obat Demam

Semacam ibuprofen, paracetamol juga menjadi obat demam yang paling banyak digunakan dan ampuh untuk menyembuhkan demam pada anak. Paracetamol sering digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, nyeri, dan demam. Untuk anak yang masih berusia di bawah 2 tahun, parasetamol harus diberikan dengan berdasar pada resep dari dokter. Dosis pemberian harus sesuai dengan petunjuk yang terdapat di label obat.

3. Jahe

Jahe - Obat Demam

Berbicara tentang obat demam alami, jahe tentu masuk ke dalam salah satu tanaman herbal yang ampuh menyembuhkan demam pada anak. Jahe memang sudah sangat populer dan dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sifat antibakteri pada jahe dikenal efektif dalam menyembuhkan demam, batuk, dan berbagai penyakit lain. Anda dapat membuatkan teh jahe atau minuman herbal lain yang terbuat dari jahe. Agar khasiatnya semakin terasa, Anda bisa menambahkan madu asli sebagai variasinya.

4. Chamomile

Chamomile - Obat Demam

Tanaman satu ini memang masih sedikit asing dan cukup sulit ditemukan di daerah pedalaman atau desa. Teh chamomile bisa digunakan sebagai obat demam alami yang dapat membantu menurunkan demam pada anak.

Chamomile memang cukup sulit ditemukan di apotek, namun Anda tetap bisa menemukannya di toko obat herbal. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus air dan merendam daun teh chamomile selama kurang lebih satu menit. Setelah itu, Anda bisa menambahkan madu ke dalamnya. Karena obat demam anak ini terbuat dari bahan alami, Anda bisa memberikannya dua kali sehari.

5. Lemon dan Madu

Lemon dan Madu - Obat Demam

Obat herbal lain yang bisa Anda berikan kepada anak adalah campuran madu dan lemon. Lemon dan madu menjadi perpaduan yang efektif dalam memperkuat kekebalan tubuh anak. Campur dengan perbandingan satu banding satu. Campuran minuman ini memiliki rasa yang enak dan menyegarkan sehingga anak tidak akan kesulitan dalam meminumnya. Dua bahan ini bisa dengan mudah ditemukan di sekitar.

6. Air Kelapa

Air Kelapa - Obat Demam

Selain bermanfaat, air kelapa juga aman dikonsumsi oleh anak-anak. Air kelapa memiliki kandungan vitamin, elektrolit, dan mineral yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan membantu melenyapkan virus serta bakteri yang terdapat di dalam tubuh. Tubuh akan tetap terhidrasi ketika demam dan membantu pemulihan menjadi lebih cepat.

7. Echinacea

Echinacea - Obat Demam

Obat demam anak satu ini memang masih terdengar asing dan sulit untuk ditemukan di sekitar. Namun Echinacea ini sudah sejak lama dikenal sebagai obat demam yang ampuh dan efektif untuk menurunkan demam pada anak. Saat anak mengalami demam, Anda bisa memberikan teh yang mengandung Echinacea. Teh Echinacea juga dapat membantu menghilangkan virus dan bakteri penyebab penyakit demam.

8. Mengompres dengan Handuk atau Plester

Mengompres dengan Handuk atau Plester - Obat Demam

Cara satu ini paling aman dan banyak diterapkan oleh para orang tua saat anaknya terserang demam. Anda bisa mengompres dengan handuk yang sudah dibasahi air biasa atau suam-suam kuku. Jangan menggunakan air dingin yang dapat membuat suhu tubuh anak menjadi naik. Anda bisa mengkompresnya dalam waktu 10 sampai 15 menit di area lipatan tubuh seperti ketiak atau dahi anak. Cara satu ini dikenal ampuh dan aman karena dapat membantu membuka pori-pori tubuh dan menurunkan panas anak melalui proses penguapan.

Baca Juga: Berikut 10 Gejala Penderita Stroke yang Wajib Anda Waspadai

Demikianlah daftar obat demam anak yang bisa diterapkan oleh para orang tua saat anak mengalami demam. Jika cara-cara diatas tidak memberikan efek atau perubahan, sebaiknya anak segera dibawa ke dokter untuk tindakan yang lebih lanjut.