Mengalami masalah penglihatan harus menemukan obat mata yang bagus. Apalagi sebagai indera penglihatan, mata kita memang perlu dijaga kesehatannya. Beberapa cara sederhana yang selalu disarankan adalah tidak memandang atau melihat gadget dalam waktu lama. Makan makanan bergizi seperti wortel juga disarankan karena mengandung vitamin A yang bagus untuk penglihatan kita.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Diabetes Tradisional yang Secara Ilmiah

Kemampuan melihat seseorang memang semakin tua bisa semakin terganggu. Terutama jika dari kebiasaan dan pola hidupnya tidak sehat. Membaca terlalu dekat dan dilakukan secara terus menerus akan mengganggu kemampuan mata kita dalam melihat secara jelas. Tidak sedikit pengguna kacamata yang mengeluhkan mata minus, plus atau silinder dan mengganggu kejelasan mereka dalam melihat.

Penyebab Mata Lelah dan Membutuhkan Obat Mata yang Bagus

Mata lelah adalah kondisi yang terjadi jika Anda menggunakan mata secara intens. Misalnya saja menatap gawai atau komputer terlalu lama. Sebenarnya kondisi ini bukanlah kondisi yang serius tetapi juga tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Gejala yang dirasakan saat mengalami masalah mata lelah adalah mata terasa nyeri dan pegal, mata menjadi kering ataupun berair, sulit untuk memfokuskan pandangan dan terasa nyeri di bagian leher, bahu serta punggung.

Banyak penyebab dari mata lelah yang mana bisa Anda hindari. Seperti kurang tidur, menyetir jarak jauh terlalu lama, stres atau lelah, terkena paparan cahaya terlalu terang dan lain sebagainya. Mata lelah juga bisa terjadi karena frekuensi berkedip yang kurang. Jika dalam keadaan normal, mata harusnya berkedip hingga 18 kali per menit. Tujuannya adalah untuk membasahi mata. Tetapi jika kedipan berkurang maka mata menjadi kering, panas dan terasa gatal.

Mata lelah membutuhkan obat mata yang bagus. Pada umumnya, istirahat yang cukup sudah bisa mengatasi mata lelah. Tetapi jika kondisinya terlalu berat Anda bisa melakukan pengobatan medis. Misalnya saja menggunakan kacamata, lensa kontak, obat tetes mata ataupun melakukan operasi refraktif. Agar tidak mengalami mata lelah, perhatikan posisi Anda saat menggunakan komputer, membaca ataupun dalam pencahayaan ruangan yang baik.

Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Mata lelah bisa dikarenakan menatap layar komputer lebih dari 2 jam. Salah satu cara untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat tetes mata. Meski mudah didapatkan di pasaran atau apotik, perhatikan beberapa rekomendasi obat mata yang bagus dan terbaik berikut ini.

1. Combiphar Insto Regular Tetrahydrozoline HCl

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Obat mata yang bagus dan seringkali kita dengar adalah Insto dari Combiphar. Ada beberapa varian Insto tetapi untuk jenis Insto regular Tetrahydrozoline HCl bisa Anda pilih. Obat tetes mata ini memiliki kandungan benzalkonium chloride agar membasmi beberapa jenis bakteri pemicu mata iritasi dan merah. Karena adanya komponen inilah, gejala mata lelah karena iritasi ringan bisa diatasi. Kemasannya adalah 7,5 ml dan 15 ml.

2. Lion Smile 40 Premium

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Lion merupakan produsen asal Jepang yang produknya bisa mudah Anda temukan. Jika ingin mengatasi mata lelah, gunakan obat tetes mata Lion. Produk ini dirancang untuk menyembuhkan mata lelah dan tidak fokus karena penuaan atau karena pemakaian mata yang berlebih. Formulasi bahan yang ada di dalamnya bisa membantu pemulihan fungsi visual. Anda bisa menggunakan hanya dengan 1 sampai 3 tetes dan 3 sampai 6 kali dalam sehari. Mata lelah bisa kembali segar. Namun, ingat bahwa dalam penggunaan ini tidak boleh bersamaan dengan penggunaan contact lenses.

3. Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Kelebihan obat mata yang bagus ini adalah Anda bisa menggunakannya tanpa harus melepas lensa kontak. Rohto jenis ini bisa meningkatkan kelembaban mata karena memiliki komponen artificial tears ke dalam mata. Obat mata ini tanpa ada efek dingin. Rohto Eye Drops Aqua Tired Eye Relief ini cocok digunakan untuk mereka yang harus menatap layar laptop atau komputer dalam rentang waktu yang cukup lama.

4. Alcon Tears Naturale

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Obat tetes mata yang satu ini memang tanpa pengawet dan bisa mengatasi mata lelah. Produknya besutan brand yang berasal dari Texas. Alcon Tears Naturale ini juga bebas alkohol serta didesain dalam kemasan ampul dan hanya bisa digunakan selama 12 jam jika sudah dibuka. Produk ini memiliki kandungan artificial tears yang bisa melumasi mata merah dan panas. Mata bisa terasa sejuk dan fresh. Alcon Tears Naturale ini cocok dibawa travelling.

5. Santen Pharmaceutical Hialid 0.1 Ophthalmic Solution

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

obat mata yang bagus yang lain adalah obat Santen Pharmaceutical Hialid ini mampu mengembalikan kesegaran mata yang lelah dengan berbagai faktor. Ada kandungan bahan pelembab yang efektif dalam mengatasi mata kering dimana produk ini bisa dengan mudah Anda dapatkan. Tidak hanya bisa melembabkan tetapi juga bisa mengatasi mata lelah karena penggunaan lensa kontak, pasca operasi ataupun karena pengaruh obat. Cara penggunaannya adalah dengan 5-6 kali sehari atau sesuai dengan anjuran dokter.

6. Johnson & Johnson Vision Blink Contacts

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Salah satu alasan mengapa merek ini merupakan obat mata yang bagus adalah karena adanya kandungan bahan yang mirip dengan air mata asli. Formulasi tinggi air bisa melumasi mata selama penggunaan lensa kontak dan mencegah mata lelah atau kering. Obat mata jenis ini tidak memiliki bahan merkuri yang memicu masalah mata sehingga benar-benar aman untuk digunakan. Meski Anda bisa menggunakannya bersamaan lensa kontak, jangan lupa untuk tetap mengontrol waktu pakai lensa kontak.

7. Visine Original

7 Rekomendasi Obat Mata yang Bagus untuk Mata Lelah

Dari sekian banyak obat mata, Visine Original merupakan obat tetes mata yang paling banyak digunakan di Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah tetapi juga bisa meredakan mata lelah hanya dalam waktu 60 detik saja. Mata merah karena paparan debu, asap ataupun polusi bisa sembuh seketika dengan penggunaan visine yang benar.

Cara Menggunakan Obat Mata yang Bagus

Meski produk atau obat mata yang sudah disebutkan tadi memanglah bagus, ketahui bahwa cara menggunakannya tak bisa sembarangan. Sebelum mengaplikasikan obat tetes mata ini, Anda harus memperhatikan higienitas tangan. Sebaiknya mencuci tangan menggunakan hand wash atau hand sanitizer terlebih dahulu. Kondisikan ujung tube dari obat tetes mata ke arah kornea mata. Pastikan bahwa obat tersebut tidak mengenai tangan ataupun bulu mata Anda.

Jika sudah diteteskan, segera tutup obat mata Anda dengan benar dan simpan di tempat yang bersih untuk mencegah bakteri yang menempel. Ketika meneteskan, lakukan dengan wajar. Biasanya obat tetes mata akan bekerja optimal hanya dengan sekali dua kali tetesan. Baca aturan penggunaan yang ada pada kemasan obat. Hindari menggunakannya secara berlebihan karena hanya akan membuat mata iritasi.

Setelah diteteskan, pejamkan mata Anda beberapa saat sambil tekan lembut di bagian dalam mata. Tujuannya adalah untuk mencegah obat tersebut keluar lagi. Jika ingin meneteskan lagi, beri jeda waktu sekitar 5 menit. Lakukan dengan cara yang benar agar Anda bisa merasakan hasilnya yang maksimal.

Baca Juga: 5 Ancaman Ciri-ciri Diabetes Yang Harus Dihindari

Temukan obat mata yang bagus agar keluhan mata lelah bisa diatasi sesegera mungkin. Jangan lupa untuk menggunakannya sesuai dengan anjuran. Apabila keluhan masih terus berlanjut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.