Daun pandan adalah satu diantara tanaman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Siapa sangka dibalik kepopulerannya ternyata manfaat daun pandan sungguh luar biasa bagi tubuh.

Untuk Anda pecinta kuliner lokal tentu sudah tidak asing lagi dengan daun pandan. Daun ini sering kita temui pada sajian bubur kacang hijau, kolak, es dawet, serta minuman sehat.

Baca Juga: Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan wangi serta warna yang menjadi ciri tersendiri daun pandan ini, orang-orang memanfaatkan pandan sebagai tambahan aroma makanan dan bisa juga untuk mempercantik tampilan makanan.

Selain adanya dua kegunaan tersebut, ternyata pandan memiliki beragam manfaat, lho! Baca ulasan ini sampai selesai ya!

Kandungan Gizi Manfaat Daun Pandan

Tanaman ini adalah tumbuhan monokotil yang tergolong kerabat pandanaceae dan mempunyai harum sedap yang unik. Tanaman yang tumbuh di wilayah tropis dan dikenali karena aromanya yang unik ini mempunyai kombinasi aroma vanilla dan almond, maka dari itu beberapa orang memakainya untuk pengharum masakan. 

Manfaat Daun Pandan merupakan tanaman herbal yang biasa digunakan untuk pelengkap makanan maupun minuman. Pandan banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara, termasuk NKRI. Dengan mempunyai ciri daun yang panjang serta runcing, berwarna hijau gelap, dan mempunyai bagian tepi yang bergerigi membuat pandan digemari masyarakat karena keunikannya.

Primadona satu ini telah terkenal sejak dahulu. Tidaklah aneh tanaman pandan bisa Anda dapatkan dengan gampang di sekeliling.

Pandan biasanya tidak dikonsumsi secara langsung, melainkan harus dimasak terlebih dahulu. Bila ingin dicampur bahan makanan lain juga bisa untuk menghadirkan aroma khas dari daun pandan. Biasanya pandan juga digunakan bentuk olahan seperti sudah menjadi pasta, bubuk atau pun minyak esensial.

Tanaman pandan adalah sumber serat mineral serta vitamin. Selain itu, juga dapat terdapat protein bahkan juga karbohidrat dalam jumlah kecil. Namun, untuk lebih lengkapnya kandungan gizi yang terdapat pada seratus gram daun pandan adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 321 kkal
  • Protein: 2,2 gram
  • Karbohidrat: 78 gram
  • Serat: 3,5 gram
  • Vitamin A: 390 – 724 mikrogram
  • Tiamin (Vitamin B1): 0,04 miligram
  • Vitamin C: 2 milligram
  • Kalsium: 134 miligram
  • Fosfor: 108 miligram
  • Zat besi: 5,7 miligram

Tanaman dengan nama latin Pandanus odoratissimus ini juga di dalamnya mengandung berbagai senyawa khas tumbuhan tidak lain tidak bukan yaitu antioksidan yang meliputi seperti isoflavon, glikosida, alkaloid, serta beragam senyawa fenolik.

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Pandan sudah dari dahulu digunakan untuk obat tradisional dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ada. Walau masih sedikit manfaat daun pandan yang ada, tetapi para peneliti percaya akan potensi yang ada pada daun pandan ini, 

1. Membantu menurunkan gula darah

Membantu menurunkan gula darah - manfaat daun pandan

Manfaat Daun Pandan mempunyai sifat antihiperglikemik, yang dapat untuk membantu menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan penelitian pada Pharmacognosy Magazine, ekstrak dalam daun pandan bisa mengurangi gula darah postprandial pemeriksaan gula ini dilakukan tanpa puasa lebih dulu.

Ekstrak pandan ini bekerja dengan cara merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang bisa mengubah gula menjadi cadangan energi pada tubuh. Dengan adanya metode ini, kadar gula darah yang tinggi dapat terkendali.

2. Membantu pengobatan kanker

Membantu pengobatan kanker - manfaat daun pandan

Berdasar sebuah riset pada 2014, ekstrak akar dan daun pandan mempunyai dampak beracun pada sel kanker dan sanggup membatasi pembelahan sel yang abnormal. Bahan ini mempunyai potensi menghambat perkembangan dan penyebaran kanker. Hal tersebut karena ekstrak daun pandan mempunyai dampak sitotoksik, antibiotik, antiproliferative, serta apoptosis.

Riset mengenai manfaat daun pandan untuk menangani penyakit kanker masih perlu ditelaah selanjutnya. Namun, beberapa pakar setuju jika tidak menutup kemungkinan tanaman ini bisa menolong penyembuhan kanker di waktu mendatang.

3. Menetralkan racun dalam tubuh

Menetralkan racun dalam tubuh - manfaat daun pandan

Rupanya tidak cuma air kelapa hijau yang sanggup menetralisir toksin pada tubuh. Manfaat Daun Pandan yang sejauh ini Anda pakai dalam masakan dikenal juga baik untuk detoksifikasi toksin yang tertinggal, khususnya dalam hati.

Bukan hanya menetralisir, tanaman ini menolong melepas toksin dan kotoran supaya keluar dari badan. Beberapa orang bahkan juga memakai pandan sebagai pencahar alami yang mudah dan aman saat kesulitan buang air besar.

4. Membantu meringankan gejala artritis

Membantu meringankan gejala artritis - manfaat daun pandan

Arthritis adalah penyakit yang mengakibatkan infeksi, nyeri, lebam, dan kaku pada sendi. Menurut pengobatan Ayurveda, Anda bisa membantu gejala itu dengan melumurkan paduan minyak kelapa dan irisan daun pandan.

Beberapa riset mengatakan jika akar dan minyak dari daun pandan mempunyai manfaat anti radang yang berguna untuk persendian. Namun, penemuan ini masih perlu ditelaah selanjutnya karena mayoritas riset baru dilaksanakan pada hewan.

5. Meredakan nyeri

Meredakan nyeri - manfaat daun pandan

Manfaat Daun Pandan kemungkinan bisa jadi obat penurun nyeri pilihan untuk Anda. Masalahnya daun ini mempunyai karakter analgesik yang menolong menghilangkan sakit di kepala, ngilu dada, kram perut, sampai ngilu karena radang persendian.

Anda dapat memakai pandan dengan menambahkannya ke teh. Potong satu helai daun pandan jadi kecil-kecil. Lantas, rebus dalam satu gelas air selama 5 menit. Sesudah mendidih, saring air dan tambah gula sesuai dengan selera. Untuk mendapatkan manfaat daun pandan ini, minumlah daun teh pandan sekitar 2x satu hari.

6. Menambah selera makan

Menambah selera makan - manfaat daun pandan

Untuk Anda yang tidak selera makan, dengan konsumsi air rebusan daun pandan dapat jadi alternatif. Karena, air pada daun pandan ini dapat menolong untuk tingkatkan selera makan Anda sekaligus memberi energi pada tubuh.

Untuk mendapatkan hasil optimal, minumlah air rebusan daun pandan sekitar 2x satu hari. Dengan demikian pandan bisa juga sebagai pengganti minyak ikan bagi orang yang tidak menyukai minyak ikan.

7. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Menjaga kesehatan mulut dan gigi - manfaat daun pandan

Dulu, beberapa orang suka mengunyah daun pandan supaya nafasnya lebih segar dan harum. Ini pasti bermanfaat untuk orang yang memiliki masalah dengan bau mulut, misalkan karena gigi berlubang atau masalah kesehatan yang lain.

Beberapa cara pengobatan tradisional memakai tanaman pandan untuk menangani gusi berdarah. Manfaat Daun Pandan yang ini memang unik dan menjanjikan, tapi belum banyak riset ilmiah yang bisa memberikan bukti.

Manfaat daun pandan adalah tanaman serbaguna yang bisa dipakai buat apa saja, dimulai dari bumbu masakan, bahan warna alami, sampai obat tradisional. Tanaman ini dipercaya dapat menolong mengendalikan gula darah, menurunkan nyeri, bahkan juga mendukung terapi kanker.

Baca Juga: Penyakit Hernia Tidak Berbahaya

Nyaris tidak ada efek yang serius dari pemakaian pandan. Tetapi, saat sebelum memakai daun ini, yakinkan Anda tidak mempunyai riwayat alergi pada tanaman sejenis. Disamping itu, pakai juga tanaman ini dengan jumlah yang wajar.