Manfaat buah zaitun telah populer semenjak jaman dulu kala. Umumnya, manfaat buah ini diambil dalam bentuk olahan minyak zaitun. Tetapi, ternyata buah zaitun tidak cuma dapat dibuat menjadi minyak, tapi bisa juga dimakan langsung. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi Buah Zaitun

Manfaat Buah Zaitun atau Olea europaea adalah buah yang berasal dari Afrika, Asia beriklim sedang, dan Eropa Selatan. Zaitun selanjutnya disebarkan ke Australia dan Hawaii lewat budidaya.

Buah zaitun memiliki kandungan 115-145 kalori per 100 gram, atau kurang lebih 59 kalori untuk 10 buah zaitun (dengan anggapan rerata berat buah zaitun 4g). Kandungan ini terbagi dalam 75-80% air, 11-15% lemak, 4-6% karbohidrat dan sejumlah kecil protein.

Situs Food Data Central U.S. Department of Agriculture mengatakan jika 100 gram buah zaitun terbagi dalam rangkaian gizi di bawah ini:

  • Protein: 1,03 g
  • Lemak: 15,32 g
  • Karbohidrat: 3,84 g
  • Serat: 3,3 g
  • Gula: 0,54 g
  • Kalsium: 52 mg
  • Zat besi (Fe): 0.49 mg
  • Magnesium (Mg): 11 mg
  • Fosfor (P): 4 mg
  • Kalium (K): 42 mg
  • Sodium (Na): 1556 mg
  • Zinc (Zn): 0,04 mg
  • Vitamin B-6: 0,031 mg
  • Folat: 3 µg
  • Beta-karoten: 231 µg
  • Lutein + zeaxanthin: 510 µg
  • Vitamin E: 3,81 mg
  • Vitamin K: 1,4 µg
  • Copper (Cu): 0,12 mg
  • Selenium (Se): 0,9 µg
  • Thiamin: 0,021 mg
  • Riboflavin: 0,007 mg
  • Niacin: 0,237 mg

Buah zaitun memang memiliki kandungan lemak yang tinggi, yakni sejumlah 11 sampai 15 %. Tetapi, lemak yang ada dalam buah ini ialah lemak baik.

Asam lemak yang paling melimpah dari buah ini ialah asam oleat yang terhitung asam lemak tidak jenuh tunggal, serta adalah 74 % dari semua kandungan buah zaitun.

Asam oleat ini mempunyai beberapa manfaat kesehatan, seperti menurunkan resiko penyakit jantung bahkan dapat melawan sel kanker.

Manfaat Buah Zaitun Bagi Kesehatan Tubuh

Bukan rahasia lagi jika zaitun mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, sebagai minyak untuk mengolah. Disamping itu juga bisa sebagai minyak untuk menjaga kecantikan muka, minyak untuk memberikan nutrisi rambut, dan ada banyak lagi. Tetapi, sebetulnya manfaat buah zaitun bukan hanya dapat diambil berbentuk minyak. Buah yang warna hijau atau ungu kehitaman ini berguna bila langsung dikonsumsi.

Buah ini biasanya dimakan untuk penghambatan penyakit kardiovaskular seperti stroke dan jantung. Lebih dari itu, zaitun punyai banyak manfaat untuk kehidupan kita setiap hari.

Manfaat buah zaitun datang dari gizi, vitamin, mineral, dan senyawa organiknya, terhitung zat besi, serat, tembaga, vitamin E, senyawa fenolik, asam oleat, dan bermacam antioksidan.

Tidak sampai di sana, buah zaitun mempunyai indeks glikemik yang rendah. Berikut daftar manfaat buat zaitun yang penting Anda kenali:

1. Melawan infeksi

Melawan infeksi - manfaat buah zaitun

Buah zaitun benar-benar kaya antioksidan, seperti hydroxytyrosol, oleuropein, asam oleanolik, tyrosol, quercetin. Tanaman ini bisa mengurangi kerusakan oksidatif yang ada dalam tubuh dan menolong melawan infeksi yang disebabkan bakteri. Tentu hal ini sangat berguna bagi tubuh bukan?

2. Sebagai anti-inflamasi

Sebagai anti-inflamasi - manfaat buah zaitun

Selain sebagai melawan infeksi, manfaat buah zaitun juga dapat sebagai anti-inflamasi.

Polifenol yang ada pada buah zaitun berguna sebagai anti-inflamasi yakni menolong mengurangi infeksi akut dengan membenahi kerusakan jaringan saat sebelum bertambah kritis. Itulah yang membuat buah zaitun sebagai makanan khusus pada diet mediterania yang kaya sayur, buah, dan 100% beberapa bijian.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Meningkatkan kesehatan jantung - manfaat buah zaitun

Manfaat Buah Zaitun memiliki kandungan asam oleat yang mempunyai manfaat untuk tingkatkan kesehatan jantung dengan: membuat perlindungan kolesterol LDL dari oksidasi, mengendalikan kandungan kolesterol, dan bisa menolong mengurangi tekanan darah.

Diketahui, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi sebagai unsur resiko penyakit jantung. Kandungan hydroxytyrosol pada buah zaitun dapat membuat perlindungan jantung. Anti-oksidan ini bertindak selaku antikoagulan untuk menipiskan darah, hingga bisa mengurangi kemungkinan pembekuan darah dan menghambat saluran darah.

4. Memperbaiki kesehatan tulang

Memperbaiki kesehatan tulang - manfaat buah zaitun

Osteoporosis diikuti dengan pengurangan massa tulang dan kualitas tulang. Ini bisa tingkatkan resiko patah tulang. Tingkat osteoporosis lebih rendah di beberapa negara Mediterania (yang rajin makan buah zaitun) dibanding di beberapa negara Eropa yang lain. Ini membuat ilmuwan menduga jika buah zaitun kemungkinan memiliki sifat defensif untuk tulang.

Beberapa senyawa yang ditemukan pada buah zaitun dan minyak zaitun sudah bisa dibuktikan menolong menghindari keropos tulang pada hewan eksperimen.

5. Manfaat Buah Zaitun untuk Mencegah kanker

Manfaat Buah Zaitun untuk Mencegah kanker

Kandungan asam oleat serta antioksidan yang cukup tinggi pada zaitun dapat bermanfaat untuk kurangi resiko kanker. Ini sudah ditunjukkan dalam riset yang diterbitkan di Journal Of Agricultural And Food Chemistry.

Zat polifenol yang terdapat didalamnya sanggup membunuh sel kanker berkemban dan membuat perlindungan DNA seluler (mempunyai potensi mencegah perkembangan tumor) dan mengurangi depresi oksidatif.

Ekstra virgin olive oil sanggup turunkan gula darah cuma dalam kurun waktu dua jam sesudah makan. Oleic acid (semacam lemak sehat) dan polifenol dalam buah zaitun menolong peresapan gula berlebihan pada darah. Riset memperlihatkan diet tinggi lemak sehat dan antioksidan bisa kurangi risiko diabetes type II.

Riset itu mendapati jika buah zaitun bisa mengacaukan transisi hidup sel kanker di payudara, usus besar dan perut. Tetapi, masih dibutuhkan riset selanjutnya untuk memeriksa hal itu.

6. Merawat kesehatan kulit

Merawat kesehatan kulit - manfaat buah zaitun

Bukan rahasia, Manfaat Buah Zaitun minyak populer untuk menjaga kesehatan kulit. Hal itu sudah ditunjukkan lewat bermacam riset, termasuk studi mengenai dampak minyak zaitun pada kesembuhan cedera pada pasien diabetes type II.

Riset pada Journal of Diabetes and Metabolic Disorders itu memperlihatkan jika pemakaian minyak zaitun yang digabungkan dengan perawatan teratur lebih efisien dapat menolong mengembalikan cedera pada kaki pasien diabetes.

Tips Mudah Memakai Buah Zaitun

Manfaat buah zaitun memang seringkali diambil melalui olahan minyaknya. Karenanya minyak zaitun bisa dengan mudah Anda jumpai di pasar.

Langkah mengkonsumsinya juga cukup mudah. Anda tinggal menambahkan minyak zaitun ke beberapa kudapan, sesuai dengan selera Anda.

Manfaat Buah Zaitun bisa menambah rasa yang nikmat pada beberapa kudapan. Ini benar-benar sesuai dengan semua makanan mentah, seperti salad. Disamping itu, minyak zaitun dapat menjadi bahan tambahan mayonaise atau saus yang lain.

Baca Juga: Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Tubuh

Bahan makanan ini sangat sesuai diproses pada temperatur tinggi, seperti ditumis, sup hangat, dipanggang, dimasak, karena kestabilannya.

Ini disebabkan karena susunan antioksidan serta asam lemak tidak jenuh tunggal, dan dampak perlindungan dari polifenol serta tokoferol yang ada di dalamnya. Anda bisa juga mengambil manfaat buah zaitun dengan mengkonsumsinya langsung, seperti pada salad.

Buah zaitun memang kaya manfaat kesehatan. Tetapi, jangan ragu untuk menghubungi dokter bila Anda alami tanda-tanda mengkhawatirkan sesudah konsumsi buah ini.