Salah satu penyakit yang mayoritas menyerang masyarakat adalah diabetes. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja tapi mulai dari anak-anak sudah rentan menderita penyakit berbahaya tersebut. Penyebab diabetes bisa muncul ada banyak faktor. Agar bisa melakukan pencegahan baiknya mengetahui apa saja penyebab atau pemicu dari penyakit diabetes ini datang menyerang.

Baca Juga: Inilah Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Tak Disadari

Penjelasan Diabetes

Penjelasan Diabetes - Penyebab Diabetes

Sebelum mencari tahu penyebab diabetes, ada baiknya mengenal terlebih dahulu penyakit diabetes itu sendiri. Jadi diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang memiliki ciri khas yakni kadar gula dalam tubuh yang tinggi. Kadar gula ini sebetulnya dibutuhkan tubuh namun tidak dalam jumlah yang tinggi. 

Dalam tubuh penderita diabetes kadar gula atau glukosa melebihi batas normal. Dimana seharusnya glukosa bisa diubah menjadi energi untuk tubuh, namun untuk tubuh penderita diabetes glukosa menumpuk dan tidak bisa diserap tubuh secara optimal.

Kadar gula itu sendiri dikontrol oleh salah satu hormon yaitu hormon insulin. Hormon tersebut hanya diproduksi oleh organ dalam pankreas yang letaknya berada di belakang lambung. Penderita diabetes memiliki kelemahan pada pankreas yang tidak bisa lagi memproduksi insulin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh tidak mampu menyerap serta merubah glukosa menjadi energi.

Apa Saja Penyebab Diabetes?

Diabetes ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Anak-anak hingga orang dewasa bisa terkena diabetes kapan saja. Ada beberapa penyebab diabetes yang perlu dijadikan perhatian setiap orang sehingga bisa melakukan pencegahan kedepannya. Ini dia yang termasuk penyebab diabetes yang perlu diketahui.

1. Keturunan

Keturunan - Penyebab Diabetes

Hal pertama yang menjadi penyebab orang terkena diabetes adalah faktor keturunan. Jika ada salah satu anggota keluarga yang lebih tua mempunyai riwayat diabetes biasanya bisa menurun pada keturunan atau generasi berikutnya. Misalnya saja ada ayah yang menderita diabetes, maka anaknya terutama anak perempuannya mempunyai resiko yang tinggi terkena diabetes juga.

Oleh karena itu jika memang ada riwayat diabetes pada orang tua atau anggota keluarga yang lebih tua, sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjalankan pola hidup sehat. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi tubuh meski masih usia anak-anak, ini demi menghindari diabetes pada generasi berikutnya.

2. Kelainan Pada Sistem Kekebalan Tubuh

Penyebab diabetes yang lain adalah dimana kekebalan tubuh dari penderita justru menghancurkan sel-sel pankreas yang tugasnya memproduksi hormon insulin. Biasanya penderita diabetes yang satu ini disebut penderita diabetes autoimun. Sistem kekebalan tubuh yang abnormal tersebut masih menjadi pertanyaan ahli medis sampai sekarang, apa yang memicu sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel pankreas. Namun ada yang sudah menyimpulkan hal ini dikarenakan faktor genetic atau juga lingkungan yang kurang mendukung.

3. Sel Tubuh Tidak Sensitif

Ada juga penyebab diabetes yang dikarenakan sel dalam tubuh yang kurang peka terhadap hormon insulin. Sel tubuh yang tidak bisa merespon hormon insulin dengan baik membuat glukosa dalam tubuh tidak dapat diproses menjadi energi malah terjadi penumpukan sehingga gula darah menjadi naik drastic yang akhirnya berdampak pada kerusakan organ tubuh lainnya.

4. Kehamilan

Kehamilan - Penyebab Diabetes

Bagi ibu hamil banyak sekali perubahan pada tubuh yang akan dialami. Perubahan hormon tersebut bisa berujung pada penyebab diabetes gestasional. Namun untuk diabetes ini saat ibu hamil sudah melahirkan bayinya maka gula darah akan kembali normal dan tidak mengidap diabetes lagi.

5. Kurang Gerak

Sistem metabolisme tubuh akan optimal jika tubuh dilatih untuk berolahraga. Ini adalah salah satu cara yang sudah pasti bisa menjauhkan tubuh dari penyakit berbahaya seperti diabetes. Jika tubuh sering diajak olahraga meski hanya jalan kaki namun secara rutin, penyakit akan susah sekali muncul karena metabolisme tubuh bekerja dengan baik.

Biasanya penderita diabetes tak kenal tua atau muda, kebanyakan adalah orang yang kurang gerak atau malas melakukan olahraga. Untuk anak muda biasanya lebih rebahan dan asyik memainkan gadgetnya dan untuk yang sudah berumur beralasan tubuhnya sudah tidak kuat untuk diajak olahraga.

Padahal olahraga itu sangat mudah, jalan kaki setiap pagi paling tidak 45 menit itu sudah bisa dikatakan sebuah olahraga dan manfaatnya sangat banyak. Bisa juga mengurangi penggunaan sepeda motor untuk pergi ke warung dekat rumah, gerakan sederhana seperti itu bisa lebih menyehatkan tubuh dan menghindari diabetes serta penyakit bahaya lainnya.

6. Makanan

Penyebab diabetes yang selanjutnya adalah makanan. Pola makan juga menjadi kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika tidak dijaga dengan benar dan tidak dikontrol makanan apa saja yang sudah masuk pada tubuh, jangan kaget jika tiba-tiba nanti gula darah naik karena salah pola makan.

Makanan yang baik adalah makanan dari bahan alami yang berkualitas dan kaya nutrisi. Nutrisi yang masuk dalam tubuh harus sesuai kebutuhan, tidak boleh kurang atau berlebihan. Jika berlebihan bisa menjadi boomerang untuk tubuh dan berubah menjadi penyakit seperti diabetes. 

Makanan Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes memang beragam dan seperti yang disebutkan salah satunya adalah karena makanan. Ada beberapa makanan yang diduga bisa menjadi sumber penyakit diabetes. Tentu saja beberapa makanan yang akan diulas ini boleh dikonsumsi namun tidak bisa berlebihan, agar bisa terhindar dari diabetes. Apa saja makanan penyebab diabetes?

1. Sumber Karbohidrat Tinggi

Sumber Karbohidrat Tinggi - Penyebab Diabetes

Karbohidrat memang penting untuk tubuh karena dari situlah tubuh mendapatkan energi. Namun untuk penderita diabetes justru makanan sumber karbohidrat tinggi harus dihindari. Jika sudah ada riwayat diabetes sebaiknya mulai mengontrol konsumsi makanan sumber karbohidrat sejak dini. Makanan yang kandungan karbohidratnya tinggi adalah nasi, tepung, roti, dan pasta. Itu semua merupakan sumber karbohidrat namun rendah serat. 

Makanan jenis ini adalah makanan yang mudah dicerna tubuh dan berubah menjadi glukosa, tidak heran jika mudah sekali gula darah naik dan jika dibiarkan akan sangat bahaya untuk kesehatan. Jadi sebaiknya konsumsi nasi seperlunya saja jangan berlebihan, biasakan sejak dini agar lebih mudah mencegah terjadinya diabetes di waktu tua nanti. 

Agar bisa lebih sehat ada pengganti nasi putih dan tepung yang bisa dimakan, sebaiknya gunakan beras merah, oatmeal, atau roti gandum saat sarapan. Energi yang dihasilkan akan sama saja apalagi jika dikonsumsi waktu sarapan, makanan pengganti karbohidrat ini menyehatkan.

2. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Lemak jenuh dan juga lemak trans adalah lemak yang bisa juga menjadi pemicu kadar gula darah meningkat drastis. Selain bisa menyebabkan diabetes makanan ini pun bisa meningkatkan kolesterol dalam darah. Makanan yang tinggi akan lemak jenuh dan lemak trans antara lain daging merah olahan seperti nugget, sosis, dan sejenisnya. Tidak hanya itu mentega, keripik terutama keripik kentang juga cepat sekali menaikkan gula darah. 

Boleh saja mengkonsumsi makanan tersebut namun perlu diperhatikan jumlahnya. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering. Baiknya imbangi dengan makanan sehat seperti ikan, tahu, tempe, alpukat,  dan kacang-kacangan seperti almond dan edamame.

3. Minuman yang Manis

Minuman Manis - Penyebab Diabetes

Gula darah akan mudah sekali terpicu naik apabila tubuh diberi minuman manis secara berkala dan rutin. Meski tidak ada riwayat diabetes jika membiasakan diri untuk selalu minum yang manis setiap harinya bisa mengundang diabetes untuk muncul. Minuman manis ini yang paling bahaya adalah minuman kemasan. Minuman yang dibuat melalui proses kimia dan dikemas biasanya menggunakan gula buatan, gula itulah yang tidak sehat dan tidak bagus untuk tubuh. Saat membuat minuman sendiri di rumah pun baiknya jangan terlalu manis dan jangan terlalu sering. Lebih baik perbanyak air putih karena lebih menyehatkan dan lebih aman.

4. Koktail atau Buah Kemasan

Selain minuman kemasan ada pula buah yang juga dikemas. Buah yang dikemas ini biasanya dalam bentuk koktail maupun buah yang sudah dikeringkan. Kismis kering atau anggur kering adalah salah satu contoh buak kemasan. Kandungan dalam buah ini sama seperti pada makanan sumber karbohidrat tinggi. 

Apalagi koktail yang sudah ditambahkan pemanis dan juga pengawet, tentu akan sangat cepat menaikkan gula darah dalam tubuh. Orang sehat saja tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan seperti ini apalagi yang ada diabetes. Makanan kemasan menjadi penyebab diabetes yang paling tinggi, sebaiknya makan yang segar saja.

5. Minuman Soda

Bagi penggemar minuman soda lebih baik kurangi konsumsinya sekarang. Minuman bersoda ini sama juga dengan minuman energi dan alkohol yang sangat bahaya untuk tubuh. Selain mengandung pengawet dan pemanis buatan yang berbahaya, minuman tersebut bisa mengeroposkan tulang dan menyebabkan penyakit bahaya yang lain. Jadi sebaiknya hindari dari sekarang.

Baca Juga: 8 Obat Demam Anak yang Bisa Menyembuhkan dengan Cepat dan Efektif

Nah, dari penjelasan diatas ternyata penyebab diabetes ada beragam. Intinya pola makan dan pola hidup sehat harus selalu diterapkan sejak dini. Mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan ukuran yang pas dan pola hidup yang baik akan menghindarkan penyakit bahaya menggerogoti tubuh.