Obat herbal diabetes sudah terbukti cukup ampuh untuk menurunkan resiko meningkatnya kadar gula dalam darah. Sebagian penderita diabetes, lebih memilih obat herbal menjadi obat untuk menyembuhkan atau mengurangi meningkatnya kadar gula dalam darah. Alasannya adalah obat herbal dinilai lebih aman bagi penderita, karena obat herbal tidak mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping yang merugikan.

Baca Juga: Apa Saja Yang Menjadi Pantangan Diabetes

Obat herbal memang terbukti lebih aman digunakan karena obat herbal biasanya terbuat dari bahan-bahan alami sehingga aman untuk kesehatan. Berbeda dengan obat yang biasa dibeli di apotek atau toko obat. Obat-obatan tersebut biasanya mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping yang merugikan pemakainya. Lalu apa saja yang termasuk obat herbal untuk penyakit diabetes ini?

Manfaat obat herbal

Obat herbal diabetes sendiri sebenarnya bukan barang baru dalam dunia medis. Jauh sebelum ada ilmu kedokteran, nenek moyang sudah mengenal obat herbal untuk mengobati atau menyembuhkan penyakit yang dideritanya. Hal ini tentunya juga sesuai dengan kondisi peradaban waktu itu, dimana dunia medis dan kedokteran belum dikenal manusia. Maka manusia pada masa itu memanfaatkan herbal berupa tanaman dari alam di sekitar mereka.

Obat herbal memang berasal dari bahan-bahan alam, yang biasanya berupa tanaman yang ada di sekitar manusia. Pada zaman dahulu, obat herbal yang dipakai tentunya masih sangat sederhana, baik dari bahan yang digunakan, maupun cara meracik atau membuatnya. Seiring perkembangan jaman, obat herbal yang dikenal sudah mengalami perkembangan. Bahan yang digunakan sudah bervariasi, dan sudah melalui proses penelitian terlebih dahulu.

Keuntungan menggunakan obat herbal

Mengapa obat herbal diabetes menjadi pilihan banyak orang untuk menyembuhkan penyakit gula ini? Pertimbangan orang lebih menyukai menggunakan obat herbal yang pertama adalah karena alasan keamanan. Obat herbal memang dibuat dari bahan alam yaitu berupa tanaman yang berasal dari alam. Secara logika, karena terbuat dari bahan alam, maka obat herbal ini akan lebih aman untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia.

Seperti diketahui, bahan kimia sangat banyak digunakan untuk campuran pembuatan obat-obatan pabrik. Bahan kimia memang memiliki kelebihan misalnya bisa menyembuhkan beberapa penyakit dalam tempo yang lebih singkat. Sehingga obat-obatan kimia ini juga banyak menjadi pilihan masyarakat untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya. 

Akan tetapi, untuk penggunaan jangka panjang, obat – obatan kimia juga memiliki resiko bisa merusak dan membahayakan organ manusia. Yang paling sering terjadi dan nyata adalah terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia bisa merusak ginjal. Ginjal sendiri memiliki fungsi yang sangat vital bagi tubuh. Apabila bagian vital ini rusak, maka akan berpengaruh pada organ tubuh yang lainnya. 

Karena alasan tersebut di atas, maka Obat herbal diabetes masih menjadi pilihan, meskipun sekarang ini sudah banyak obat-obatan buatan pabrik yang bisa didapatkan dengan mudah. Selain itu, obat herbal juga dinilai lebih murah bila dibandingkan dengan obat-obatan dokter yang harganya bisa sangat mencekik. Dan untungnya lagi, obat herbal ada yang bisa diracik atau dibuat sendiri asalkan mengetahui bahan dan juga caranya. 

Daftar obat herbal diabetes dan bagaimana membuatnya

Daftar obat herbal diabetes dan bagaimana membuatnya

Obat herbal diabetes sudah banyak yang dijual di toko obat dan juga apotek. Meskipun obat herbal tidak sama dengan obat-obatan kimia, akan tetapi karena perkembangan jaman yang sudah semakin maju, obat herbal juga diproduksi dalam jumlah besar untuk diperjualbelikan. Akan tetapi, obat herbal ini ternyata juga bisa dibuat atau diracik sendiri. Apa saja obat herbal untuk diabetes yang bisa dibuat sendiri, berikut daftarnya.

1. Duwet atau Jamblang

Duwet atau Jamblang - obat herbal diabetes

Duwet atau jamblang adalah Obat herbal diabetes sejenis buah yang memiliki bentuk seperti anggur berwarna kehitaman. Buah ini memiliki rasa asam saat masih muda, tetapi bila sudah masak terasa manis. Biji buah duwet mengandung tanin yang bersifat anti diabetes, dan bisa menurunkan kadar gula dalam darah.  Obat herbal dari buah duwet ini bisa dibuat sendiri dengan cara:

Sebelumnya, keringkan dulu biji buah duwet sampai benar-benar kering. Tumbuk halus sekitar 15 butir biji duwet yang sudah kering, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai air rebusan tinggal satu gelas. Air rebusan ini diminum sebanyak tiga kali sehari, yaitu pagi siang dan sore. Lakukan pengobatan ini secara teratur dan jangan lupa rajin periksa ke dokter.

2. Ciplukan

Ciplukan - obat herbal diabetes

Buah ciplukan sudah banyak dikenal sebagai buah yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti Obat herbal diabetes. Oleh karena itu, pamor buah ciplukan langsung naik daun dan banyak diburu hingga harganya juga semakin mahal. Buah kecil berwarna hijau kekuningan ini dipercaya mengandung asam malat, alkaloid, tanin, kriptoxantin, vitamin C dan gula.zat-zat tersebut dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit termasuk penyakit diabetes.

Bahan yang dibutuhkan adalah pohon ciplukan lengkap, mulai dari akar, batang, daun, dan buahnya. Caranya, cabut pohon ciplukan, lalu biarkan beberapa lama hingga layu. Cuci bersih pohon ciplukan tersebut, lalu rebus dengan tiga gelas air, hingga air rebusan kira-kira tinggal satu gelas. Minum secara teratur satu kali sehari. 

3. Daun belimbing wuluh

Daun belimbing wuluh - obat herbal diabetes

Buah belimbing wuluh yang sangat asam dan biasanya dibuat sebagai sirup atau bahan masakan itu, ternyata juga berkhasiat sebagai Obat herbal diabetes dan juga berbagai penyakit seperti batuk, sariawan, dan juga demam. Selain itu, buah belimbing wuluh juga bisa untuk mengobati penyakit diabetes, terutama pada bagian daunnya.

Caranya adalah, ambil daun belimbing wuluh secukupnya, kira-kira sebanyak 20 gram. Cuci bersih daun belimbing wuluh tersebut, lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya campur tumbukan daun belimbing wuluh tersebut dengan dengan air matang secukupnya. Saring, dan minum sebanyak seperempat cangkir dua kali sehari.

4. Daun kelor

Daun kelor - obat herbal diabetes

Daun kelor juga termasuk salah satu tanaman Obat herbal diabetes yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk penyakit diabetes. Daun kelor mengandung beta karoten, thiamin, kalsium, vitamin C, karbohidrat, magnesium, fosfor, zinc dan juga kalium. Bahan-bahan tersebut adalah bersifat antidiabetes dan bisa mengobati penyakit diabetes karena bisa menurunkan kadar gula dalam darah.                   

Untuk membuat herbal dari daun kelor ini, cukup dengan mengambil daun kelor secukupnya, lalu tumbuk halus dan campur dengan air matang. Campuran air dan daun kelor ini bisa langsung diminum dengan takaran satu gelas sekali minum, dua kali sehari. Untuk membuat obat herbal ini daun kelor bisa dikeringkan dulu. Akan tetapi menggunakan daun kelor segar akan lebih baik karena zat-zat yang ada di dalamnya masih utuh dan belum rusak.

Baca Juga: Cara Mengatur Pola Makan Hidup Sehat yang Benar

Selain bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, masih banyak bahan lain yang bisa digunakan sebagai obat herbal diabetes. Contohnya bawang putih, kayu manis, daun kersen, pare,jahe, ginseng, okra, dan lain-lain. Menggunakan bahan herbal memang lebih aman dan juga hemat. Akan tetapi sebaiknya penderita diabetes tetap berkonsultasi dengan tenaga medis, untuk terus memantau perkembangan dari pengobatan herbal yang dilakukan.