Seseorang yang menderita diabetes sangat berisiko untuk mengalami patah tulang dan juga osteoporosis. Maka dari itu, direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalsium seperti susu. Susu tidak hanya mengandung kalsium tetapi juga lemak, protein dan karbohidrat. Namun, penderita diabetes disarankan untuk mengkonsumsi susu untuk diabetes yang memang dibuat khusus untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Berikut Batas Kadar Kolesterol Normal yang Perlu Anda Ketahui

5 Tips Memilih Susu untuk Diabetes 

Tips Memilih Susu - Susu Untuk Diabetes

Meski penderita diabetes diperbolehkan untuk mengkonsumsi susu bukan berarti semua jenis susu bisa dikonsumsi. Supaya tidak salah pilih, sebaiknya simak beberapa tips memilih susu untuk diabetes dibawah ini.

1. Pilihlah Susu yang Kaya Kalsium 

Tips memilih susu untuk diabetes yang pertama yaitu harus memilih susu yang kaya kalsium Penderita diabetes harus memilih susu yang kaya kalsium karena penderita penyakit ini memiliki struktur tulang yang lemah sehingga sangat rentan mengalami patah tulang. Selain itu, penderita diabetes dengan gangguan saraf kaki (mati rasa) memiliki risiko lebih tinggi untuk jatuh.

2. Pilih Susu yang Kaya Vitamin D

Penderita diabetes juga harus memilih susu yang memiliki kandungan vitamin D. Hal ini dikarenakan vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Kombinasi kalsium serta vitamin D pada susu akan menjaga kepadatan tulang sehingga akan meminimalisir risiko terjadinya patah tulang.

3. Pilihlah Susu yang Rendah Lemak 

Penyakit diabetes yang diderita seseorang akan mengurangi kadar kolesterol baik serta akan meningkatkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Kondisi seperti ini jika terus dibiarkan bisa meningkatkan risiko penderita diabetes untuk mengalami serangan jantung atau stroke. Maka dari itu, penderita diabetes harus memilih susu yang rendah lemak.

4. Pilih Susu yang Kaya Protein 

Selain itu, susu untuk penderita diabetes harus tinggi protein. Dimana protein yang ada pada susu sudah terbukti bisa menjaga kadar gula darah dalam tubuh setelah makan. Tentu ini sangat menguntungkan penderita diabetes karena kadar gula darah menjadi stabil.

5. Pilihlah Susu yang Rendah Gula 

Tips memilih susu untuk diabetes selanjutnya yaitu pilihlah susu yang rendah gula. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan karena susu yang tinggi gula bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, juga bisa menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Jika tips satu ini diabaikan bisa berakibat fatal karena kondisi penderita diabetes akan semakin parah.

Kandungan gula yang tinggi pada makanan atau minuman bisa mengakibatkan penumpukan lemak perut sehingga bisa memperparah komplikasi diabetes dan bisa menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan lainnya

3 Jenis Susu untuk Penderita Diabetes 

Susu Sapi - Susu Untuk Diabetes

Ada banyak jenis susu yang biasanya ditemukan di pasaran. Namun, bagi penderita diabetes ada tiga jenis susu yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Apa sajakah ketiga jenis susu tersebut:

1. Susu Sapi

Susu sapi merupakan sumber nutrisi yang paling lengkap. Tidak heran jika susu ini sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan susu formula. Kandungan nutrisi yang ada pada susu sapi adalah kalsium, protein, yodium, magnesium, B12, kasein dan dadih. Semua kandungan nutrisi tersebut memiliki peran untuk kesehatan manusia.

Susu sapi biasanya juga diolah menjadi susu diabetes dengan cara melakukan formulasi khusus menyesuaikan kebutuhan diabetes. Penyesuaian tersebut seperti kandungan lemak dan gula yang rendah, tinggi protein, tinggi kalsium dan sebagainya.

2. Susu Kedelai 

Sudah bukan rahasia lagi jika tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu sapi. Alasannya karena tidak tahan bau amisnya, vegan dan menimbulkan alergi. Jika, penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi susu sapi, direkomendasikan untuk mendapatkan asupan nutrisi dari susu kedelai. Kandungan nutrisi yang ada pada susu kedelai tidak kalah lengkap dari yang dimiliki oleh susu sapi. Bahkan, kandungan protein pada susu kedelai hampir sama.

3. Susu Almond

Meski khasiat susu almond tidak sebanyak susu sapi dan susu kedelai, tetapi penderita diabetes bisa mengkonsumsi susu ini. Kandungan protein yang ada pada susu almond tidak sebanyak kedua dua susu tersebut. Akan tetapi, susu almond rendah kalori dan tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Selain itu, susu almond juga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah sehingga tidak akan langsung meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. 

Rekomendasi 6 Merek Susu untuk Diabetes 

Setelah mengetahui tips memilih susu untuk diabetes, selanjutnya akan disampaikan rekomendasi 6 merek susu untuk diabetes. Inilah keenam merek susu tersebut:

1. Diabetasol

Diabetasol - Susu untuk diabetes

Penderita diabetes biasanya akan merasa lemas. Rasa lemas yang muncul tersebut disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Supaya kadar gula darah kembali stabil disarankan untuk mengkonsumsi susu Diabetasol. Merek susu untuk diabetes ini memiliki nilai gizi yang lengkap dan juga seimbang sehingga bisa dijadikan pengganti makan Anda.

Di dalam susu ini juga terdapat kandungan Vitadigest yang merupakan kombinasi karbohidrat lepas lambat. Keberadaan kandungan ini pada susu Diabetasol bisa mencegah kadar gula darah tidak akan meningkat secara drastis. Selain itu, indeks glikemik pada susu Diabetasol sangat rendah sehingga bisa diserap secara perlahan-lahan oleh tubuh.

2. Tropicana Slim Skim Milk

Tropicana Slim Skim Milk - Susu untuk Diabetes

Merek susu untuk diabetes selanjutnya adalah Tropicana Slim Skim Milk. Susu ini memiliki kandungan lemak kurang 1 % sehingga sering disebut sebagai susu tanpa lemak. Ini berarti mengkonsumsinya Setiap hari bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan gizi tanpa adanya lemak berlebih. 

Tropicana Slim Skim Milk juga diformulasikan dengan inulin dari tanaman chicory sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Tidak hanya itu saja, susu ini juga mengandung kalsium dan vitamin D tanpa terdapat gula tambahan. Rasa manis dari susu ini berasal dari gula alami pada susu (laktosa) sehingga sangat aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

3. Lactona Diabe

Lactona Diabe - Susu untuk Diabetes

Lactona Diabe merupakan salah satu susu untuk diabetes yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang berasal dari inulin. Keberadaan serat tersebut berguna untuk membantu menjaga fungsi saluran pencernaan. Jika Anda mengonsumsi susu ini berarti sekitar 12% kebutuhan serat harian akan terpenuhi. 

Lactona Diabe tidak hanya dijadikan sebagai sumber serat tetapi juga bisa menjadi sumber protein, kaya akan 11 vitamin dan 4 mineral. Sumber nutrisi tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan gizi diabetes. Apabila Anda ingin hidup sehat dan terhindar dari diabetes direkomendasikan untuk mengonsumsi Lactona Diabe.

4. KK Soya Bean Powder

KK Soya Bean Powder - Susu Untuk Diabetes

Apabila Anda tidak bisa mengonsumsi susu yang berasal dari susu sapi sebaiknya memilih susu kedelai, seperti KK Soya Bean Powder. Merk susu kedelai ini terbuat dari varietas kedelai pilihan yang kemudian diolah menggunakan teknologi tinggi

KK Soya Bean Powder kaya akan protein  dan juga asam amino esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya itu saja, di dalam susu ini juga terdapat kandungan kalsium dan fosfor sehingga kekuatan tulang bisa terjaga dengan baik. Ada juga kandungan asam lemak tak jenuh yang berguna untuk mencegah kolesterol yang ada di lapisan arteri. Hal ini bisa mengurangi risiko terkena diabetes, stroke dan kanker.

5. Organic Unsweetened Almond Original 

Organic Unsweetened Almond Original - Susu untuk Diabetes

Organic Unsweetened Almond Original merupakan susu untuk diabetes yang terbuat dari susu almond. Susu almond yang digunakan mengandung bahan alami yang bebas dari gluten, gula, susu hewani dan pastinya juga rendah lemak. Susu satu ini sangat cocok untuk vegan dan juga penderita diabetes. Supaya lebih enak Anda bisa mengonsumsi ini dengan menambahkannya pada teh, sereal, smoothies dan makanan lainnya.

6. NUTREN Diabetes

NUTREN Diabetes - Susu Untuk Diabetes

Susu untuk diabetes yang terakhir yaitu merek NUTREN Diabetes. Di dalam susu ini mengandung karbohidrat kompleks tanpa adanya tambahan gluten. Mengonsumsi susu ini bisa membantu meningkatkan glikemik dan mengendalikan gula darah . 

Di dalam NUTREN Diabetes juga ditemukan kandungan 30 vitamin dan mineral yang bisa menjamin kecukupan nutrisi pada tubuh. Nutrisi lengkap dan seimbang pada susu ini membuatnya sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya itu saja, Anda yang memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti jantung dan obesitas direkomendasikan untuk mengkonsumsi susu ini.

Baca Juga: Jenis Narkotika yang Penting Diketahui Agar Masyarakat Semakin Teredukasi

Nah itulah informasi tentang tips memilih susu untuk diabetes beserta 6 merk susu diabetes. Bagi Anda yang sedang menderita penyakit diabetes tidak perlu takut untuk mengkonsumsi susu. Namun, perlu diperhatikan komposisi susu yang bisa dikonsumsi.