Buah untuk penderita diabetes, ternyata ada banyak jenisnya. Meskipun banyak anggapan yang mengatakan bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah, akan tetapi menurut medis hal itu tidak benar. Memang tidak semua jenis buah boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Akan tetapi ada beberapa jenis buah yang boleh dan bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan Pola Hidup Baik Menurut Dokter Terbaik di Jakarta

Memang, selama ini beredar anggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah – buahan. Alasannya sederhana. Penyakit diabetes adalah penyakit kelebihan gula dalam darah. Sementara hampir semua jenis buah-buahan memiliki rasa manis karena mengandung gula. Maka tidak aneh bila sebagian besar masyarakat beranggapan penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah – buahan. 

Penyebab Penyakit Diabetes

Apa sebenarnya penyakit diabetes itu? Mengapa sampai ada anggapan tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan? Penyakit diabetes, atau yang selama ini dikenal dengan penyakit gula, adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan fungsi pada organ yang bernama pankreas. Pada kondisi ini, pankreas tidak bisa memproduksi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Seperti diketahui,salah satu fungsi pankreas adalah memproduksi hormon insulin. Hormon insulin ini dibutuhkan untuk mengubah glukosa yang masuk ke dalam darah menjadi energi. Ketika kerja pankreas ini terganggu dan hormon insulin tidak tercukupi, maka glukosa yang ada dalam darah menumpuk yang mengakibatkan kadar gula di dalam darah meningkat, dan muncullah penyakit diabetes.

Apa Penderita Diabetes Boleh Makan Buah?

Apa penderita diabetes boleh mengkonsumsi Buah untuk penderita diabetes? Sebab seperti yang diketahui, hampir semua buah rasanya manis, dan tentunya mengandung kadar gula yang tinggi. Maka akan sangat beresiko apabila penderita diabetes mengkonsumsi buah-buahan, karena akan bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah. Dan hal ini tentunya akan membahayakan kesehatan penderita diabetes tersebut.

Anggapan bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan adalah tidak benar. Menurut pakar medis, buah sangat baik untuk dikonsumsi, meskipun oleh penderita diabetes. Karena di dalam buah banyak kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Seperti serat, vitamin dan juga mineral. Kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan metabolisme di dalam tubuh.

Semua jenis buah, bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menurut para ahli kesehatan, semua buah baik untuk penderita diabetes. Meskipun semua buah memiliki kandungan gula, akan tetapi bukan berarti penderita diabetes tidak diperbolehkan mengkonsumsinya. Di sini, yang  penting adalah dalam mengkonsumsi buah-buahan tersebut harus cermat dalam memperhatikan takaran porsinya. Jangan sampai melebihi takaran yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark membuktikan, bahwa mengkonsumsi dua potong buah dalam satu hari selama 12 minggu, justru akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, dalam penelitian tersebut bisa membantu menurunkan berat badan. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah, buah yang dikonsumsi adalah buah dengan kandungan indeks glikemik yang rendah yaitu sekitar 55. 

Buah untuk Penderita Diabetes

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan, bahwa penderita diabetes tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah – buahan. Syaratnya adalah, buah yang dipilih adalah buah yang memiliki kandungan glikemik yang rendah. Buah dengan kandungan glikemik rendah akan mudah untuk diolah dan dicerna tubuh menjadi energi. Dengan demikian, tidak akan terjadi peningkatan kadar gula di dalam darah.

Buah untuk penderita diabetes diantaranya adalah :

1. Buah untuk penderita diabetes Jeruk

Buah untuk penderita diabetes Jeruk - Buah untuk penderita diabetes

Buah Jeruk diketahui banyak mengandung vitamin C dan sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Sehingga jeruk sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua orang, termasuk oleh penderita diabetes. Jeruk ternyata memiliki indeks glikemik yang cukup rendah yaitu hanya sekitar 55. Sehingga jeruk cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apalagi jeruk juga mengandung asam folat dan kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah dalam tubuh. 

2. Buah untuk penderita diabetes Apel

Buah untuk penderita diabetes Apel - Buah untuk penderita diabetes

Buah apel dikenal sebagai buah yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Apel juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan indeks glikemik di bawah 55. Dengan demikian buah apel baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah apel akan lebih bermanfaat bagi tubuh bila dikonsumsi tanpa membuang kulitnya. Karena zat antioksidan tertinggi yang dimiliki oleh buah apel,  ada di bawah kulit buah apel tersebut. 

3. Buah untuk penderita diabetes Kiwi

Buah untuk penderita diabetes Kiwi - Buah untuk penderita diabetes

Buah kiwi juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena indeks glikemiknya cukup rendah, masih di bawah 55. Selain itu, buah kiwi ini juga banyak mengandung vitamin C, sumber kalium dan serat, serta memiliki kandungan kalori sebanyak 56 kkal per 100 gram, serta kandungan karbohidrat hanya sekitar 13 gram untuk per 100 gramnya. Dengan demikian, buah kiwi ini juga baik untuk menjaga keseimbangan berat badan.

4. Buah untuk penderita diabetes Mangga

Buah untuk penderita diabetes Mangga - Buah untuk penderita diabetes

Buah mangga bukan hanya mengandung vitamin A dan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah dengan warna kuning dan oranye ini ternyata memiliki kandungan zat mangiferin, yaitu suatu zat yang dibutuhkan untuk menurunkan kandungan gula dalam darah. Dengan demikian, buah ini juga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu mangga juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bisa melancarkan metabolisme di dalam tubuh.

5. Buah untuk penderita diabetes Alpukat

Buah untuk penderita diabetes Alpukat- buah untuk penderita diabetes

Buah alpukat yang diketahui memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi ini juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Mengapa demikian? Karena kandungan lemak yang ada dalam buah alpukat adalah lemak tak jenuh yang baik untuk menekan peningkatan kadar gula dalam darah. Karena kandungan lemaknya, makan buah ini akan memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Dengan demikian, buah ini  bisa mencegah kadar gula dalam darah bertambah tinggi. 

6. Buah untuk penderita diabetes Pir

Buah untuk penderita diabetes Pir - buah untuk penderita diabetes

Buah pir diketahui hanya memiliki indeks glikemik sebanyak 38 saja. Dengan demikian sangat jelas buah ini aman untuk penderita diabetes, karena tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, buah pir juga memiliki kandungan flavonoid. Zat ini bisa digunakan untuk mencegah penyakit diabetes, sekaligus menurunkan kadar gula dalam. Kandungan serat yang tinggi akan bisa menekan rasa lapar, sehingga kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol. 

7. Buah untuk penderita diabetes Strawberry

Buah untuk penderita diabetes Strawberry - buah untuk penderita diabetes

Buah stroberi selain banyak mengandung vitamin C, buah ini juga mengandung zat yang bernama fisetin. Fisetin memang tidak berperan langsung untuk menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Akan  tetapi fisetin ini diketahui bisa menurunkan resiko pembengkakan ginjal, sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya komplikasi dan gangguan saraf lainnya yang biasanya terjadi atau dialami oleh pada penderita penyakit diabetes.

Baca Juga: Mengapa Harus Punya Asuransi Kesehatan Keluarga Cashless?

Buah untuk penderita diabetes, tidak selamanya akan beresiko meningkatkan kadar gula dalam darah. Karena buah – buahan ini memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman untuk penderita diabetes. Yang paling penting, dalam mengkonsumsi buah, penderita diabetes harus memperhatikan indeks glikemik yang ada pada buah tersebut, serta mengkonsumsi dengan takaran yang secukupnya. Maka buah tetap aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.