Penyakit gula darah atau yang biasa dikenal dengan nama diabetes ternyata mempunyai pantangan diabetes, penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang menjadi momok bagi sebagian besar orang. Agar bisa terhindar dari penyakit ini, seseorang harus menjaga pola makannya dengan baik. Lalu bagaimana bila seseorang sudah divonis mengidap penyakit diabetes ini? Apa saja makanan dan hal-hal lainnya yang menjadi pantangan diabetes, dan tidak boleh dikonsumsi?

Baca Juga: Inilah Tata Cara Mengatur Pola Makan Hidup Sehat yang Benar

Apabila seseorang didiagnosa atau divonis menderita penyakit diabetes, maka bayang-bayang buruk sudah menghantui hidupnya. Karena selama ini, penyakit diabetes disebut sebagai jenis penyakit nomor 2 penyebab kematian di dunia, dan Indonesia menempati urutan ke 4 negara yang memiliki jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia. Selama ini, makanan dinilai sebagai penyebab utama munculnya penyakit ini.

Mengenal apa sebenarnya diabetes itu

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit diabetes? Apabila ditinjau dari ilmu medis, diabetes atau penyakit gula darah adalah jenis penyakit dimana seseorang memiliki kandungan gula darah yang cukup tinggi di dalam tubuhnya. Dengan kata lain, diabetes adalah sebuah penyakit, dimana kandungan glukosa ataupun gula dalam tubuh seseorang berada pada tahap di atas batas normal yang seharusnya. 

Mengenal apa sebenarnya diabetes itu - Pantangan Diabetes

Penyakit diabetes ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti sering buang air kecil, sering merasa haus, cepat merasa lelah dan mengantuk. Pada tahap yang lebih serius, biasanya seseorang mengalami penurunan  berat badan turun dengan drastis, luka sulit untuk sembuh, serta pada tahap yang sudah parah, orang tersebut  mengalami gangguan pada penglihatan bahkan bisa mengalami kebutaan.

Penyebab penyakit diabetes

Penyakit diabetes sendiri terjadi karena rusaknya organ tubuh yang bernama pankreas. Pada penderita diabetes, pankreas ini sudah tidak berfungsi dengan normal dan tidak bisa menghasilkan hormon pankreas. Yaitu hormon yang dibutuhkan untuk memindahkan glukosa yang berasal dari makanan yang berada dalam darah ke dalam sel. Akibatnya, maka glukosa dalam darah tersebut bisa memicu timbulnya gula darah atau disebut diabetes.

Diabetes terjadi juga dipicu oleh pola makan yang salah. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes. Gula sendiri bukan hanya berasal dari makanan yang berbentuk gula, akan tetapi juga bisa berasal dari berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan glukosa yang tinggi. Karena di dalam tubuh, karbohidrat diubah menjadi glukosa.

Di dalam tubuh, glukosa akan dialirkan ke dalam darah dan juga sel. Glukosa yang berada di dalam sel, akan langsung diubah menjadi energi. Sedangkan glukosa dalam darah, harus dipindahkan ke dalam sel agar bisa diubah menjadi energi. Apabila organ pankreas mengalami gangguan dan tidak bisa memindahkan glukosa ke dalam sel, maka akibatnya kadar gula dalam darah meningkat dan menyebabkan penyakit diabetes. 

Seseorang yang sudah menderita penyakit diabetes , akan mengalami banyak gangguan pada organ tubuhnya. Karena tingginya kadar gula dalam darah, bisa menyebabkan gangguan pada fungsi organ lainnya. Seperti kerusakan pada pembuluh darah, kerusakan pada jaringan syaraf, menurunnya fungsi seksual, serta bisa menyebabkan kebutaan. Maka seseorang harus melakukan pantangan diabetes, agar terhindar dari resiko itu semua. 

Makanan yang menjadi pantangan diabetes

Bagi seseorang yang tidak mengidap diabetes, lebih baik menjaga pola makan yang sehat agar terhindar dari penyakit tersebut. Dan bagi yang sudah divonis menderita diabetes, maka diharuskan untuk menghindari makanan tertentu yang menjadi pantangan diabetes, untuk menjaga agar kadar gula darahnya tidak bertambah tinggi yang menyebabkan penyakitnya bertambah parah. Makanan yang harus dihindari diantaranya adalah.

1. Nasi putih dan makanan berbahan dasar tepung

Nasi putih dan makanan berbahan dasar tepung memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang tinggi. Di dalam tubuh, karbohidrat sederhana ini sangat mudah untuk diubah menjadi glukosa, yang mengakibatkan kadar gula dalam darah meningkat. Oleh karena itu, pantangan diabetes sebaiknya menghindari nasi putih dan makanan berbahan tepung seperti roti, dan menggantinya dengan nasi merah, ubi jalar, jagung, dan juga roti gandum.

2. Makanan kaya lemak

Makanan kaya lemak - Pantangan Diabetes

Makanan yang mengandung banyak lemak, memang tidak baik untuk kesehatan. Dan bagi pantangan diabetes, makanan ini akan semakin memperparah penyakitnya. Makanan kaya lemak seperti gorengan, keripik kentang, dan sejenisnya merupakan makanan yang memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Perpaduan kedua bahan itu menjadi pemicu meningkatnya gula dalam darah.

3. Minuman manis

Minuman Manis - Pantangan Diabetes

Minuman manis adalah salah satu pantangan diabetes, sudah bisa dipastikan memiliki kandungan gula yang tinggi. Apalagi bila minuman tersebut adalah minuman kemasan yang dijual dengan beraneka rasa. Minuman tersebut mengandung gula yang tinggi, dan biasanya masih ditambah dengan pemanis buatan yang memiliki kandungan gula lebih tinggi lagi. 

4. Buah kering

Buah kering - Pantangan Diabetes

Buah kering yang dijual dalam kemasan, juga sebaiknya dihindari dan menjadi pantangan diabetes. Buah kering yang diproses dengan cara dikeringkan dengan suhu tertentu, akan kehilangan banyak nutrisi penting yang dimiliki. Ditambah lagi dengan penambahan gula sebagai pemanis dan cita rasa, semakin berbahaya untuk penderita penyakit diabetes.

5. Kopi dengan berbagai perpaduannya

Kopi dengan berbagai perpaduannya - Pantangan Diabetes

Kopi yang diracik dengan berbagai bahan seperti krim, susu, coklat, karamel, merupakan minuman yang harus dihindari pantangan diabetes. Bahan-bahan yang digunakan sebagai perpaduan racikan kopi tersebut mengandung gula yang sangat tinggi. 

Tips  bagi penderita diabetes 

Tips  bagi penderita diabetes  - Pantangan Diabetes

Apakah penyakit diabetes bisa sembuh? Jawabnya adalah tidak. Orang yang sudah terkena diabetes tidak akan bisa lepas dari penyakit tersebut, karena organ pankreas yang digunakan untuk mengolah glukosa dalam tubuh sudah mengalami kerusakan. Akan tetapi, penyakit ini bisa ditekan tingkat keparahannya dengan menerapkan beberapa hal seperti berikut ini. 

  1. Memilih makanan yang tepat. Penderita diabetes harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi, yaitu makanan yang tidak mengandung karbohidrat dan indeks glikemik tinggi. Karena makanan tersebut memicu naiknya gula darah dalam tubuh.
  2. Memiliki pola makan yang tepat. Penderita diabetes juga harus memiliki pola makan yang tepat. Yaitu makan dengan teratur dalam porsi kecil tetapi sering. Menghindari makan akan menyebabkan gula darah menurun,dan akan langsung melonjak tinggi saat mendapat asupan makanan. Hal ini bisa membahayakan keselamatan orang tersebut.
  3. Istirahat yang cukup. Istirahat cukup bisa menghindarkan stress dan pikiran lebih tenang. Tubuh yang terpenuhi kebutuhan istirahatnya, akan berpengaruh pada keadaan psikisnya, sehingga pada akhirnya kadar gula darah bisa dikendalikan dengan baik   
  4. Rutin cek gula darah. Penderita diabetes harus rajin melakukan cek gula darah agar segera mengetahui apabila kadar gula darah mengalami peningkatan. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Menghindari makanan, minuman dan hal-hal lain yang menjadi pantangan diabetes memang tidak akan menyembuhkan penyakit ini. Akan tetapi apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh dan disiplin yang tinggi, bisa menurunkan resiko gula dalam darah bertambah tinggi.  Dengan demikian penderita diabetes bisa terus menjalankan hari-harinya dengan lebih tenang dan menyenangkan.