4 Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat dan Tips Memilihnya – Pengertian asuransi kesehatan bisa dikatakan sebagai salah satu ‘payung’ yang siap mengantisipasi segala risiko penyakit yang mungkin saja dialami. Contohnya yaitu seperti antisipasi biaya pengobatan ketika sakit dan lain sebagainya. Dengan adanya asuransi kesehatan, Anda bisa jadi lebih memiliki pegangan pada saat sakit dan harus menjalani pengobatan dan perawatan. Lantas, seperti apa pengertian asuransi kesehatan yang sebenarnya dan mengapa sangat penting?

Baca Juga: 7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Simak ulasan lengkap mengenai 4 Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat dan Tips Memilihnya:

4 Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat dan Tips Memilihnya

1. Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian asuransi kesehatan yang dilansir dari Investopedia, mengatakan bahwa seluruh jenis pertanggungan asuransi, dimulai dari membayar biaya medis, bedah hingga biaya perawatan akan termasuk dalam polis asuransi. 

Dari pengertian asuransi kesehatan diatas bisa disimpulkan bahwa sebuah perusahaan asuransi nantinya akan bertanggung jawab pada setiap biaya yang timbul ketika Anda sakit atau mengalami cedera atau membayar seluruh biaya perawatan yang dilakukan secara langsung.

Biasanya setiap perusahaan asuransi sesuai dengan pengertian asuransi kesehatan yang sudah disebutkan, akan memberikan paket asuransi kepada seluruh karyawannya sebagai salah satu bentuk jaminan perlindungan. Itulah mengapa, besarnya premi pembayaran sangat bervariasi, dan ada juga yang dibayarkan oleh perusahaan, tetapi ada juga yang dipotong dari pemberi kerja atau sering kali dikurangi dari gaji karyawan. Berdasarkan pengertian asuransi kesehatan diatas, bisa dikatakan kalau biaya premi asuransi kesehatan bisa dikurangi ke pembayar dan manfaat yang akan diperoleh adalah bebas pajak. 

2. Siapa yang harus punya asuransi kesehatan?

4 Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat dan Tips Memilihnya

Dari pengertian asuransi kesehatan yang sudah dijabarkan sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan bahwa siapapun harus memiliki asuransi kesehatan. Mengapa? Sebab biaya media atau pengobatan saat ini sangat mahal saat ini. Maka dari itu, jangan sampai Anda kesulitan membayar tagihan rumah sakit yang akhirnya membuat seluruh aset dijual, karena memilih tidak menggunakan asuransi kesehatan. Padahal sudah dikatakan sesuai dengan pengertian asuransi kesehatan, yang menjadi perlindungan ketika Anda mengalami sakit, maka dari itu, memilikinya menjadi hal yang dibutuhkan.

Dari  pengertian asuransi kesehatan yang telah disebutkan, Anda pasti sempat menyimpulkan kalau premi asuransi itu tidak terlalu mahal, dan mungkin saja tidak akan pernah digunakan. Tetapi pertanyaannya, apakah Anda bisa mengetahui kapan akan terserang penyakit hingga mengalami kondisi terburuknya? Pastinya tidak bisa. Itulah mengapa sesuai dengan pengertian asuransi kesehatan, sangat penting untuk memiliki asuransi kesehatan untuk menghindarkan Anda dari biaya bangkrut untuk membayar tagihan perawatan.

Sesuai dengan pengertian asuransi kesehatan, bisa dikatakan kalau jaminan atau manfaat perlindungan yang bisa dirasakan akan jauh lebih besar, ketimbang dari premi yang dibayarkan pada saat terjadi suatu risiko yang tidak diinginkan sama sekali. Itulah mengapa berdasarkan pengertian asuransi kesehatan yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa biaya pengobatan itu sangat tinggi, dan dengan Anda mengikuti asuransi maka bisa membantu mengcover hal-hal semacam itu. 

Perlu diketahui kalau ancaman kesehatan itu sangat beragam jenisnya, dan tentu saja sebelum hal itu terjadi, Anda harus melakukan antisipasi lebih dulu sebagai salah satu langkah pencegahan bila nanti sewaktu-waktu terjadi suatu hal yang sama sekali tidak diinginkan. Itulah mengapa sesuai dengan pengertian asuransi kesehatan yang telah dipaparkan, mengikuti asuransi kesehatan sangatlah penting. 

3. Apa saja jenis asuransi kesehatan?

4 Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat dan Tips Memilihnya

Tentu saja, jika dilihat berdasarkan pengertian asuransi kesehatan, terdapat beberapa jenis asuransi kesehatan yang dibedakan menjadi beberapa parameter yang berbeda, diantaranya sebagai berikut:

  • Berdasarkan kepemilikan badan penyelenggara

Berdasarkan pengertian asuransi kesehatan, asuransi berdasarkan badan penyelenggara yaitu dibedakan menjadi dua yaitu:

  • Pemerintah

Pengertian asuransi kesehatan pemerintah merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, dimana contohnya yaitu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat.

  • Swasta

Pengertian asuransi kesehatan swasta yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.     

  • Berdasarkan jenis perawatan

Apabila dilihat dari jenis perawatannya, asuransi kesehatan dibedakan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut:

  • Rawat inap

Pengertian asuransi kesehatan rawat inap yaitu bisa membiayai perawatan untuk pasien yang harus dirawat inap atau opname yang dilakukan di rumah sakit.

  • Rawat jalan

Pengertian asuransi kesehatan rawat jalan yaitu biaya perawatan yang mencakup beberapa hal, yaitu diagnosis medis, pengecekan lab dan lain sebagainya yang tidak perlu harus tertanggung opname di rumah sakit.

Berdasarkan yang ditanggung, berikut ini pembagian asuransi kesehatan:

  • Personal

Pengertian asuransi kesehatan berdasarkan yang ditanggung yakni personal yaitu asuransi yang ditanggung atau mendapatkan perlindungan adalah satu orang atau salah satu individu, yang berdasarkan dengan ketentuan polis.

  • Kelompok

Pengertian asuransi kesehatan berdasarkan kelompok yaitu asuransi ini bisa memberikan perlindungan kesehatan pada kelompok tertentu, misalnya yaitu kepada anggota keluarga atau perusahaan. 

4. Bagaimana mekanisme kerja asuransi kesehatan?

4 Pengertian Asuransi Kesehatan, Manfaat dan Tips Memilihnya

Berdasarkan pengertian asuransi kesehatan, mekanisme kerja dari asuransi kesehatan bisa melindungi berbagai aset dari mahalnya biaya perawatan medis. Tidak seperti asuransi lain, asuransi kesehatan juga akan memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan perawatan kesehatan pada saat dibutuhkan.  

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh pada saat terjadi risiko yang mengharuskan Anda melakukan pengobatan jalan, rawat inap dan lain sebagainya yang disesuaikan dengan ketentuan polis.

Jika dilihat dari pengertian asuransi kesehatan, bisa dikatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat Anda memilih asuransi, diantaranya yaitu:

  • Melihat riwayat kesehatan

Berdasarkan pengertian asuransi kesehatan, Anda harus mengetahui lebih dulu bagaimana riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Misalnya, apakah punya penyakit bawaan, risiko yang ditimbulkan dan lain sebagainya. Apabila punya riwayat penyakit yang resikonya sangat besar, maka dianjurkan memilih produk asuransi yang bisa mengcover seluruh biaya tersebut, dan memberikan Anda kemudahan dalam mengakses seluruh rumah sakit.

  • Risiko pekerjaan

Dari pengertian asuransi kesehatan yang sudah disebutkan maka hal berikutnya yang harus  masuk dalam pertimbangan adalah risiko pekerjaan. Misalnya, apakah Anda punya pekerjaan yang harus melakukan perjalanan jauh, atau ditempatkan di tempat yang penuh risiko dan lain sebagainya. Dengan mengikuti asuransi, jika nanti terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, Anda bisa lebih mudah mengantisipasinya dan biasanya akan mendapatkan biaya santunan dengan nilai yang mencapai Rp1 miliar.

  • Pertanggungan

Dari pengertian asuransi kesehatan yang sudah disebutkan, sebaiknya mempertimbangkan juga pertanggungan. Dengan begitu Anda tahu akan memilih paket asuransi yang seperti apa, dan itu tidak hanya untuk Anda sendiri, tetapi seluruh keluarga Anda. Jadi, jangan sampai melewatkan asuransi, karena sangat penting untuk mengcover biaya-biaya medis yang kadang bisa sangat mahal.

Baca Juga: 10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai pengertian asuransi kesehatan dan hal-hal penting lainnya yang harus diketahui oleh Anda. Tetapi yang jelas, apapun ceritanya sangat penting untuk tidak mengabaikan asuransi kesehatan karena dampak yang diberikan akan sangat besar. Tidak hanya untuk Anda sendiri, tetapi juga bagi keluarga tercinta. Jangan sampai karena terlalu takut membayar premi, Anda sampai tidak mau ikut asuransi kesehatan yang punya banyak manfaat.