7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat – Jika Anda sering merasa kecapean, mudah mengantuk, sehingga mengganggu aktivitas anda sehari-hari, maka sudah dipastikan ada yang tidak beres dengan tubuh anda. Setiap orang memiliki kerentanan terhadap suatu penyakit. Apakah Anda termasuk yang gampang bersin ketika cuaca dingin? atau Anda yang akan bolak-balik ke kamar kecil untuk buang air besar karena sudah memakan sesuatu yang mengganggu kerja lambung Anda? So, selain ciri-ciri di atas masih ada beberapa tanda bahwa tubuh Anda tidak sehat.

Baca Juga: Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Ciri-ciri Tubuh Tidak Sehat

Badan lemas dan gampang lelah

Bibir pecah-pecah

Kegemukan

Warna urin kuning keruh

Flu

Mendengkur 

Masalah dengan kulit

Insomnia

Sulit buang air besar

Cemas berlebih

Dari beberapa macam tanda di atas apakah Anda merasakan salah satunya, bahkan lebih?

Jenis makanan yang beragam saat ini membuat kita lalai dengan asupan gizi di dalamnya. Tidak dapat dipungkiri masyarakat kita lebih mementingkan rasa dibandingkan dengan nilai gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Disisi lain, makanan-makanan yang banyak ditawarkan pun harganya sangat terjangkau untuk masyarakat kita. Mulai saat ini perhatikan isi piring anda.

Banyak dari kita yang masih abai bahkan enggan untuk sekedar mengecek secara berkala kondisi tubuh kita. Misal dengan mengecek tekanan darah, tingkat kolesterol dalam darah, dan lain sebagainya. Ada yang takut untuk melakukan Pola Hidup Sehat dengan hal tersebut, karena bisa jadi ketika seseorang sudah mengetahui kondisi tubuhnya, maka ada makanan atau minuman yang harus dihindari padahal makanan tersebut paling digemari. Atau dia malah harus mengkonsumsi obat-obatan dari dokter yang dia tidak suka akan hal itu. Benar jika ada istilah sehat itu mahal. Karena jika kita sudah jatuh sakit, maka kita akan mengeluarkan banyak biaya demi kesembuhan kita. Untuk memulai Pola Hidup Sehat Anda bisa segera melakukan hal-hal di bawah ini.

8 Langkah Gaya Hidup Sehat

Kenali faktor resiko penyakit

Hindari konsumsi alkohol dan tidak merokok

Aktivitas fisik teratur minimal 30 menit sehari

Jaga berat badan ideal

Kelola stress

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur

Biasakan hidup bersih dan sehat

Cek Kesehatan secara teratur

Dewasa ini tren penyakit yang menduduki peringkat teratas dengan jumlah kematian terbanyak bukanlah berasal dari penyakit menular, melainkan pola hidup yang tidak sehat. Walau kini ditengah pandemi virus Corona ternyata sudah banyak memakan korban. Akan tetapi yang membuat virus ini begitu mematikan adalah karena adanya penyakit bawaan dari penderita seperti jantung, darah tinggi, paru-paru, dan struk. Bagi penderita yang memiliki kondisi tubuh sehat, stabil dan imun yang cukup maka dia akan dapat sukses melewati masa inkubasi virus Covid-19 ini. 

Maka dari itu, pentingnya di masa pandemi saat ini kita untuk tetap menjaga pola hidup sehat. Dengan rajin berolahraga, aktivitas fisik untuk membakar lemak, dan menjaga asupan makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral. Imbangi asupan makanan kita, jangan sampai asupan yang berlebih dapat menimbulkan penyakit lain didalam tubuh. Dengan mengatur pola hidup sehat, kita dapat merasakan manfaatnya 20-30 tahun kedepan. Lalu apa sajakah manfaat lain yang akan kita dapat jika kita menerapkan pola hidup sehat? Yuk kita bahas di bawah ini.

Berikut 7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

1. Hidup lebih bermakna

7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Tubuh yang sehat, lengkap, tanpa cacat dan kurang suatu apapun merupakan anugerah pemberian Tuhan yang patut kita syukuri. Bentuk syukur kita dapat diwujudkan yaitu dengan tidak menyia-nyiakannya, menjaga kesehatan, dan kebersihan tubuh. Banyak-banyak bersyukur atas nikmat sehat, maka Anda akan lebih menghargai hidup Anda.

2. Bebas beraktivitas

7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Sakit yang Anda derita dalam jangka waktu panjang akan membuat aktivitas Anda terganggu. Apapun kegiatan yang Anda lakukan akan terasa tidak nyaman. Badan terasa lemas, bahkan tidak dapat fokus dalam berkonsentrasi. Rutin melakukan aktifitas fisik selain dapat menguatkan otot-otot juga dapat memperlancar sebaran oksigen dan nutrisi makanan ke seluruh tubuh. Ketika Anda mulai menerapkan hidup sehat maka Anda akan leluasa dan bebas melakukan aktifitas apapun sehingga Anda lebih produktif untuk Pola Hidup Sehat.

3. Terhindar dari Berbagai Penyakit

7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Mengkonsumsi makanan yang rendah lemak dan rendah gula, cukup mengkonsumsi air putih, serta rajin berolahraga adalah kunci Pola Hidup Sehat. Rutin menerapkan pola tersebut maka akan kecil kemungkinan penyakit menghampiri Anda. Karena ternyata, penyakit sangat suka dengan lemak jahat, kolesterol, dan gula berlebih dalam darah yang notabene nya adalah makanan bagi berbagai macam penyakit, misal diabetes bahkan kanker. Banyak mengkonsumsi makanan seperti junk food, minuman bersoda, dan makanan kemasan pabrik dalam jangka waktu lama akan sangat berbahaya bagi tubuh. Kandungan pengawet, pewarna, dan perasa makanan tersebut bisa kita dikonsumsi hanya dalam batas tertentu sehingga tidak boleh berlebih.

4. Awet muda dan memperpanjang usia

7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Aktifitas fisik yang dilakukan secara rutin, misal berolahraga akan secara otomatis menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit dan akan meregenerasi sel-selnya. Ini akan baik untuk kulit dan memberikan kesempatan Anda menikmati Pola Hidup Sehat lebih lama lagi. Mengkonsumsi makanan tinggi lemak seperti gorengan, makanan bersantan yang dihangatkan berulang-ulang, serta makanan tinggi gula hanya akan membuat kulit Anda cepat mengkerut. Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mulai sadar bahwa goreng pisang yang Anda makan sambil minum secangkir teh ternyata menjadi musuh bagi kulit dan lemak di perut Anda. Mulai saat ini konsumsilah makanan dari bahan alami yang tidak diproses secara berulang-ulang. Kemudian Anda juga harus mulai mengurangi jenis makanan yang digoreng. 

Ketika Anda sudah mengimbangi dengan makanan sehat, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, maka teman-teman dan kerabat Anda tidak akan menyadari bahwa umur Anda sudah memasuki kepala empat. Dan segera Anda akan berhenti memakai produk-produk kosmetik anti-aging yang bahan-bahan kimianya akan berpengaruh buruk bagi kesehatan jangka Panjang Anda.

5. Menjaga Imun tubuh

Jika tubuh Anda banyak terdapat radikal bebas maka tubuh akan cepat terserang berbagai macam penyakit. Olahraga teratur minimal 30 menit setiap hari memberikan efek yang lebih baik terhadap sistem imun dibandingkan olahraga yang hanya dilakukan sesekali. Pada masa pandemi virus Corona saat ini kita dituntut untuk menerapkan pola hidup sehat. Ketika kita sehat, maka otomatis kita sudah menyelamatkan banyak saudara kita. Karena ketika tubuh Anda sudah terinfeksi virus corona, bisa jadi Anda adalah agen dari virus tersebut yang akan mudah menyebarkan ke orang-orang yang ada di sekitar Anda. Mengingat penyebaran virus corona begitu massif akhir-akhir ini.

Baca Juga: Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia

6. Menjaga tubuh tetap ideal

7 Manfaat Dalam Menerapkan Pola Hidup Sehat

Mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan gula dalam jangka waktu yang panjang akan berdampak pada jumlah kalori dalam tubuh Anda. Padahal yang dibutuhkan tubuh adalah nutrisi yang cukup, bukan kalori yang berlebih pada gula yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Kalori yang tinggi didalam tubuh dapat berdampak pula pada berat berlebih pada tubuh Anda atau bisa kita sebut sebagai obesitas. Saat ini obesitas tidak hanya dialami oleh orang dewasa melainkan sudah mengintai pada anak-anak kita. 

Bermacam-macam produk gula dipasaran saat ini didesain untuk memuaskan mata anak-anak lewat kemasan yang warna-warni dan menarik bagi anak-anak. Sehingga, ketika anak kita rewel akan gampang sekali bagi kita untuk mengiming-imingi mereka dengan gulali, coklat, atau produk berbahan dasar gula lainnya. Menjaga asupan lemak dan gula yang seimbang dalam tubuh tentu saja memberi manfaat bagi kesehatan dan juga Pola Hidup Sehat menunjang penampilan Anda. 

7. Baik untuk Kesehatan Mental

Makanan bernutrisi, olahraga yang teratur mampu menciptakan mood booster bagi Anda yang memiliki mood naik turun atau moody. Ketika berolahraga, tubuh dipercaya menghasilkan hormone endorphin yang bisa memicu perasaan bahagia. Di masa pandemi ini penting bagi kita untuk dapat mengelola tubuh agar tidak gampang stress dan depresi.