10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami – Yang dimaksud dengan ambeien adalah ini terjadi karena pembengkakan pembuluh darah anus dan juga rektum di bagian bawah. Ambeien atau biasa dikenal dengan kata wasir yang mirip dengan varises. Penyakit ini berada di dalam dan juga di luar anus. Ambeien memiliki tanda atau gejala yang bisa berbeda-beda, dan juga tergantung dengan jenisnya. Berikut melihat gejala ambeien luar:

  • Daerah anus yang akan terasa gatal atau bisa muncul iritasi
  • Bagian anus yang akan terasa nyeri dan menjadi tidak nyaman
  • Di area sekitar anus akan terasa membengkak
  • Mengeluarkan darah pada saat buang air besar (BAB)

Untuk gejala ambeien bagian dalam itu biasanya tidak terasa apa-apa. Dan biasanya untuk penderita baru akan merasakan gejala ambeien pada saat BAB. Itu seperti ada darah pada saat BAB dan juga akan muncul benjolan kecil di anus yang akan menyebabkan nyeri dan juga iritasi.

Baca Juga: Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Jika darah yang menggenang di ambeien luar dan juga telah membentuk gumpalan, biasanya penderita akan merasakan gejala, sebagai berikut:

  • Gejala sakit parah
  • Ambeien yang akan membengkak
  • Ambeien akan meradang
  • Dan akan ada benjolan di dekat anus

Untuk itu, kami akan berbagi beberapa cara menghilangkan ambeien ringan dengan cara yang alami, dan akan masuk menjadi perubahan gaya hidup sehari-hari.

Berikut 10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami:

1. Rendam dengan air hangat

Cara alami untuk mengobati ambeien secara alami yang praktis dan mudah itu dengan cara merendam wasir ke dalam air hangat. Untuk mempraktekkannya cukup duduk di ember yang sudah berisi air hangat, dengan lama kurang lebih 15 menit dalam beberapa kali sehari dan terutama sehabis BAB.

Karena air hangat dapat meningkatkan aliran darah dan juga akan membantu mengecilkan pembuluh darah yang sudah membengkak. Jika ingin lebih manjur lagi, kamu bisa menambahkan garam di air hangat itu. Dengan begitu itu akan membantu untuk mengecilkan ambeien.

2. Oleskan lidah buaya

10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami

Untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan cara yang alami untuk mengobati ambeien secara alami yaitu dengan cara memakai lidah buaya. Dengan cara pemakaian hanya mengoleskannya isi lidah buaya ke wasir. Karena lidah buaya mempunyai kandungan zat anti radang yang ada di dalam lidah buaya.

Maka dari itu, lidah buaya dapat meredakan peradangan yang terjadi karena ambeien. Satu hal yang perlu diingat adalah, gunakanlah lidah buaya yang alami, jangan memakai krim lidah buaya. Karena dari kandungan zat lidah buaya akan berbeda jika alami dengan olahan.

3. Kompres dengan garam epsom dan gliserin

Untuk cara menghilangkan ambeien yang sangat terasa menyakitkan ini bisa dengan campuran garam epsom dan juga gliserin. Dengan bahan ramuan yang sederhana, kamu bisa menggunakannya sebagai obat ambeien alami dengan cara mengkompreskan ke area yang meradang.

Mudah juga untuk cara pembuatannya yaitu, dengan mencampurkan dua sendok makan garam epsom dan dua sendok makan gliserin. Dan tunggu hingga kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan. Ulangi dengan penggunaannya setiap empat hingga enam jam sekali, sampai gejala ambeien tersebut mereda.

4. Oleskan witch hazel

10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami

Witch hazel dipercaya memiliki khasiat yang untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Kemampuan mengobati ambeien secara alami witch hazel  dapat meredakan peradangan dan dapat menenangkan kulit yang sensitif. Dengan mengoleskan witch hazel ke wasir, ini akan membantu meredakan rasa sakit, gatal, dan juga akan mengatasi pendarahan ambeien.

5. Kompres dengan es

10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami

Pengakuan dari Reader’s Digest bahwa mengobati ambeien secara alami juga bisa menggunakan cara mengompres area yang sakit dengan es batu. Karena es batu dapat meredakan pembuluh darah yang sudah membengkak dan akan diatasi dengan es untuk mengecilkan dan mengurangi ketidaknyamanan.

Cara untuk pemakaiannya cukup dengan membungkus es batu dengan kain lalu kompres ke ambeien tersebut. Untuk menggunakannya yaitu di area ambeien selama 10-20 menit saja. Kemudian ulangi cara tersebut jika terasa kenyamanan kambuh.

Baca Juga: Cara bagaimana untuk mengatasi sakit kepala

6. Jaga kebersihan area anus

Dengan mengobati ambeien secara alami juga sangat penting untuk selalu membersihkan area anus. Harus rajin-rajin membersihkan area pribadi tersebut dengan mandi sekaligus merendam anus dengan air hangat. Jika selama ambeien kambuh, jangan gunakan sabun dan juga tisu yang berbahan dasar alkohol dan yang mengandung pewangi.

Keduanya dapat bisa mengiritasi benjolan ambeien. Setelah semua sudah mandi dan membersihkan ambeien, kamu harus memastikan kembali agar tidak lupa untuk mengeringkan anus. Ini akan membantu kamu untuk mencegah kuman yang akan tumbuh di area yang lembab.

7. Makan cukup serat

10 Cara untuk mengobati ambeien secara alami

Dengan berbagai macam cara pengobatan ambeien secara alami di atas, para penderita juga sangat wajib makan cukup serat setiap harinya. Dengan mengobati ambeien secara alami, pendarahan dan juga nyeri akibat ambeien bisa dapat dicegah.

Dan pastikanlah kamu untuk memasukkan sayur, buah, nasi merah, biji-bijian, dan juga kacang-kacangan ke dalam menu makanan kamu sehari-hari. Selain itu, kamu juga harus memastikan untuk minum air putih yang banyak agar mencegah dari sembelit.