Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia – Jantung adalah bagian vital dalam tubuh kamu yang fungsinya untuk menerima dan memompa darah kita ke saluran tubuh. Organ yang memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari kepalan tangan kamu ini mempunyai ukuran sekitar 200-245 gram. Jantung ini berada di antara paru-paru yang berada di tengah dada, dan tepatnya di bagian belakang kiri tulang dada kamu.

Jantung sangat memiliki fungsi yang mendasar bagi tubuh kita dan juga memiliki sistem kerja yang sudah ditentukan masing-masing oleh bagian yang ada di dalam tubuh kita. Setiap bagian ini memiliki masing-masing fungsi penting dalam hidup kita. Maka dari itu, kesehatan jantung harus sangat dijaga agar jantung kita berfungsi dan bekerja secara semaksimal mungkin.

Baca Juga: 3 Macam Cara Membuat Handsanitizer, Praktis & Cepat

Hal lain jika kita tidak memiliki jantung yang sehat, pasti kita akan memiliki berbagai penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Beda lagi jika kita tidak lagi mempunyai jantung yang sehat dan dapat menimbulkan berbagai risiko penyakit serius, dan juga akan sangat berbahaya bagi tubuh kita ini. Maka itu, kita harus menjaga jantung kita dengan baik seperti kamu menjaga isi di dompet kamu, dan akan membahas fungsi jantung pada manusia.

Berikut mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia:

1. Perikardium

Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia

Perikardium ini berfungsi untuk membungkus bagian epikardial yang ada di dalam jantung. Fungsi lain dari perikardium ini yaitu untuk mempertahankan posisi jantung kita, memberi pelumasan, menjaga fleksibilitas pergerakan jantung, dan juga untuk menahan pembesaran secara berlebihan yang akan terjadi apabila jantung terisi darah dalam jumlah yang telah melebihi kapasitas normal dan telah menjadi fungsi jantung pada manusia

Perikardium ini hampir sama seperti membran serosa yang dapat menghasilkan cairan serous untuk melumasi jantung selama berdenyut dan akan mencegah gesekan yang menyakitkan di antara jantung pada organ sekitarnya. Bagian ini juga berfungsi untuk menyangga dan menahannya untuk tetap berada di posisinya. Jantung memiliki tiga lapisan dinding yaitu miokardium (lapisan tengah), endokardium (lapisan dalam), dan epikardium (lapisan terluar).

2. Serambi

Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia

Bagian ini bisa disebut juga dengan sebutan atrium yang merupakan bagian jantung atas, dan terbagi menjadi dua bagian yaitu kiri dan kanan. Untuk serambi kiri ini memiliki fungsi untuk menerima darah yang bersih dari paru-paru fungsi jantung pada manusia

Sedangkan serambi kanan ini yang  berfungsi untuk menerima darah kotor dari tubuh yang dibawa oleh pembuluh darah. Serambi juga memiliki dinding yang tipis dan juga tidak berotot, karena tugasnya hanya sebagai ruangan penerima darah.

3. Bilik

Bilik atau ventrikel yang merupakan bagian dari jantung memiliki 2 sisi kanan dan kiri. Bilik ini berada di bagian bawah jantung. Untuk bilik kanan fungsinya memompa darah kotor dari jantung ke paru-paru, dan sedangkan bilik kiri ini berfungsi untuk memompa darah bersih dari jantung ke seluruh tubuh kita.

Perbedaan antara serambi dan bilik ini adalah dinding biliknya jauh lebih tebal dan juga berotot daripada serambi. Hal ini karena bilik yang memiliki pekerjaan yang lebih berat untuk memompa darah, mau dari jantung ke paru-paru atau bisa juga ke seluruh tubuh.

4. Katup

Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia

Katup jantung adalah struktur tubuh yang sangat memungkinkan cairan untuk  mengalir ke dalam tubuh, dan katup ini terdapat pada jantung. Katup yang berfungsi sebagai jaringan khusus yang berada di dalam jantung ini tugasnya untuk mengatur aliran darah satu bagian ke bagian lain itu fungsi jantung pada manusia

Katup jantung ini memiliki empat katup yang tugasnya menjaga aliran darah dan juga mengalir ke satu arah, yaitu:

  • Katup trikuspid, ini sebagai mengaturnya aliran darah antara serambi kanan dan juga bilik kanan
  • Katup pulmonal, untuk mengatur aliran darah bilik kanan ke arteri pulmonalis yang akan membawa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen
  • Katup mitral yang berfungsi mengalirkan darah oksigen dari paru-paru untuk mengalirkan serambi kiri ke bilik kiri
  • Katup aorta ini berfungsi untuk membuka jalan untuk darah yang kaya akan oksigen, juga untuk dilewati dari bilik kiri ke aorta atau arteri terbesar di tubuh.

Baca Juga: 6 Aplikasi Chat Dokter yang Bisa Diakses dengan Mudah

5. Pembuluh darah

Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia

Pembuluh darah yang pasti ada di setiap jantung memiliki tiga pembuluh darah utama yang berada di jantung fungsi jantung pada manusia. Berikut tiga pembuluh darah utama:

  • Arteri, berfungsi untuk membawa yang kaya akan oksigennya dari jantung ke bagian tubuh lainnya. Arteri juga mempunyai dinding yang cukup elastis dan dapat menjaga tekanan darah agar tetap konsisten.
  • Vena, Pembuluh darah ini adalah salah satu yang membawa darah yang miskin oksigennya dari seluruh tubuh untuk kembali lagi ke jantung. Dinding Vena ini juga lebih tipis dari pada dinding arteri.
  • Kapiler, pembuluh darah yang tugasnya menghubungkan arteri terkecil dengan vena terkecil. Dengan dinding yang sangat tipis sehingga dapat memungkinkan pembuluh darah ini bertukar senyawa dengan jaringan sekitarnya, sama seperti karbon dioksida, oksigen, air, limbah, dan juga nutrisi.

6. Siklus jantung

Mengetahui 6 apa itu fungsi jantung pada manusia

Jika ingin mengetahui berfungsinya jantung itu dari siklusnya. Siklus jantung itu masuk urutan kejadian yang terjadi pada saat jantung berdetak. Berikut merupakan siklus jantung yang memiliki dua fase, yaitu fungsi jantung pada manusia:

  • Sistol, sistol itu jaringan otot jantung yang berkontraksi untuk memompa darah keluar dari ventrikel
  • Diastol adalah otot jantung yang rileks jika terjadi pada saat pengisian darah jantung

Tekanan darah yang meningkat di arteri utama selama sistol ventrikel dan menurunnya selama diastol ventrikel. Dengan ini yang menyebabkan dua angka terkait dengan tekanan darah.

Tekanan darah sistolik itu angka yang tinggi dan juga tekanan darah diastolik adalah angka yang rendah. Perbandingannya, tekanan darah 120/80 mmHg itu menggambarkan tekanan sistolik yaitu 120 dan untuk tekanan diastolik yaitu 80 fungsi jantung pada manusia.