7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda – Berasal dari diri kita sendiri, karena pola hidup sehari-hari itu kita yang atur sendiri. Penyakit jantung ini tidak hanya menyerang ke orang yang sudah tua saja, tetapi penyakit jantung ini bisa juga menyerang ke anak-anak muda yang tidak menjaga pola hidupnya.

Baca Juga: Cara Membuat Handsanitizer, Praktis & Cepat

Berdasarkan data WHO (World Health Organization) pada tahun 2017 di Indonesia ini, bahwa penyakit jantung ini telah menjadi koroner penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke. Menurut laporan dari Economics of Non-Communicable Diseases in Indonesia, bahwa penyakit tersebut akan menyerang para anak-anak muda pada usia 15 tahun sampai 45 tahun.

Berikut 7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda:

1. Makanan bernutrisi

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Makanan yang bernutrisi merupakan salah satu cara untuk menghindari penyakit jantung. Dengan begitu, ada makanan sederhana yang banyak nutrisinya:

  • Sarapan bubur gandum

Gandum mengandung beta-glucan atau serat yang juga dapat menurunkan kolesterol jahat, dan juga dapat sakit jantung. Menurut para ahli gizi, kita setiap harinya memerlukan 3 gram beta-glucan atau bisa setara dengan semangkuk bubur. Jadi, jika kamu setiap harinya mengkonsumsi bubur gandum yang disantap tiap pagi.

  • Makan semangkuk yogurt

Pencernaan imunitas tubuh manusia itu sekitar ada 80 persen. Jika kita pencernaannya baik dan sehat, itu akan dipastikan bahwa kamu tidak mudah terserang penyakit-penyakit dan juga penyakit jantung. Untuk memiliki pencernaan yang baik dan sehat, kamu hanya memerlukan bakteri baik atau probiotik, yang bisa diperoleh dari susu dan juga produk turunannya yaitu yogurt.

  • Kurangi konsumsi gula

Memang sudah jelas bahwa gula tak semanis rasanya, karena gula salah satu bahan makanan yang disinyalir menjadi kontributor besar untuk tekanan darah tinggi.

2. Latihan 30 menit sehari

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Latihan fisik dapat membantu mengontrol berat badan dan mengurangi kemungkinan penyakit lain yang dapat meningkatkan stres jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.

Umumnya, kamu harus melakukan olahraga intensitas sedang hampir setiap hari dalam seminggu, seperti berjalan dengan kecepatan tinggi selama sekitar 30 menit. Hanya 10 menit olahraga sehari sudah cukup untuk memberi manfaat pada jantung.

3. Hindari merokok

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Merokok adalah salah satu faktor risiko terpenting penyakit jantung. Zat kimia dalam tembakau dapat merusak jantung dan pembuluh darah, menyebabkan arteri menyempit akibat penumpukan plak (aterosklerosis), dan pada akhirnya menyebabkan serangan jantung. Karbon monoksida dalam asap rokok menggantikan oksigen dalam darah.

Dengan memaksa jantung bekerja lebih keras untuk menyediakan oksigen, tekanan darah dan detak jantung bisa meningkat. Dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok atau mengonsumsi pil KB, wanita yang merokok dan mengonsumsi pil KB memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung atau stroke. Karena keduanya bisa meningkatkan risiko penggumpalan darah.

4. Tidur yang berkualitas

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Kurang tidur tidak hanya membuat kamu menguap sepanjang hari, tetapi juga membahayakan kesehatan kamu. Orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan depresi. Kebanyakan orang dewasa perlu tidur tujuh hingga sembilan jam semalam. Salah satu tanda tidur yang cukup adalah kamu tidak akan membunyikan alarm saat bangun dan merasa segar kembali. Namun, jika kamu perlu bekerja keras untuk bangun dari tempat tidur, itu berarti kamu perlu lebih banyak tidur.

Orang yang sering tidur dengan lampu menyala sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan ini. Menurut ahli biologi Joan Roberts (Joan Roberts), ada hubungan antara cahaya dan kesehatan. Menurutnya, cahaya (termasuk cahaya dari layar TV) akan menyebabkan kadar melatonin dalam tubuh menurun.

5. Mempertahankan berat badan

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Jika kamu sudah memiliki berat badan yang tidak pantas atau bisa juga dibilang obesitas. Memiliki berat badan yang tidak pantas ini juga dapat menyebabkan terkenanya penyakit jantung dan sudah termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, dan juga kolesterol tinggi. Lemak yang ada di sekitaran perut memiliki sindrom metabolik yang mengakibatkan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Apabila ingin mengetahui berat badan kamu sehat atau tidak itu dihitung indeks massa tubuh (BMI). Alat ini yang bisa mengetahui berapa tinggi badan kamu dan juga berat badan kamu dan juga mengetahui apakah persentase lemak tubuh sehat atau tidaknya. Apabila angka BMI mencapai 25 dan juga lebih tinggi, pada umumnya sama dengan kolesterol tinggi.

6. Mengelola stres

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk mengatasi stres. Tetapi kebanyakan orang mengatasi itu semua dengan cara tidak sehat, yaitu dengan cara makan yang berlebihan, minum dan juga merokok.

Jika ingin mengatasi stres dengan cara sehat itu ada alternatifnya, yaitu dengan cara aktivitas fisik, latihan meditasi atau relaksasi, itu akan membantu kamu untuk memperbaiki kesehatan kamu.

7. Melakukan pemeriksaan kesehatan

7 Cara hindari penyakit Jantung untuk anak muda

Banyak penyakit yang akan merusak jantung dan juga pembuluh darah kamu, contohnya seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan juga kolesterol tinggi. Maka dari itu, kamu jika tidak mengontrol kesehatan kamu, kamu tidak akan tahu bahwa kamu mempunyai penyakit seperti itu.

Jika masih belu menemukan apa yang kamu cari, kamus bisa melihat artikel yang lain di linkĀ waverlyinfo.com, disini mungkin jawaban kamu akan ketemu